Berikut Batik Jogja Serta Nilai Dalam Historinya

Discussion in 'Education' started by Wahyu Simplyland, Jul 30, 2018.

Tags:
  1. Batik Jogja tak bisa dipungkiri merupakan sebuah mahakarya atau senit motif tradisional batik Nusantara. Keberadaanya sangat pesat dalam perkembangan nya tak lepas dari sejarah Kerjaan Mataram Islam dulu. Dimana kerajaan yang mencapai kejayaan pada masa pemerintahan Sultan Agung Prabu Hanyokrokusumo ini. Pada masa pemerintahan beliau, masyarakat jogja hidup dalam keadaan yang nyaman, tentram dan damai. Pada masanya pula kesenian daerah mulai di sorot oleh berbagai wilayah. Kesenian membatik merupakan salah satu diantara berbagai kesenian tersebut.

    Namun sayang nya setelah beliau wafat dan digantikan oleh pewarisnya, situasi di jogja berubah menjadi sangat kacau dan terjadi berbagai konflik dimana mana. Pada akhirnya kerajaan Mataram Islam terpecah belah menjadi dua daerah. Dimana perpecahan ini menjadi kan kerjaan Mataram ini menjadi dua kerjaan dimana hasil dari Perjanjian Giyanti pada 13 Mei 1755.

    Dimana Kerjaan Mataram Menjadi Surakarta Dan Jogja
    • Dimana di kerajaan surakarta dibawah Sri Sunan Pakubuwono III, dan sebagai penerus dari Sri Sunan Pakubuwono II
    • Dan di jogja dibawah Sri Sultan Hamengkubuwono I.
    Pada masa perpecahan tersebut, segala busana mataram serta batik batiknya dibawa ke jogja. Karna itulah Keraton Surakarta membuat corak baru untuk busana kerajaan disana. Maka dari itu, corak jogja dikatakan sebagai embrio perbatikan tradisional di daerah Jawa.

    Kondisi batik jogja Pada abad 13
    [​IMG]Pada abad ke-13, membatik hanya dilakukan oleh putri dan kerabat kerajaan Jogja saja. Pada masa tersebut, membatik sudah menjadi salah satu keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh setiap putri dan keluarga kraton. Bagi keluarga kraton, membatik tidak hanya sekedar seni melukis kain. Akan tetapi juga sarana melatih kesabaran, ketekunan, olah cipta, rasa, hingga karsa. Hasilnya pun akan mereka gunakan sendiri untuk pakaian adat ketika upacara keratonan.

    Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan pakaian batik tersebut, proses membatik pun akhirnya melibatkan masyarakat luar kraton. Tidak jarang para abdi dalem membawa pulang pekerjaan mereka untuk mereka kerjakan dirumah. Dan pada akhirnya kesenian batik jogja benar-benar menyebar luas hingga ke pelosok negeri.

    Makna filosofis dalam batik jogja
    Membahas tentang batik, tentu tak kan lepas dari makna filosofis pada setiap motifnya. Setiap daerah, pengrajin, warna, bahkan setiap lekukan garis punya pesan tersendiri. Tak terkecuali, batik Jogja. Diantaranya:

    • Motif Cuwiri, secara bahasa memiliki arti kecil-kecil. Harapan motif ini ialah agar setiap pemakainya akan selalu pantas sekaligus dihormati.
    • Sidomukti, coraknya memang terkesan abstrak. Namun, makna batik ini ialah perlambangan dari kecukupan juga kebahagiaan.
    • Motif Kawung, merupakan batik yang identik dengan keluarga kerajaan. Alasannya, ialah karena kawung merupakan lambang dari keperkasaan dan keadilan.
    • Pamiluto, berasal dari kata pulut yang berarti perekat. Corak pada batik ini melambangkan ketertarikan. Oleh karena itu, banyak digunakan sebagai busana pertunangan.
    • Motif Parang Kusumo, memiliki arti bunga mekar. Diharapkan setiap pemakainya dapat selalu tampil indah nan menawan.
    • Ceplok Kasatrian, sarat akan kesan gagah meski dulu biasa dipakai oleh kaum menengah kebawah.
    • Motif Karawitan, batik ini banyak digunakan oleh para tetua karena memiliki makna tentang kebijaksanaan.
    • Truntum, biasa dipakai oleh para wali/mertua pengantin dalam adat Jawa. Kata Truntum berasal dari kata tuntun, sehingga diharapkan setiap pemakainya dapat menuntun sang calon pengantin.
    • Motif Ciptoning, memiliki makna pengharapan bahwa setiap pemakainya dapat menjadi orang bijak, mampu memberi petunjuk menuju jalan kebenaran.
    • Tambal, makna terkandung didalamnya ialah pengharapan kesembuhan atau pemberi semangat baru. Konon, apabila menjadikan kain jenis ini sebagai selimut ketika sakit, maka akan lekas sembuh.
    • Motif Slobok, berasal dari kata lobok atau longgar. Kain ini biasa digunakan ketika hendak pergi melayat. Harapannya, agar orang yang meninggal diberikan kelonggaran ketika mengahadap Sang Pencipta.
    • Parang Rusak Barong, dulu biasa digunakan para satria untuk berperang. Diharapkan, ketika mengenakan kain ini, kekuatan sang kesatria dapat berlipat ganda.
    • Motif Udan Liris, memiliki arti hujan gerimis. Dimana hujan merupakan lambang kesuburan.
    Macam-macam batik jogja dan maknanya
    Batik Jogja sangat banyak ragamnya. Jika ditelusuri satu persatu, mungkin sekitar ratusan atau bahkan ribuan dapat ditemukan. Berikut adalah lima jenis batik paling digandrungi oleh pecinta kain seni berikut makna lengkapnya:

    Batik Jogja Kawung.
    Pola pada Kawung merupakan penggambaran dari buah kolang-kaling. Sebagian juga menyebutkan bahwa pola ini terinspirasi dari kumbang Kuwangwung. Dimana keduanya sama-sama memiliki bentuk bulat lonjong. Bulatan-bulatan ini biasanya terdiri dari empat buah bulatan mengelilingi satu titik pada bagian tengah. Tersusun rapi secara geometris melambangkan keperkasaan dan keadilan pemakainya. Oleh karena itu, kain ini banyak dikenakan para pejabat kerajaan pada zaman dahulu.

    Batik Parang Kusumo.
    Parang Kusumo dalam falsafat Jawa mempunyai makna bahwa hidup harus dilandasi dengan sebuah perjuangan. Perjuangan guna mencari kebahagiaan lahir dan batin. Selain itu, bermakna bagaimana hidup memberi manfaat dalam masyarakat. Hal ini sesuai dengan perlambangan bunga mekar dalam pola kain. Perjuangan mulai dari kuncup hingga mekar, kemudian memberikan bau harum pada sekitarnya.

    Batik Jogja Truntum.
    Truntum merupakan perumpamaan sebuah simbol cinta tulus tanpa syarat antara sepasang pengantin baru. Dengan harapan semakin lama kebersamaan diantara kedua mempelai, semakin subur pula cinta diantara keduanya. Hingga kemudian rasa cinta tersebut kekal abadi. Karena maknanya yang mendalam, Truntum lebih sering digunakan oleh orang tua pengantin pada saat hari pernikahan berlangsung. Harapannya, agar mereka mampu menjadi penuntun bagi pasangan pengantin dalam menjalani sebuah hubungan.

    Batik Pamiluto.
    Bila Truntum digunakan oleh orang tua pengantin, maka Pamiluto adalah kain yang dikenakan calon pengantin pada saat pertunangan. Pamiluto berasal dari kata Pulut dimana memiliki arti sebagai perekat. Harapannya, menjaga hubungan antara kedua mempelai agar tidak mudah terlepas.

    Batik Jogja Tambal.
    Tambal pada dasarnya lebih banyak digunakan sebagai kain Panjang. Ada kepercayaan unik dibalik kain ini. Yaitu apabila kain ini digunakan sebagai selimut tidur oleh orang sakit, maka sakitnya akan cepat sembuh. Apalagi jika digunakan ketika malam hari. Konon, kain bermotif Tambal dapat memberikan kehangatan bagi pemakainya. Sesuai dengan makna dari kata Tambal sendiri. Yaitu sebagai penutup atau pemberi semangat baru.

    Cara pembuatan batik jogja
    Salah satu faktor banyaknya filosofi terkandung dalam batik Jogja ialah alur pembuatannya yang cukup rumit. Kurang lebih, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

    • Proses pertama ialah Molani. Molani merupakan proses penggambaran pola awal menggunakan pensil atau alat tulis halus lainnya.
    • Setelah Molani, barulah pengrajin mulai melukis kain menggunakan canting. Proses pelukisan dilakukan persis mengikuti pola Molani sebelumnya.
    • Selanjutnya, sisa kain yang masih berwarna putih akan ditutup dengan lilin malam. Hal ini berfungsi untuk mencegah bagian tersebut tidak menyerap warna ketika hendak dilakukan proses pewarnaan.
    • Tahap berikutnya ialah proses pencelupan kain ke dalam cairan pewarna.
    • Nah setelah pewarnaan, proses selanjutnya akan kembali ke pelukisan dengan canting. Kemudian ditutupi lilin malam lagi, dan juga pewarnaan lagi. Begitu seterusnya hingga pola yang diinginkan selesai digambar utuh.
    • Berulah setelah itu dilakukan proses nglorot, dengan cara merebus kain ke dalam air hangat. Fungsinya ialah untuk meluruhkan sisa sisa lilin malam pada kain.
    • Proses terakhir ialaha mencuci batik, kemudian dikeringkan.
    Sumber : albatique.id
     
  2. bimo pamungkas

    bimo pamungkas Member

    Joined:
    Apr 2, 2018
    Messages:
    28
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    gambar motifnya kaya gimana kak, penasaran saya ??
     
Loading...

Share This Page