Segala Hal Tentang Pipa HDPE yang Harus Anda Tahu

Discussion in 'General Discussion' started by Deo Vilfredo, May 8, 2018.

  1. Deo Vilfredo

    Deo Vilfredo New Member

    Joined:
    May 8, 2018
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sebagai negara dengan luas wilayah yang luas, pemerintah Indonesia senantiasa berusaha memakmurkan setiap daerah dengan pengadaan alat-alat berteknologi tinggi untuk penunjang. Salah satunya adalah dengan penggunaan pipa HDPE. HDPE atau High Density Polyethylene merupakan salah satu jenis pipa berbahan premium dengan kualitas mumpuni.

    Pipia ini dipilih karena tahan karat, asam, basa, dan memiliki ketahanan hingga 50 tahun. Selain kuat, pipa HDPE juga terjangkau. Hal inilah yang menjadi dasar digunakannya pipa HDPE dalam berbagai sektor, mulai dari pengadaan air dan saluran pembuangan di kawasan hunian hingga pengelolaan Biogas di TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

    Supplier Pipa HDPE
    Di Indonesia, ada beberapa supplier pipa HDPE tepercaya dan telah bertahun-tahun berkutat di bidang pembuatan maupun pemasangan pipa super ini. Di antara perusahaan-perusahaan berkualitas tersebut adalah:

    CV. Atsuga Solusindo
    Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang distributor, pengadaan, dan supplier segala jenis, merk, serta ukuran pipa terlengkap di Indonesia Atsuga Solusindo telah melayani berbagai proyek di seluruh wilayah Indonesia. Proyek dan kerjasama ini tidak hanya melipatkan perusahaan swasta tetapi juga pemerintah seperti Kementerian PU dan PDAM.

    Sejak tahun 2014 Atsuga Solusindo menyediakan berbagai jenis pipa, fitting, mesin las, hingga aksesori perpipaan dengan harga yang kompetitif dan kualitas mumpuni. Inilah yang membuat perusahaan nasional ini menjadi salah satu supplier yang banyak terlibat dan melayani berbagai proyek pengadaan air bersih (drainase), saluran air panas, saluran gas, hingga fasilitas pembuangan limbah di seluruh negeri.

    Beberapa pipa yang disediakan perusahaan ini adalah, pipa HDPE , PPR , Galvanas/GIP dan pipa PVC. Produk unggulan lain perusahaan adalah mesin las pipa. Selain mendistribusikan, perusahaan yang sudah berkutat di bidang perpipaan selama lebih kurang 3 tahun ini juga bersedia memberikan penjelasan maupun pelatihan untuk setiap konsumen, mulai dari perseorangan hingga berbagai jenis badan usaha.

    Pelatihan ini diadakan sebagai upaya untuk memberikan edukasi terhadap pelanggan agar mereka paham tentang seluk beluk dunia perpipaan. Konsumen juga bisa menjadi pengawas mutu yang mampu mengontrol setiap proses mulai dari instalasi, penyambungan, hingga perawatan pipa.

    Layanan pra dan purna jual tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perusahaan ini dipilih sebagai partner sekaligus supplier pengadaan pipa HDPE di berbagai daerah mulai dari perkotaan hingga daerah terpencil.

    Tentang Pipa HDPE
    Setelah sebelumnya kita membahas berbagai supplier pipa HDPE, sekarang mari kta cari tahu tentang apa sebenarnya pipa HDPE itu dan mengapa teknologi ini banyak digunakan dalam proyek pembangunan perusahaan swasta maupun pemerintah di Indonesia.

    Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, HDPE merupakan singkatan dari High Density Polyethilene atau pipa plastik bertekanan tinggi. Disebut pipa plastik karena benda super ini dibuat dari polimer minyak bumi. Inilah mengapa harga PE (polythilene) mengalami fluktuasi seiring harga minyak bumi dunia.

    Polythilene sendiri politilena merupakan senyawa plastik yang sejak dulu telah dijadikan sebagai bahan pembuat tas kresek atau kantong plastik. Politilena terdiri dari rantai panjang monomer etilena (etena) dan dibentuk melalui proses polimerisasi dari bahan kimia tersebut. Prosesnya bisa melalui polimerisasi radikal, adisi anionik, ion koordinasi atau adisi kationik.

    Setiap proses polimeraisasi tentu bisa menghasilkan jenis politilena yang berbeda. Perbedaan inilah yang menentukan densitas dan kekuatan produk plastik yang dihasilkan. Untuk membuat plastik berdensitas tinggi seperti bahan yang dipakai pipa HDPE, kita membutuhkan 1,75 kg minyak bumi sebagai energi dan pembuatan 1 kg plastik berdensitas tinggi.

    Meskipun kuat dan memiliki daya tahan yang mumpuni, HDPE tetap bisa didaur ulang. Hal ini tentu saja menjadi poin penting bagi para pelaku bisnis yang ingin mengembangkan teknologi tetapi tidak mengabaikan kelestarian alam.

    Dalam rantai kimia cabang HDPE tergolong sedikit, hal ini disebabkan oleh pemilihan katalis dan kondisi reaksi pada proses produksi. HDPE memiliki gaya antar molekul tinggi dan kekuatan tensil yang tepat sehingga bisa bertahan pada temperatur tinggi hingga sekitar 1200 celcius.

    Bahan plastik pembuat pipa HDPE ternyata memiliki aplikasi yang luas. Selain digunakan untuk membuat pipa, politilena juga bisa dipakai untuk kemasan deterjen, susu, bahan pembuat jerigen atau tanki bahan bakar, meja kursi lipat, pembungkus kabel, hingga wadah untuk mengangkut beberapa jenis bahan kimia.

    Keunggulan dan Kelebihan Pipa HDPE
    Membaca penjelasan singkat di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa teknologi pipa HDPE ini merupakan terobosan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Tidak heran jika pipa ini dimanfaatkan dan digunakan di banyak sektor mulai dari perumahan, sistem pembuangan limbah, saluran drainase, hingga distribusi gas alam.

    Untuk lebih memahami betapa unggulnya produk pipa HDPE, berikut merupakan beberapa kelebihan teknologi HDPE yang harus kita ketahui. Mari kita simak ulasannya!

    1. Teknologi intensifikasi proses (PI)
    Intensifikasi proses (PI) merupakan teknologi yang dapat meningkatkan laju reaksi dan mengurangi konsumsi energi. Teknologi ini banyak sekali diaplikasikan pada benda-benda yang berkaitan dengan proses pembangunan seperti pipa HDPE. Jika dimanfaatkan secara maksimal, pemanfaatan teknologi PI pada pipa HDPE dapat mengurangi pemborosan biaya dan energi.

    2. HDPE bersifat fleksibel
    Keunggulan lain teknologi HDPE adalah fleksibilitasnya. Pipa ini bisa dibentuk sesuai kebutuhan dan dapat menyesuaikan diri di berbagai medan bahkan yang ekstrem sekalipun. Dengan penggunaan fusi yang tepat, pipa bahkan bisa bertahan selama bertahun-tahun meskipun dipasang di wilayah rawan banjir atau sering tergenang air.

    Selain itu pipa HDPE juga dapat dibengkokkan hingga 25 kali diameter pipa nominal. Kefleksibelan ini tentu saja dapat mengurangi penggunaan fitting, thrust block, dan penahan atau perekat lainnya. Sehingga tidak hanya daerah rawan banjir, HDPE juga dapat berfungsi maksimal di kawasan rawan gempa yang tanahnya tidak pernah stabil.

    Kemampuan ini menunjukkan bahwa pipa HDPE tahan terhadap tekanan berulang dan lonjakan tak beraturan yang signifikan, bahkan melebihi tingkat tekanan pipa yang seharusnya.

    3. Head fuse joints (sambungan dengan pemanas)
    Untuk distribusi air bersih, penggunaan heat fusion sangat diperlukan. Dengan bahan yang mumpuni dan fleksibel, HDPE bisa disambungkan menggunakan segala macam proses fusi, termasuk heat fusion (sambungan dengan pemanas).

    Fusi dengan pemanas ini diperlukan agar sambungan pipa kuat, bahkan lebih kuat dari pipa itu sendiri, dan menghindari kebocoran. Idealnya, heat fusion dilakukan setiap 12-24 meter. Ukuran ini didapatkan dari kasus-kasus kebocoran yang biasanya terjadi pada pipa PVC atau jenis lainnya.

    Dengan pemanfaatan heat fusion, pipa HDPE akan menyatu dan memiliki kekuatan lebih bahkan lebih kuat dari pipa itu sendiri. Harmonisasi teknologi ini membuat biaya lain dapat dipangkas dan dihindari. Pemasangan thrust block untuk menopang pipa misalnya.

    Jika menggunakan heat fusion, kita tidak perlu lagi khawatir pipa akan bocor atau mengahadapi masalah klasik lain yang biasa dialami pipa PVC, besi, ataupun berbagai jenis pipa lainnya.

    4. Hemat
    Gabungan dari fleksibilitas dan antikebocoran yang sudah diungkapkan di atas tentu saja berpengaruh pada biaya dan ringannya ongkos instalasi HDPE. Hal ini tentu saja membuat HDPE lebih unggul jika dibandingkan dengan pipa PVC yang kaku atau ductile iron yang mudah berkarat.

    Pipa HDPE sendiri diproduksi batangan hingga 12 meter dan membentuk gulungan (coil). Dalam proses pembangunan, bentuk semacam ini dapat memangkas biaya instalasi secara maksimal. Selain itu tingkat densitas HDPE sekitar 1/8 dari tekanan pipa besi sehingga supplier tidak perlu menggunakan alat berat saat proses pemasangan.

    Tidak hanya pemasangan, biaya perawatan HDPE juga sangat rendah. Hal ini terjadi karena bahan pembuatan pipa yang premium membuat HDPE bebas bocor. Bahkan menurut penelitian dan fakta di lapangan, pipa HDPE dengan kualitas paling tinggi mampu bertahan sekitar 50 hingga 100 tahun. Ini membuktikan bahwa pipa HDPE tidak hanya hemat tetapi juga efisien.

    5. Antikorosi dan bahan kimi
    Pada sebuah tanah di satu daerah saja, terdapat ribuan bahan kimia yang muncul akibat proses alami maupun nonalami (efek pestisida). Meskipun mungkin tidak terpapar langsung, tetapi bahan kimia tersebut sedikit banyak akan mempengaruhi ketahanan suatu benda yang ditanamkan ke dalam tanah.

    Penggunaan pipa PVC atau ductile iron mungkin dapat menimbulkan kebocoran akibat pengaruh bahan kimia dalam tanah. Tapi jika kita menggunakan pipa HDPE, hal tersebut tidak akan terjadi. Bahan politilane pada HDPE memungkinkan pipa ini bertahan dalam segala kondisi, bahkan jika harus terpapar oleh bahan kimia dalam tanah.

    Pipa HDPE juga bebas korosi, artinya meskipun menghadapi berbagai cuaca, pipa ini mampu bertahan dan tidak mengalami keretakan atau bahkan kebocoran. Ditambah pemanfaatan heat fusion, pipa unggul yang hemat, antibocor, dan antikorosi bisa kita dapatkan dan nikmati selama berpuluh tahun ke depan.

    6. Hazen William C-Factor 150
    Persamaan Hazen Willian C-Factor merupakan percobaan yang dilakukan untuk menghubungkan keterkaitan antara aliran air di pipa dengan properti fisik pada pipa tersebut yang menimbulkan tekanan tinggi. Persamaan ini diambil dari nama penemunya yaitu Allen Hazen dan Gardner Stewar Williams.

    Pada pipa HDPE, Hazen William C-Factor-nya sekitar 150. Hal ini berarti pipa HDPE mampu menahan segala tekanan air yang didistribusikan sehingga bagian dalam pipa tidak akan menimbulkan korosi ataupun tuberculate. Kemampuan ini tidak hanya bermanfaat bagi aluran air saja, tetapi juga manusia yang mengonsumsi air tersebut.

    Air bersih yang tidak tercampur dengan korosi pipa atau bahan kimia lain tentu saja aman bagi kesehatan.

    Jenis dan Fungsi Pipa HDPE
    Setelah mengetahui manfaat pipa super ini, berikut beberapa jenis pipa HDPE dan fungsinya sebagai referensi, di antaranya:

    1. Jenis pipa berdasarkan tekanannya

    Pipa jenis ini biasanya digunakan untuk saluran air bersih dengan tingkat tekanan tinggi dari dalam.

    a) Pipa HDPE PN 6,3

    Pipa jenis ini didesain untuk bertahan pada tekanan hingga 6,3 kg per cm2. Pada beberapa supplier, pipa ini tersedia dari ukuran paling kecil hingga diameter terbesar sekitar 630 mm atau 24 inci dengan tingkat ketebalan dinding yang rendah.

    b) Pipa HDPE PN 8

    Pipa jenis ini mampu bertahan pada tekanan maksimal sekitar 8 kg per cm2.

    c) Pipa HDPE PN 10

    Pipa ini merupakan pipa paling populer dan sering digunakan. HDPE PN 10 memiliki tekanan hingga 10 kg per cm2. Dalam bahasa pipa PVC, pipa jenis ini biasanya dikenal dengan pipa kelas AW.

    d) Pipa HDPE PN 12,5

    Pipa ini merupakan pipa untuk tekanan menengah ke atas dengan tekanan hingga 12,5 kg per cm2.

    e) Pipa HDPE PN 16

    Dengan ketahanan pada tekanan hingga 16 kg per cm2, pipa jenis ini merupakan pipa paling kuat dengan ketebalan dinding paling tinggi pada jenisnya.

    2. Jenis pipa HDPE berdasarkan bentuk

    a) Pipa gulungan (coil)

    Pipa jenis ini biasanya memiliki panjang minimal sekitar 50 hingga 500 meter per gulungan. Panjang maksimal gulungan biasanya disesuaikan dengan dimensi gulungan atau diameter mulut pipa. Untuk mempermudah mobilisasi, biasanya supplier hanya menyediakan pipa HDPE ukuran kecil untuk panjang ratusan meter per gulungan.

    b) Bentuk batang

    Pipa HDPE berbentuk batang biasanya tersedia dalam panjang 5,8 dan 11,8 meter. Dalam hal mobilisasi, pipa jenis ini lebih unggul daripada HDPE coil yang cenderung makan banyak tempat. Tapi soal instalasi, HDPE coil lebih fleksibel dan memudahkan proses penyambungan.

    3. Jenis pipa HDPE berdasarkan kegunaan

    a) Untuk saluran air bersih

    Untuk distribusi air, pipa HDPE yang digunakan cukup bervariasi. Mulai dari pipa bertekanan rendah hingga tinggi bisa digunakan selama sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan.

    b) Untuk saluran gas

    Gas bertekanan tinggi biasanya membutuhkan pipa yang tebal dan anti bocor. Karena diakui atau tidak, kebocoran gas merupakan hal yang paling dihindari oleh orang. Meskipun gas yang didistribusikan cukup aman bagi kesehatan. Untuk menghindari hal tersebut, penyaluran gas biasanya menggunakan pipa HDPE dengan ketebalan dan densitas yang cukup tinggi.

    Itulah beberapa hal yang harus kita ketahui tentang pipa HDPE. Semoga bermanfaat.

    Sumber Artikel : https://www.jualanpipahdpe.com/segala-hal-tentang-pipa-hdpe-yang-harus-anda-tahu/
     
  2. Nurul Hidayah

    Nurul Hidayah Member

    Joined:
    Apr 18, 2018
    Messages:
    95
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Bagus ini kalau buat saluran pembuangan dari rumah ke got atau dari jamban ke tempat penampungan, karena daya tahannya sampai 50 - 100 tahun. Tapi kalau beli cuman beberapa meter saja, boleh apa tidak ya?
     
  3. Deo Vilfredo

    Deo Vilfredo New Member

    Joined:
    May 8, 2018
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    minimal 1 roll bapak/ibu
     
Loading...

Share This Page