Beginilah Cara Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar

Discussion in 'Science' started by Khair, Oct 3, 2016.

  1. Khair

    Khair Member

    Joined:
    Mar 12, 2016
    Messages:
    27
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Metode dan Langkah-langkah cara menggunakan mikroskop dengan Baik dan Benar

    a. Mengatur Letak Mikroskop

    1) Mikroskop ditempatkan dengan hati-hati di atas meja yang tergapai dengan badan pengamat (tidak terlalu ke tepi atau ke tengah).

    2) Mikroskop diatur kemiringannya (jika perlu) dengan memutar sambungan inklinasi. Hal itu bertujuan supaya pengamat nyaman melakukan pengamatan dalam waktu yang lama.

    b. Memanage Pencahayaan

    1) Mikroskop dengan sumber cahaya matahari, sebaikinya digunakan di atas meja dekat jendela. Jangan menempatkan mikroskop di bawah sinar matahari langsung.

    2) Mikroskop dengan sumber cahaya lampu dari luar dipakai dengan memasang lampu 15 cm di muka mikroskop.

    3) Mikroskop dengan sumber cahaya tetap di dasar alat lebih mudah digunakan dengan cara menekan tombol untuk menyalakan lampu.

    4) Banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke mata pengamat dan untuk menerangi objek diatur dengan memutar tombol pengatur diafragma. Makin lebar lubang diafragma, makin banyak jumlah cahaya yang masuk, begitu juga sebaliknya.

    c. Mencari Objek

    1) Tempatkan slide (sediaan bahan/spesimen) di atas meja mikroskop, pas di atas lubang. Jepitlah slide dengan penjepit. Pada saat itu, tempat tabung berada pada jarak terjauh dengan meja mikroskop.

    2) Pasanglah dengan tepat sampai terdengar suara "klik".

    3) Turunkan tabung hingga berjarak 1 cm dari atas objek dengan pemutar kasar. (Sewaktu melakukan hal ini, jangan melihatnya pada lensa okuler lebih dahulu).

    4) Tempatkan lampu di hadapan cermin, apabila memakai sumber cahaya dari luar. Posisikan mikroskop dekat jendela, jika menggunakan sinar matahari. Pencet tombol untuk menyalakan lampu, jika mikroskop sudah dipasangi lampu.

    5) Manage banyaknya cahaya yang masuk dengan membuka diafragma iris dan mengatur cermin (jika perlu).

    6) Lihatlah melalui lubang pengamat. Carilah objek yang jelas dengan memutar tombol pemutar halus naik atau turun.

    7) Setelah diperoleh objek dengan bidang pandang yang jelas, putarlah cakram mikroskop untuk mengarahkan lensa objektif perbesaran kuat pas di atas objek.

    8) Agar diperoleh pandangan yang jelas, atur kembali melewati pemutar halus, sambil mengamati melalui lubang pengintai.

    d. Menyiapkan preparat

    Objek-objek mikroskopis dapat langsung diperhatikan di bawah mikroskop. Namun, untuk objek makroskopis anda harus mengambil sebagaian dari objek itu. Objek yang diamati itu selanjutnya diwujudkan dalam sebuah preparat.

    Preparat adalah sediaan bahan yang akan dilihat. Spesimen dikelompokkan menjadi dua, yaitu spesimen basah dan preparat kering. Pembuatan spesimen membutuhkan alat berupa kaca benda (slide), kaca penutup, objek pengamatan, dan medium.

    Media yang digunakan disesuaikan dengan tujuannya, antara lain air, gliserin. Air digunakan sebagai medium bagi organisme kecil air yang ingin diamati gerakannya. Pewarna digunakan sebagai medium bagi objek yang ingin dilihat bagian-bagiannya.

    Jenis pewarna dikondisikan berdasarkan kebutuhan. Bagian jaringan yang akan diteliti sajalah yang diharapkan akan menyerap pewarna tertentu dan memberikan warna kontras dengan struktur lain di sekelilingnya.

    Gliserin digunakan sebagai medium untuk mengamati objek yang akan diperbesar dengan lensa berkekuatan tinggi. Media yang diteteskan di atas kaca benda tidak begitu banyak atau terlalu sedikit, cukup untuk menenggelamkan objek.

    Spesimen dibuat dengan memotong tipis bahan setipis mungkin, membujur. Preparat diatur di atas cermin benda tepat di tengah dengan menggunakan pinset.

    Di atas spesimen, dicelupi media dengan memakai pipet. Selanjutnya, spesimen ditutup dengan kaca penutup. Salah satu sisi kaca ditekan perlahan dengan jari, sedangkan bagian yang lain diturunkan perlahan-lahan dengan jarum.
     
  2. renditri90

    renditri90 New Member

    Joined:
    Jul 19, 2018
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Akan lebih baik kalau ditambahin gambar atau lebih bagus lagi kalau ada referensi video tutorial cara menggunakan mikroskopnya. Dengan begitu, para pelajar akan lebih mudah melakukan penggunaan sekaligus pengamatan. Apalagi sekarang jaman makin modern, perkembangan mikroskop juga makin canggih, contohnya mikroskop digital yang bisa menampilkan atau melihat objek kecil di layar monitor + bisa direkam. Banyak yang sudah beralih pada penggunaan mikroskop modern ini, memang sih harganya juga lebih mahal tapi sebanding dengan kualitasnya. CMIIW :D
     
Loading...

Share This Page