Pentingkah Software Akuntansi bagi bisnis?

Discussion in 'General Business' started by SEOnewbies, Jun 25, 2018.

  1. SEOnewbies

    SEOnewbies New Member

    Joined:
    Oct 18, 2017
    Messages:
    9
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Kadang menyita waktu jika transaksi keuangan secara manual dilakukan pada lembaran kertas hijau besar yang disebut buku besar. Untungnya bagi pemilik bisnis, software akuntansi membantu membuat akuntansi menjadi efisien, akurat, dan patuh. Memilih software akuntansi terbaik adalah pertimbangan utama bagi
    setiap pemilik bisnis atau manajemen profesional sebagai prioritas utama.

    Fungsi
    Software akuntansi menyimpan transaksi bisnis ke dalam berbagai akun yang ditentukan berdasarkan jenis transaksi dan kategori. Pendapatan dan pengeluaran adalah dua jenis transaksi yang disimpan dalam software akuntansi. Contoh kategori termasuk biaya penggajian dan perlengkapan kantor. Daftar lengkap semua transaksi yang dicatat berdasarkan jenis dan kategori disebut sebagai buku besar umum.

    Jenis
    Software akuntansi umumnya diklasifikasikan menjadi dua jenis. Tipe pertama ditujukan untuk profesional akuntansi yang memiliki pemahaman yang jelas tentang akuntansi buku besar. Tipe kedua ditujukan untuk pemilik bisnis yang tidak memiliki apa-apa kecuali pengetahuan dasar akuntansi. Software accounting juga dapat spesifik pemogramannya sesuai industri bisnis.

    Fitur
    Software akuntansi membagi fungsi ke dalam modul yang merupakan standar untuk software atau dibeli secara terpisah. Hutang dan piutang usaha adalah contoh dari dua modul yang biasanya merupakan bagian dari paket akuntansi standar. Payroll dan manajemen persediaan adalah contoh modul tambahan yang mungkin Anda beli secara terpisah. Beberapa aplikasi akuntansi diinstal langsung di komputer atau jaringan pribadi Anda, sementara software lain diakses menggunakan Internet.

    Pertimbangan
    Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika memilih program akuntansi adalah tingkat pendidikan/kemampuan orang yang akan menggunakan software tersebut. Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah fungsionalitas dan biaya. Ketika menghitung total biaya investasi, jangan lupa untuk membolehkan biaya konversi, biaya dukungan teknis, dan biaya perpanjangan tahunan. Kurva belajar juga merupakan pertimbangan penting ketika memilih pemograman akuntansi. Omset mahal dan software dengan kurva belajar yang curam dapat membuat biaya perputaran meningkat secara dramatis.

    Manfaat
    Software akuntansi menghilangkan redundansi yang pernah ada dalam fungsi akuntansi. Misalnya, setelah informasi vendor dimasukkan ke dalam modul hutang, informasi tidak harus dimasukkan lagi terlepas dari berapa banyak cek yang Anda keluarkan ke vendor itu. Pada sentuhan tombol, program akuntansi juga dapat menghasilkan laporan keuangan yang rumit seperti laporan laba rugi, neraca dan laporan arus kas.

    Menguji keunggulan software
    Banyak produsen software menyediakan versi uji coba produk mereka. Buat demo transaksi akuntansi harian dan uji mereka dalam setiap versi uji coba yang Anda pertimbangkan. Jika versi demo tidak tersedia, tanyakan perwakilan penjualan untuk demonstrasi langsung dan berikan mereka untuk menguji kegunaan produk di bisnis Anda. Mintalah perusahaan untuk menunjukan referensi klien, yang sesuai dengan bisnis Anda.

    Salah satu software yang menyediakan demo produk : http://limaxsoftware.com/request-demo.php
     
    masdeal likes this.
  2. masdeal

    masdeal Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    35
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    menurut saya, software akutansi sangat penting bagi kemajuan bisnis di zaman sekarang ini dengan mudah nya semua orang mengakses berbagai informasi di mesin pencari hal ini seharusnya menjadi peluang besar bagi para bussiness man untuk mempromosikan bisnis nya salah satu caranya dengan aplikasi software selain itu juga memudahkan kita dalam bertransaksi tanpa harus menggunakan uang cash jika memang tertinggal dan juga menyimpan data, menghitung dan menyediakan tools untuk keumudahan yang lainnya.
     
  3. Surya Semesta

    Surya Semesta Member

    Joined:
    Jul 11, 2018
    Messages:
    43
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    software akuntansi sangat penting bagi perusahaan gans
     
Loading...

Share This Page