Cara Mengatasi Ambeien Berdarah

Discussion in 'Health & Medical' started by enter1kali, May 9, 2018.

  1. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    420
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Apa itu Ambeien?

    Ambeien atau wasir adalah penyakit yang terjadi yang disebabkan oleh gangguan pelebaran pembuluh balik (vena) pada dubur. Penyakit ini pada umumnya diderita oleh orang yang kebanyakan duduk.

    Penyakit ambeien atau wasir sebenarnya dapat dicegah dengan cara membiasakan minum air minimum 2,5 liter sehari, mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah, serta melakukan gerak badan untuk menstimulasi buang air besar.

    Berikut di bawah ini adalah beberapa cara alami untuk mengatasi gejala ambeien

    Konsumsi banyak makanan berserat dan cairan

    Cairan dan serat yang cukup dapat menjadikan tinja lebih lembut sehingga mengurangi tekanan pada wasir. Jika perlu, tambahkan suplemen serat agar pendarahan, peradangan, dan pembesaran wasir tidak berkembang lebih lanjut. Hal ini juga dapat mengurangi iritasi yang disebabkan oleh sisa-sisa tinja yang terperangkap di sekitar pembuluh darah. Jika bermasalah dengan serat, seperti perut kembung akibat serat, maka konsumsilah serat dengan dosis yang ditingkatkan secara perlahan-lahan. Biji-bijian utuh (seperti gandum utuh), brokoli, polong-polongan (seperti kacang tanah), dan buah-buahan segar adalah berbagai makanan yang mengandung banyak serat.

    Jangan menunda keinginan untuk BAB

    Menunda keinginan buang air besar dengan alasan menunggu waktu yang nyaman dapat berbahaya terutama bagi penderita wasir. Hal tersebut dapat membuat tinja berkumpul makin banyak sehingga menambah tekanan dan tegangan pada wasir. Menjadwalkan buang air besar secara teratur dapat meringankan kondisi penderita wasir karena ditengarai mampu mengurangi tambahan tekanan dan tegangan pada wasir.

    Mandi air hangat

    Merendam bokong dan pinggul dengan air hangat mungkin bisa membantu meringankan kondisi penderita wasir. Hal tersebut bisa mengurangi rasa gatal, iritasi, dan kejang otot sfingter pada penderita wasir. Adapun cara mandinya mudah saja, cukup duduk di bak mandi yang berisi air hangat hingga sebatas pinggang. Lakukan hal tersebut selama 20 menit setelah buang air besar sebanyak 2-3 kali sehari. Agar manfaatnya optimal, keringkan daerah anus dengan lembut setelah direndam air hangat.

    Olahraga secara teratur

    Melakukan olahraga secara teratur setidaknya 20-30 menit tiap hari juga dapat bermanfaat positif bagi penderita wasir. Berolahraga dapat mebantu merangsang fungsi usus sehingga tinja lebih mudah keluar. Jenis olahraga yang direkomendasikan adalah olahraga aerobik, seperti jalan cepat.

    Mengoleskan obat oles wasir

    Bagi penderita wasir luar atau wasir eksternal, mengoleskan obat pereda nyeri berbentuk krim dapat membantu meringankan rasa sakit. Untuk tujuan meredakan nyeri, krim yang digunakan biasanya yang mengandung anestesi lokal. Krim lain yang mengandung hidrokortison juga efektif dalam meredakan nyeri. Namun, pemakaian krim hidrokortison sebaiknya tidak terlalu lama karena bisa menyebabkan atrofi kulit.

    Menempelkan es dan duduk di tempat empuk

    Untuk meredakan nyeri dan pembengkakan pada wasir, menempelkan es di daerah anus juga bisa dilakukan. Selain itu, duduk di atas permukaan yang empuk, seperti duduk di atas bantal, bisa membantu mengurangi pembengkakan wasir. Duduk di tempat yang empuk juga bisa mencegah terbentuknya wasir baru.

    Jangan mengejan terlalu kuat saat sedang BAB

    Tegangan dan tekanan berlebiahn bisa menyebabkan pendarahan dan nyeri pada wasir. Hal ini biasanya terpicu akibat mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Kondisi lain yang biasanya membuat seseorang mengejan atau tegang adalah mengangkat benda terlalu berat, batuk kering, atau kehamilan. Agar wasir tidak memburuk, maka hal-hal yang menyebabkan menegangnya wasir harus dikurangi atau dihilangkan.

    Hentikan pembekuan darah

    Rasa nyeri yang menyiksa akibat wasir luar bisa makin menjadi-jadi saat terbentuk bekuan darah. Bila bekuan darah baru terjadi, prosedur bedah minor dapat dilakukan. Namun, bila sudah terjadi lebih dari dua hari, oleskan krim hemoroid secara rutin hingga gejala mereda.

    Mengunjungi dokter untuk mengobati wasir luar juga wajib dilakukan jika telah terjadi pendarahan di dubur. Ketika pendarahan di rektum turut disertai pusing atau pingsan, pastikanlah hal tersebut segera ditangani secara medis guna mencegah terjadinya kondisi yang lebih buruk.
     
  2. IndriMaya12

    IndriMaya12 Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    111
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Duh, ambeien memang berbahaya apalagi kalau pas lagi hamil, pasti bawaannya khawatir :(
     
  3. Nurul Hidayah

    Nurul Hidayah Member

    Joined:
    Apr 18, 2018
    Messages:
    95
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Lagi hamil kena ambeien*kaget4* sakitnya gak kebayang
     
Loading...

Share This Page