Pemasangan Batu Alam Pada Lantai, Begini Variasinya!!!

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by fadila, May 4, 2018.

  1. fadila

    fadila New Member

    Joined:
    Apr 26, 2018
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pemasangan batu alam pada lantai – Batu alam adalah lapisan keras bagian luar bumi yang terbuat secara mineral atau mineraloid. Dikategorikan bersadarkan proses pembentukannya, seperti batuan beku, batuan metamorf dan batuan sedimen. Terjadi karena terkena panas yang sangat tinggi seperti dari lahar letusan gunung. Batu digunakan sebagai bangunan sudah sejak jaman dahulu, contohnya candi – candi. Pemanfaatan batu alam saat ini sebagai bahan bangunan untuk mempercantik ekterior rumah dan taman. Dapat kita temukan berbagai macam jenis batu alam yang digunakan sebagai hiasan, seperti batu palimanan, andesit polos, andesit bakar, candi hitam, dan lain sebagainya.

    Ketersediaan yang mudah didapat dan pengolahan yang terbiang sangat sederhana membuat sebagian orang menjdaikan bisnis batu alam. Pulau jawa salah satu pulau yang sebagian orang menjadikan kesempatan untuk berbisnis batu alam. Jadi tidak heran jika batu alam di pulau jawa sangatlah murah dibandingkan dengan daerah lain.

    Sekarang mari kita simak cara pemasangan batu alam pada lantai dan manfaatnya

    Cara Pemasangan Batu Alam Pada Lantai

    Cara Pertama, Metode Pemasangan Batu Alam pada lantai dengan metode/cara pemasangan keramik pada lantai.


    Langkah-langkahnya sebagai berikut :

    – Sebelum anda memasang batu alam andesit untuk lantai, pastikan selesainya semua tahap pada pembangunan rumah, karena pemasangan ini harus di lakukan di akhir, butuh waktu mengeringkannya untuk dapat di gunakan.

    – Setelah hal pertama di atas beres, anda dapat memulainya dengan membersihkan, mengeringkan dan meratakan lantai yang akan di pasang batu alam.

    – Pasangkan benang lurus melintang di area yang akan di pasang batu alam/keramik batu alam, dengan tinggi sesuai dengan tinggi batu alam/keramik yang akan di pasang dan berikan gap untuk tingginya adukan semen guna melekatkan batu alam tersebut dengan lantai.

    Sebelum di pasang, di rendam terlebih dahulu batu alam atau keramik batu alam agar memberikan kelekatan yang kuat saat pemasangan.

    – Berikan adukan semen yang penuh untuk lantai yang akan di pasang keramik batu alam / batu alam, kemudian tempelkan keramik dan ketuk tidak terlalu keras untuk merekatkan, memadatkan dan yang selanjutnya untuk meratakan dengan pemasangan sebelumnya.

    [​IMG]

    pemberian semen sebelum pemasangan lantai batu alam/keramik batu alam

    – Lakukan hal tersebut di atas mulai dari depan, untuk mendapatkan kerapian sampai pemasangan yang di dapat dari pemotongan keramik terakhir. Namun ada juga yang memasang dari titik tengah, untuk memberikan ujung-ujung dengan keramik pemotongan.

    – Tunggu hingga 2-3 hari untuk pengeringan maksimal tanpa harus diinjak lantai tersebut.

    (Cara pemasangan lantai batu alam yang pertama ini cocok untuk lantai interior, seperti lantai teras rumah, lantai ruang tamu, keluarga dan kamar mandi.)

    Cara Kedua, Pemasangan Batu Alam pada lantai dengan metode/cara pemasangan Paving block

    Langkah-langkahnya sebagai berikut :

    – Sebelum Paving block dipasang pastikan struktur dari lahan yang hendak di Paving dalam keadaan benar-benar padat. Apabila belum padat dapat dipadatkan dengan menggunakan mesin Roller (Wales) atau Stamper kuda. Hal ini agar lahan yang telah dipasang paving block tidak amblas.

    – Sesuaikan spesifikasi beban yang akan melewati lahan yang akan dipasang paving dengan material pendukung untuk landasan area paving. Material tersebut dapat berupa : Limestone, Base Course, Sirdam, Makadam dsb.

    – Pastikan permukaan lahan yang akan di paving dalam kondisi rata/ sudah level.

    – Pasang Kanstin beton sebagai pengunci paving block, agar paving block yang sudah terpasang tidak bergeser.

    – Gelar abu batu mengikuti kemiringan yang telah ditentukan kemudian diratakan dengan menggunakan jidar kayu.

    – Lakukan pemasangan paving block dengan cara maju kedepan, sementara pekerja pemasang paving berada diatas paving yang telah terpasang.

    – Untuk tepian lahan/ sudut-sudut yang belum terpasang paving block (las-lasan), potong paving block dengan menggunakan alat pemotong paving block/paving block cutter.

    – Setelah lahan 100% sudah terpasang paving block, selanjutnya kita lakukan pengisian antar naat paving block tersebut (pengisian joint filler) dengan menggunakan abu batu.

    – Padatkan paving block yang telah terpasang dengan menggunakan baby roller atau stamper kodok 1 sampai 2 kali putaran agar timbul gaya saling mengunci antar paving block satu sama lainnya.

    – Bersihkan area lahan yang telah terpasang paving block dari sisa-sisa abu batu. (Sumber : pavingbloc.com)

    Adapun beberapa variasi pola pemasangan lantai batu alam dengan cara/metode pemasangan paving block di atas, seperti pada gambar di bawah.

    [​IMG]
    pola pemasangan lantai batu alam

    (Cara pemasangan lantai batu alam yang kedua ini cocok untuk lantai eksterior, seperti lantai halaman rumah, lantai lapangan olahraga, lantai taman rumah, dll.)

    Hampir semua jenis batu alam Cirebon dapat di aplikasikan pada lantai, pemilihan batu alam tergantung dari selera, tempat dan perpaduan yang tepat untuk menampilkan keindahan dari batu alam tersebut.

    Manfaat Batu Alam

    Batu sudah menjadi alat yang sangat penting dan digemari banyak orang sebagai alat bantu rumah tangga ataupun pekerjaan – pekerjaan rutinitas. Batu alam sudah tidak hanya digunakan seperti jaman batu dulu, berikut manfaat batu alam saat ini :

    1. Sebagai fondasi bangunan
    2. Pengerasan jalan
    3. Penghias interior dan exterior bangunan
    4. Penghias pagar
    Mengaplikasikan batu alam pada rumah membawa banyak keuntungan. Karena Anda tidak perlu lagi membeli atau mengganti cat tembok, jika batu alam diaplikasikan pada dinding rumah. Penempatan batu alam yang sesuai membuat rumah menjadi tidak monoton dan nyaman bagi yang menempatinnya. Batu alam yang ditempelkan pada dinding luar rumah sering mendatangkan sensasi yang berbeda pada rumah bergaya tropis. Sementara pada rumah modern bisa memeberikan kesan dingin dan nyaman.

    Jenis batu andesit dan candi adalah batu yang banyak diminati banyak orang untuk desain rumah. Karena kekuatannya yang tahan terhadap perubahan iklim dan tekstur yang netral serta warna yang gelap. Batu alam yang digunakan sebagai ornamen penghias rumah akan menjadikan rumah lebih indah.
     
  2. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    210
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
  3. Nurul Hidayah

    Nurul Hidayah Member

    Joined:
    Apr 18, 2018
    Messages:
    95
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Pastinya @Amilashaliha , kalau saya sudah punya, walaupun masih nyicil,,,
     

Share This Page