Beberapa Hal yang Perlu anda Ketahui Mengenai Usaha Laundry

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Simply Fresh, Apr 24, 2018.

  1. Simply Fresh

    Simply Fresh Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Sebelum anda mencari tahu bagaimana rahasia sukses memulai bisnis laundry ini, alangkah baiknya jika anda mengintip peluang bisnis ini terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar tahu target konsumen anda.

    1. Pekerja Kantoran
    Pekerja kantoran adalah target konsumen yang cukup realistis. Mereka adalah orang yang super sibuk yang bekerja dari jam tujuh pagi sampai dengan jam 5 sore. Terkadang malah ada yang lembur sampai malam. Sementara hari minggu adalah waktu yang digunakan untuk bersantai menghilangkan kepenatan sehingga tidak sempat mencuci.

    2. Mahasiswa
    Mahasiswa yang berasal dari daerah biasanya sering menyewa rumah kontrakan. Kesibukan sebagai pelajar membuat mereka enggan untuk sekedar mencuci pakaian. Apalagi mereka mendapat kiriman uang dari orang tua. Kebiasaan hidup enak di kampung halaman membuat mereka memilih jasa laundry kiloan saat berada dikontrakan.

    3. Anak Kost
    Hampir sama dengan mahasiswa, anak-anak kost yang umumnya para karyawan mall atau pabrik adalah perantauan. Mereka hampir tidak ada hari libur karena bekerja dengan sistem pembagian waktu. Ditambah lagi keadaan kost yang harus berbagi kamar mandi jika mereka tidak menyewa kamar kost yang ada kamar mandinya.

    4. Pasangan Keluarga yang Sibuk Bekerja
    Banyak pasangan suami istri yang dua-duanya bekerja. Bisa dibayangkan, sudah sibuk dengan kerjaan masing-masing, belum lagi masak, beres-beres rumah, mengurus anak membuat cucian menumpuk. Hal ini akhirnya membuat mereka lebih baik membawa tumpukan pakaian ke laundry terdekat.

    Persiapan Membuka Usaha Laundry Kiloan
    [​IMG]

    Setelah anda mengetahui pangsa pasar untuk bisnis laundry, tentunya anda sudah memiliki gambaran sekarang. Ternyata ada banyak target konsumen yang menggunakan jasa laundry kiloan.

    Sekarang saatnya anda melakukan persiapan sebelum memulai usaha ini. Membuka bisnis laundry bukan hanya mengenai mencuci pakaian saja. Anda harus bekerja secara profesional sehingga hasilnya dapat memuaskan pelanggan. Oleh sebab itu, anda mesti menerapkan beberapa faktor berikut ini sebelum membuka usaha laundry agar cepat sukses.

    5. Mengerti Teknik Mencuci yang Baik
    Membuka jasa laundry berarti mengharuskan anda untuk belajar menguasai teknik mencuci pakaian yang baik. Karena ini menyangkut pakaian orang lain. Jika anda bertindak asal-asalan, maka siap-siap anda akan ditinggal pelanggan.

    Selain itu, anda harus belajar cara menyetrika yang rapi dan teknik melipat yang baik. Tidak ketinggalan juga untuk belajar membungkus pakaian agar saat pelanggan datang mengambil merasa puas dengan pelayanan anda.

    6. Mencari Lokasi yang Strategis
    Persiapan penting selanjutnya adalah pemilihan lokasi yang tepat. Jika anda termasuk ibu rumah tangga yang hanya ingin mencari kesibukan, membuka usaha laundry cukup anda lakukan dirumah saja. Target konsumen anda mulai dari penghuni komplek dan tetangga komplek sebelah.

    Namun, berbeda halnya jika anda ingin menjadikan usaha laundry sebagai penghasilan utama. Anda harus mencari lokasi yang strategis agar mendapat banyak pelanggan. Tempat-tempat yang cukup strategis antara lain:

    • Dekat perkantoran
    • Dekat Kontrakan/kost
    • Jalan raya yang ramai
    • Dekat kampus
    • Kawasan industry
    • Kawasan komplek perumahan
    Memang untuk dapat menjalankan didekat lokasi-lokasi diatas anda membutuhkan modal lebih untuk biaya sewa kios. Akan tetapi, dana yang anda keluarkan akan berbanding lurus dengan penghasilan anda yang lebih besar dibandingkan hanya membuka laundry dirumah.

    7. Menengok Tingkat Persaingan
    Lokasi memang menjadi faktor penting dalam kelangsungan bisnis anda. Selain itu, satu hal yang perlu anda pelajari adalah tingkat persaingan kompetitor. Oleh karenanya, anda perlu survey terlebih dahulu. Pelajari perilaku konsumen apakah memiliki daya tarik yang tinggi atau sebaliknya.

    Jika memang banyak masyarakat yang menggunakan jasa ini, tidak ada salahnya untuk buka usaha laundry kiloan dilokasi tersebut meskipun banyak pesaing bisnis disekitar anda, Ingat, yang dibutuhkan konsumen hanyalah kepuasan pelayanan dan ketepatan waktu anda, jika bisa memenuhi hal tersebut anda tidak perlu takut bersaing dengan kompetitor lain.

    Namun, beda halnya jika daya tarik masyarakat rendah. Lebih baik anda mencari lokasi baru karena anda akan kesulitan berebut pelanggan dengan jasa laundry lain yang sudah ada dilokasi tersebut.

    8. Mempersiapkan Perlengkapan Laundry
    Setelah semua faktor diatas anda penuhi, kini saatnya anda mempersiapkan segala sesuatu sebagai awal untuk memulai bisnis ini. Mulai dari desain kios, banner, perlengkapan laundry lengkap dan kelengkapan lain untuk menunjang usaha anda tersebut. Jika anda belum mengetahui harganya misalnya seperti mesin cuci, coba anda cek disini.

    Modal untuk Memulai Usaha Laundry Kiloan
    sumber gambar via kiosusaha.com

    Setelah semua persiapan telah selesai, kini saatnya kita membicarakan soal modal. Berapa kira-kira modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry kiloan? Jawabannya tidak pasti. Tergantung seberapa banyak peralatan yang akan anda gunakan. Namun, untuk anda yang bermodal kecil. Membuka jasa laundry sudah cukup dengan modal sekitar sepuluh juta.

    9. Taksiran Keuntungan Bisnis Laundry

    Bagaimana perkiraan keuntungan yang bisa anda peroleh dari usaha laundry anda? mari kita hitung perkiraan untung jika usaha anda rata-rata mendapat order 50 kg pakian perhari dengan tarif Rp. 6.000,- /hari.

    Pendapatan total sebulan

    Rp. 6.000 x 50 x 30 hari = Rp. 9.000.000,-

    Pendapatan bersih = Rp. 9.000.000 – Rp. 2.380.000 = Rp. 6.620.000,-

    Dengan modal 10 juta anda sudah bisa mendapatkan penghasilan sebesar Rp. 6.620.000,-/bulan. Sangat menggiurkan bukan.
     
  2. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,285
    Likes Received:
    397
    Trophy Points:
    83
    Wooww keren juga ya, keuntungan bersih 60%. Masalahnya di daerah saya bisnis laundry menjamur. Saya koq gak yakin masing-masing bisa tembus 50kg
     
  3. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    210
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    wahhh butuh pengeringan super cepat nihh..,
    pasti gx haya mengandalkan sinar matahari hehehe
     
  4. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Sekarang ini usaha laundry memang sudah menjamur sampai ke desa desa juga
    kesibukan merupakan salah satu alasan orang untuk menggunakan jasa laundry
    peluang bagus bagi yang ingin bisnis
     
  5. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,195
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Kalau di daerah saya sudah banyak saingannya, mungkin kalau diperkotaan peluangnya lebih besar
     
Loading...

Share This Page