Pro dan Kontra Seputar Genteng Metal

Discussion in 'Arsitektur' started by akharisma, May 18, 2018.

  1. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    - Welcome To My Thread -
    Pro dan Kontra Seputar Genteng Metal.JPG
    Genteng metal merupakan salah satu dari banyak jenis genteng yang mulai populer saat ini. Karena genteng metal sudah banyak digunakan untuk bangunan. Genteng metal juga terkenal akan kekuatan dan ketahanannya dalam jangka waktu yang lama.

    Genteng metal terbuat dari plat baja galvanis yaitu bahan baja yang dilapisi zinc. Kombinasi lapisan galvanis dan lapisan zinc memberikan perlindungan ganda terhadap plat baja genteng metal. Genteng metal terbagi menjadi 2 jenis, genteng metal polos dan genteng metal berpasir.

    Banyak orang yang pro dan kontra dengan genteng metal. Mereka yang pro, biasanya memilih genteng metal karena kekuatannya. Dan yang kontra, biasanya membahas masalah genteng metal yang menimbulkan suara bising ketika hujan.

    5 Kelebihan Genteng Metal :

    1. Daya Tahan yang Tinggi

    Dengan pemasangan yang benar, genteng metal dapat bertahan hingga bertahun-tahun walaupun rumah anda diterpa angin kencang dan digoncang oleh gempa. Genteng ini juga tahan terhadap karat, karena bahan materialnya terbuat dari zincalume.

    2. Tahan Api dan Tidak Membesarkan Api
    Bahan material genteng metal terbukti tahan api dan tidak bersifat membesarkan api (combustible). Ini membuat resiko dari kebakaran pada rumah anda semakin kecil.

    3. Ringan
    Genteng metal memiliki bobot yang sangat ringan, yaitu sekitar 25 sampai 75 kg per m2, sedangkan genteng keramik berbobot kurang lebih 375 kg per m2. Dengan bobot yang sangat ringan, maka pekerjaan pemasangan genteng metal dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, serta biaya tenaga kerja dapat lebih hemat. Genteng metal jika dikombinasikan dengan rangka atap baja ringan maka akan menghasilkan struktur atap yang kokoh.

    4. Anti Bocor
    Genteng metal sudah didesain anti bocor, bahkan apabila hujan sangat deras menerpa. Permukaannya yang sangat keras dan licin dapat mengalirkan air hujan dengan baik.

    5. Insulasi Panas yang Baik
    Genteng metal mampu meredam panas lebih baik dari genteng biasa karena baja galvalume memantulkan 70 % sinar ultra violet.

    Tak ada gading yang tak retak. Seperti itu juga genteng metal, dengan kelebihan-kelebihannya diatas. Genteng metal juga memiliki beberapa kekurangan.

    4 Kekurangan Genteng Metal :

    1. Biaya

    Pada beberapa daerah di Indonesia, harga genteng baja ringan dapat lebih mahal daripada genteng lainnya. Hal tersebut terjadi karena adanya faktor produksi dan distribusi di daerah masing-masing.

    Sebagian orang yang memiliki anggaran terbatas akan berpikir dua kali sebelum memilih genteng metal. Namun, perlu anda ingat bahwa membeli genteng metal sama dengan berinvestasi panjang terhadap rumah anda.

    Mahal mungkin hanya di awal saja, namun bisa jadi anda tidak akan perlu mengganti genteng Anda hingga 20 tahun ke depan. Hemat bukan?

    2. Berisik

    Kekhawatiran banyak orang terhadap genteng metal adalah suaranya yang berisik ketika terkena hujan. hal ini memang benar adanya. Tetapi hal ini bukanlah masalah yang besar. Anda dapat menggunakan plafon akustik, atau juga dapat menambahkan material insulasi suara di antara genteng dan kuda-kuda.

    3. Perlu Berhati-Hati Ketika Melakukan Perawatan

    Ada kalanya ketika Anda terpaksa harus naik ke atas genteng untuk memperbaiki antena TV atau memeriksa kondisi talang, maka berhati-hatilah ketika menginjakkan kaki di atas genteng metal karena bobotnya yang sangat ringan tersebut. Seperti halnya pada poin-poin sebelumnya, kekurangan ini bukanlah hal yang besar. Toh Anda tidak akan berjalan di atas atap sesering mungkin bukan?

    4. Bahaya Petir, Apakah Benar?

    Beberapa orang menganggap bahwa genteng metal mempunyai resiko tersambar petir. Benarkah? Banyak dokumentasi yang menunjukkan bahwa petir menyambar pepohonan atau obyek lain yang lebih tinggi dari rumah, tidak menyambar rumah bergenteng mental. Jadi hal tersebut adalah kekhawatiran belaka. Namun untuk berhati-berhati memang sebaiknya gunakan alat proteksi terhadap petir pada atap rumah Anda.

    Setelah memahami fakta seputar kelebihan dan kekurangan genteng metal, maka anda telah mempunyai bekal informasi yang cukup sebelum membeli gentang metal untuk rumah anda. Tentu akan lebih baik apabila anda juga berkonsultasi dengan ahli genteng baja ringan atau aplikator baja ringan yang dapat membimbing Anda mendapatkan produk genteng metal dengan kualitas terbaik.

    Sumber : Klik Disini
     
  2. duhil

    duhil New Member

    Joined:
    Jul 16, 2014
    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    ngomong-ngomong tentang genteng metal, apa bisa manahan insulasi dari panas dan juga dapat meredamkan suara?
     
  3. Sterno Pena

    Sterno Pena New Member

    Joined:
    Sep 21, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Klo kesetrum bisa merambat mas, soalnya metal :)

    Sent from my A1601 using Tapatalk
     

Share This Page