Lifehacks: Kurangi Kebisingan di Rumah Tanpa Alat Peredam Suara

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, May 24, 2018.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    187
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Rumahmu di pinggir jalan atau dekat jalan raya? Pusing dengan suara bising dari kendaraan yang melintas dan sering terganggu saat sedang beristirahat? Coba pasang alat peredam suara di rumah.

    “Nggak mau ah, nanti desain rumahnya jadi berantakan.”

    Hmm.. kalau kamu nggak mau memasang alat peredam suara, kamu masih bisa melakukan hal-hal yang dapat mengurangi kebisingan di rumah. Mau tau gimana caranya? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

    Cara Mengurangi Kebisingan di Rumah

    Gunakan Gorden Tebal

    Pertama, kamu bisa memasang gorden tebal (seperti brokat bermotif, beludru ataupun wol) pada jendela rumahmu. Selain berfungsi mencegah cahaya matahari masuk ke dalam ruangan, ternyata cara ini juga efektif untuk mengurangi kebisingan lho.

    Mengganti Pintu

    Selanjutnya, gunakan pintu dengan motif yang tepat. Hindari pintu dengan motif lekukan dan pintu geser kayu. Tahukah kamu bahwa menurut Asosiasi Nasional Pintu dan Jendela Kayu, pintu dengan desain solid akan menciptakan suasana yang lebih tenang dibandingkan pintu dengan hiasan berukir.

    Pindahkan Furnitur

    Percaya atau nggak, penempatan furnitur dapat mempengaruhi banyaknya suara yang masuk ke rumah lho. Menempatkan rak buku tebal di dinding akan membantu mengurangi suara bising dari luar rumah.

    Coba Insulasi

    Cara mengurangi kebisingan yang paling efektif adalah dengan insulasi. Selain mengurangi panas matahari merambat ke dalam ruangan, insulator juga bisa meredam suara di dalam rumah.

    Aplikasikan Cat Peredam Suara

    Tau nggak sih kalau ternyata ada lho jenis cat yang bisa mengurangi kebisingan? Ya, cat ini memang diformulasikan khusus untuk melapisi dinding dan mengurangi kebisingan hingga 30%. Meski masih terdengar langka, namun kini sudah ada perusahaan cat multinasional yang memproduksi jenis cat ini.

    Itulah beberapa cara mengurangi kebisingan tanpa alat peredam suara. Apa kamu pernah mencoba salah satunya, atau punya cara lain? Yuk, share pengalamanmu di kolom komentar!
     
  2. duhil

    duhil New Member

    Joined:
    Jul 16, 2014
    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    untuk masalah insulasi. kira-kira insulasi apa yah yang bagus? saya ingin menggunakan insulasi tapi masih kurang paham, bari sedikit tahu soal insulasi yang berbahan polyester yang katanya dapat di daur ulang.
     
Loading...
Similar Threads - Lifehacks Kurangi Kebisingan
  1. saudagarkopi
    Replies:
    0
    Views:
    920

Share This Page