Tahu Penyakit Efusi Pleura?

Discussion in 'Health & Medical' started by Sri Mulyani, May 15, 2018.

  1. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18

    Pengertian Efusi Pleura

    Efusi pleura merupakan suatu kondisi kelainan atau penyakit yang ditandai dengan penumpukan cairan diantara dua lapisan pleura. Pleura sendiri merupakan membran yang memisahkan paru-paru dengan dinding dada bagian dalam. Cairan yang diproduksi oleh pleura ini memiliki fungsi sebagai pelumas yang membantu melancarkan pergerakan paru-paru saat bernafas. Namun saat cairan tersebut tidak terkondisikan atau bekerja dengan tidak normal atau bahkan terjadi gangguan sesuatu yang menyebabkan penumpukan cairan pada pleura sehingga terjadi penekanan pada paru-paru. Hal tersebut akan menyebabkan penderitanya kesulitan bernafas. Efusi pleura termasuk kedalam penyakit yang umum sekali terjadi, dan biasanya lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pria. Kondisi efusi pleura juga dapat terjadi pada pasien berusia berapapun.

    Gejala & Ciri-ciri Efusi Pleura

    [​IMG]

    Penderita penyakit efusi pleura akan merasakan sakit pada bagian dada, namun sering kali efusi pleura tidak menunjukkan rasa sakit. Namun ada beberapa gejala lain yang umum dirasakan oleh penderita efusi pleura :
    • Batuk kering
    • Demam
    • Suit bernafas saat berbaring
    • Nyeri pada dada
    • Sesak nafas.
    Penderitanya juga dapat mengalami gejala-gejala dari penyebab penumpukan cairan. Kemungkinan timbul tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan diatas.

    Penyebab Efusi Pleura

    Efusi pleura terbagi menjadi dua, yaitu transudat dan eksudat. Efusi pleura transudat biasanya disebabkan oleh meningkatnya tekanan dalam pembuluh darah atau rendahnya kadar protein dalam darah. Hal ini yang mengakibatkan cairan masuk kedalam lapisan pleura. Sedangkan efusi pleura eksudat bisanya disebabkan peradangan, cedera paru-paru, tumor, dan penyumbatan pembuluh getah bening. Efusi pleura juga sering sekali terjadi sebagai komplikasi dari beberapa penyakit berikut ini :

    [​IMG]
    • Kanker paru-paru
    • Tuberkulosis (TBC)
    • Pneumonia
    • Emboli paru
    • Sirosis atau penurunan fungsi hati
    • Penyakit ginjal
    • Gagal jantung
    • Penyakit lupus
    • Rheumatoid arthritis atau rematik.
    Sejumlah hal lain juga dapat meningkatkan resiko terjadinya efusi pleura seperti memiliki riwayat tekanan darah tinggi, perokok akut, sering mengkonsumsi minuman beralkohol, dan terpapar oleh debu asbes.

    Berbahayakah Efusi Pleura?

    Dari penyakit efusi pleura, ada beberapa hal atau kondisi yang sangat membahayakan dan berdampak negatif bagi penderitanya. Salah satu dampak negatifnya adalah efusi pleura akan mengganggu fungsi paru-paru dengan mencegah perluasan penuh pernafasan. Jika efusi sudah lama ada, bisa terjadi parut paru yang terkait dan penurunan fungsi paru secara permanen. Cairan yang tersisa untuk jangka waktu lama juga berisiko terinfeksi dan membentuk abses yang disebut emfisema.
     
  2. w1s2t3

    w1s2t3 Member

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    168
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Baru denger ini penyakit, banyak macam penyakit, mudah-mudahan kita semua sehat walafiat dihindari dari segala macam penyakit
     
  3. Hari

    Hari Member

    Joined:
    May 14, 2014
    Messages:
    97
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Paling gak tega kalau masih balita terkena penyakit efusi pleura, jadi rewel dan susah tidur
     
  4. Sri Mulyani

    Sri Mulyani Member

    Joined:
    Feb 2, 2018
    Messages:
    192
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Aamiin semoga dijauhkan dari penyakit ya..
     
Loading...

Share This Page