Manfaat Memiliki Website Sendiri bagi Penjual di Marketplace

Discussion in 'General Business' started by Muhamad Amirullah, May 31, 2018.

  1. Muhamad Amirullah

    Muhamad Amirullah Member

    Joined:
    May 4, 2018
    Messages:
    132
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Pada saat ini, terdapat banyak penjual online memulai berdagang dengan memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak dll sebagai satu saluran distribusi. Toh, beberapa marketplace tersebut mempermudah mereka untuk menjual produk secara online. Namun, sebagai penjual barang secara online, apakah Anda pernah berpikir untuk memiliki website sendiri dan menjual produk Anda disana? Berikut adalah beberapa manfaat memeiliki wesbiste sendiri bagi penjual di marketplace:

    1. Membangun hubungan yang lebih dekat dengan para pelanggan
    Bila Anda memiliki sebuah situs web sendiri, Anda dapat mengumpulkan informasi pelanggan Anda dan hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui tentang kebiasaan membeli mereka. Dengan begitu, Anda dapat membangun sebuah basis pelanggan jangka panjang yang akan membeli produk Anda secara berulang dan mereka akan merasa lebih familiar dengan brand produk Anda. Dan yang terpenting, memiliki hubungan dengan pelanggan akan memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan yang besar. Itulah beberapa faktor mengapa memiliki sebuah website sangat penting bagi bisnis Anda dan juga memiliki website sendiri dapat membuat produk Anda dikenal luas.

    2. Anda akan mendapatkan pelanggan tetap
    Begitu Anda memiliki hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan, Anda dapat mendorong pelanggan untuk membeli produk Anda lagi dengan menyarankan produk lain yang Anda jual. Dalam sebuah bisnis retail, hal ini biasa disebut dengan keuntungan jangka panjang. Hal ini adalah dapat menghitung jumlah pendapatan yang akan Anda didapatkan dari pelanggan Anda.
    Namun, ketika Anda menjual produk di marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak dll, maka Anda akan sulit untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan membuat mereka untuk melakukan pembelian berulang dan ini juga dapat melanggar persyaratan layanan untuk menyarankan produk lain yang akan mereka beli.

    3. Memasarkan produk Anda sendiri
    Menampilkan produk, dan mempromosikan brand Anda, ketika Anda memiliki website sendiri, Anda akan dapat melakukan semua hal tersebut. Anda juga dapat membuat peraturan yang Anda tetapkan sendiri. Hal ini memungkinkan Anda untuk menampilkan produk Anda dengan cara terbaik yang Anda inginkan.
    Tetapi, ketika Anda menggunakan marketplace, maka Anda dibatasi tentang bagaimana Anda mempromosikan tentang produk atau grambar yang dapat Anda gunakan. Jika Anda ingin menambahkan video, Anda harus menjadi bagian dari Vendor Central dan membayar biaya tambahan.
    Memiliki kebebasan untuk memasarkan produk Anda sendiri merupakan sebuah strategi promosi untuk meningkatkan brand awareness dan juga akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan kreativitas dan penjualan produk Anda dapat meningkat.

    4. Tidak ada penangguhan akun
    Salah satu ketakutan terbesar setiap penjual di marketplace adalah terjadinya penangguhan akun. Penangguhan akun terjadi dikarenakan beberapa hal, ini adalah pengingat serius bahwa Anda sedang berada di sebuah marketplace milik orang lain dan bukan website Anda sendiri.
    Seiring akun berjualan milik Anda terus berkembang, demikian juga risiko yang Anda ambil dengan menempatkan produk Anda hanya di marketplace. Anda pada dasarnya memiliki banyak potensi, namun Anda berada di tempat milik orang lain.
    Oleh karena itu, beralih ke website Anda sendiri dan membangun brand Anda sendiri memberikan diversifikasi yang diperlukan untuk membangun bisnis yang berkelanjutan – dan mengimbangi risiko yang terkait dengan potensi terjadinya penangguhan.
    Sementara website Anda sendiri mungkin ketinggalan dalam penjualan dari beberapa marketplace (Tokopedia, Lazada, Bukalapak dll) karena masih baru, Namun saat Anda membangun reputasi brand Anda, maka pelanggan Anda akan mulai mencari produk di website Anda secara langsung.
    Itulah beberapa manfaat memiliki website sendiri bagi penjual di marketplace. Dengan memiliki website yang berkualitas pastinya penjualan produk Anda akan meningkat dan keuntungan semakin besar. Jika Anda belum memiliki sebuah website, Anda dapat menyewa penyedia jasa pembuatan website yang berkualitas. Namun, jika Anda telah memiliki sebuah website sendiri namun masih bingung tentang cara untuk merawatnya, Anda juga dapat memanfaatkan sebuah perusahaan jasa perawatan dan optimasi website untuk Anda.

    Sumber: https://www.suryasemesta.com/manfaa...rketplace-tokopedia-lazada-bukalapak-dll.html
     
  2. masdeal

    masdeal Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    35
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Ini adalah peluang yang bagus untuk menjadi bisnismen walaupun begitu kita harus berjuang keras agar produk kita menjadi yang terbaik pilihan costumer mungkin ini adalah langkah awal yang bisa di gunakan untuk mengembangkan bisnis kita di dunia digital ini.
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Betul banget, jadi lebih profesional dan terlihat terpercaya dan terlihat beda dengan online shop yang hanya jualan di tempat gratisan
     
  4. agam

    agam Member

    Joined:
    May 30, 2018
    Messages:
    213
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Betul...lebih profesional bisa membantu edukasi lewat tulisan juga.
     
  5. wariorseiya

    wariorseiya Member

    Joined:
    Feb 22, 2017
    Messages:
    219
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    penting banget ini, content jangan lupa terus menerus di benahi seiring dengan algoritma mesin pencaharian..karena itu akan jadi bonus buat jualan juga
     
  6. Qeyngo

    Qeyngo New Member

    Joined:
    Jul 13, 2018
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Punya website sendiri itu enak ken kalian bisa mengiklankan produk/ jasa kalian ke orang2 pake cara yg keren. Orang2 bisa liat produknya trus tanya2 tentang produk itu di website. Orang2 juga bisa kasih saran tentang jasa jadi bisnis bisa berkembang.
     
Loading...

Share This Page