Manfaat berpuasa untuk kesehatan kita

Discussion in 'Health & Medical' started by ani125, Jul 4, 2015.

  1. ani125

    ani125 Member

    Joined:
    Jun 26, 2015
    Messages:
    191
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Pada waktu bulan Ramadhan umat islam diharuskan untuk melakukan ibadat puasa sesuai dengan syariat Islam. Manfaat puasa untuk kesehatan sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan berpuasa dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau pengeluaran zat racun di dalam tubuh. Terlebih bila puasa di bulan Ramadhan yang dilakukan selama 1 bulan penuh yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Berikut ini manfaat puasa bagi kesehatan tubuh anda:


    Meningkatkan kemampuan otak ->Puasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, dan pada akhirnya meningkatkan fungsi otak. Penurunan sejumlah hormon kortisol pada waktu berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal bisa membuat seseorang menurunkan tingkat stresnya.

    Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah->Manfaat puasa membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah kita. Sakit jantung salah satu penyakit yang paling mematikan. Berpuasa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung, ketika berpuasa, tubuh melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang bagik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah kita.

    Menurunkan kadar kolesterol->Manfaat puasa bisa menurunkan kadar kolesterol Ilustrasi (c) Istockphoto Penurunan berat badan pada saat berpuasa merupakan salah satu manfaat puasa. Sebuah penelitian di Uni Emirat Arab menyimpulkan bahwa orang yang berpuasa terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung kita sehingga bisa mengurangi resiko terserang penyakit jantung ataupun stroke. Terlebih lagi jika mengikuti program diet sehat, tingkat kolesterol pun dapat diturunkan dengan mudahnya.

    Dapat berpikir lebih tajam dan lebih kreatif->Manfaat puasa dapat berpikir lebih tajam dan lebih kreatif berpuasa bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan melambat, menurut sebuah penelitian pikiran yang melambat bisa membuatnya bekerja lebih tajam. Rasa lapar saat berpuasa merupakan masalah yang wajar bila rasa lapar memaksa untuk berpikiran lebih tajam dan lebih kreatif.

    Mengurangi kebiasaan buruk->Manfaat puasa bisa mengurangi kebiasaan buruk puasa merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengubah gaya hidup yang tak sehat dan pola makan buruk. Selama kegiatan puasa bisa menghentikan kebiasaan seperti merokok dan makan makanan yang manis-manis.

    Mengontrol berat badan->Manfaat puasa dapat mengontrol berat badan puasa bisa membuat tubuh untuk lebih mudah menurunkan berat badan. Tidak perlu melakukan diet yang berlebih untuk menurunkan berat badan. Dengan makan makanan secukupnya dan tetaplah mengonsumsi makanan yg sehat selama berpuasa.

    Menyehatkan ginjal->Manfaat puasa dapat menyehatkan ginjal Ginjal berfungsi untuk sebagai saringan zat berbahaya dari yang kita makan dan minum. Fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urine dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dengan berkurangnya asupan air di saat menjalankan ibadah berpuasa, target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga pada akhirnya akan berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

    Mengeluarkan racun dalam tubuh->Manfaat puasa bisa mengeluarkan racun dalam tubuh Manfaat berpuasa juga bisa mengeluarkan racun dalam tubuh yang menumpuk atau mendetoksifikasi. Selama berpuasa, Anda bisa mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan dalam satu bulannya. Ketika tubuh memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh anda.

    Sumber : http://mustahabbah.blogspot.com/2015/06/manfaat-puasa-bagi-kesehatan.html
     
  2. Ayu Melati

    Ayu Melati New Member

    Joined:
    May 24, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Yupsss, puasa kali ini dengan nggak sembarangan pilih makanan lebih enteng di badan. Targetnya menghindari makanan yang sumber kolesterolnya tinggi dan sedikit mengurangi nasi. Seperti kuning telur, susu, udang, bebek hampir nggak makan selama bulan puasa kali ini.
     
    Last edited: Jun 12, 2018
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
  4. Ayu Melati

    Ayu Melati New Member

    Joined:
    May 24, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Okeh Om @KangAndre makasih sudah diingetin. Langsung meluncur isi signature-nya.
     
Loading...

Share This Page