CARA BERFIKIRIR KREATIF Menurut Djohan Darmady

Discussion in 'Programming' started by dinamidah, Aug 9, 2018.

  1. dinamidah

    dinamidah New Member

    Joined:
    Jul 26, 2018
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    3
    Kreatif adalah salah satu kemampuan manusia untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang baru/unik dan menghasilkan pemikiran yang berguna bagi kehidupan manusia sehingga dapat terus berkembang.

    Kebanyakan orang berpikir bahwa proses berpikir kreatif itu terjadi secara ajaib (datang dari langit atau sebagainya), mereka menganggap kreatif itu adalah bakat bawaan atau kemampuan super dari otak kanan manusia. Padahal banyak sekali karya-karya kreatif di dunia (termasuk Indonesia) yang lahir dari tangan seorang yang analitis (mereka yang sangat mengandalkan otak kirinya).

    Jika Anda bertanya-tanya “Bisa ga saya jadi orang kreatif? Saya sebelumnya ga pernah membuat karya apapun, dan tidak mengerti banyak tentang kreativitas.” jawabannya: BISA BANGET.

    Kita tidak akan belajar yang rumit-rumit menggunakan teori bla.bla.bla atau membahas apa itu kreatif dan semacamnya. Kita akan mempelajari secara singkat & padat apa yang diperlukan untuk seseorang supaya menjadi pribadi yang lebih kreatif.


    1. There’s nothing new under the sun

    Apa maksudnya? Artinya tidak ada sesuatu yang baru didunia ini, hanya saja kita melakukannya dengan cara yang berbeda. Semua orang lahir kedunia ini tidak tahu apa-apa (kosong) dan apa yang ada dipikiran kita (isi) lahir dari masukan eksternal seperti: keluarga, lingkungan, sekolah, alam, internet, pengalaman diri sendiri dan orang lain.

    Kreatif itu bukanlah menciptakan hal yang baru, tetapi melakukan sesuatu yang sudah ada dengan cara/metode/kombinasi yang baru.

    Jadi jika Anda bertanya bagaimana cara untuk menjadi kreatif, maka perbanyaklah isi (pikiran) Anda, dengan mencoba berbagai hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebanyak-banyaknya, belajar dari pengalaman orang lain, membaca buku, aktif berorganisasi atau sekedar iseng-iseng bermain dengan hal-hal baru. Apapun itu akan menjadi isi dikepala Anda dan semakin banyak isi kepala Anda semakin besar pula kemungkinan untuk Anda menciptakan cara-cara baru untuk menyelesaikan masalah yang ada.

    Steve jobs juga mengatakan bahwa sebenarnya kreatif itu hanyalah “connecting the dots” (menghubungkan titik-titik) atau menggabungkan apa yang sudah ada. Justru mereka yang memiliki kemampuan analitis yang baik (otak kiri) kemungkinan besar dapat berpikir kreatif dengan lebih mudah karena bagi mereka kreativitas itu sama seperti bermain puzzle. Karena itu salah satu kunci untuk menjadi kreatif adalah dengan memperkaya “pengalaman” Anda sehingga kesempatan Anda untuk mengkombinasikan sesuatu juga akan semakin banyak.

    2. Good artist copy, great artist steal

    great artist steal. Apa maksudnya?

    Artinya mencurilah seperti seorang seniman. Bukan berarti Anda mencuri hak cipta atau paten seseorang. Semua orang didunia ini adalah pencuri (atau lebih tepat dikatakan peniru), sikap dan karakter Anda adalah “hasil curian” dari orang-orang yang Anda kenal entah itu orang tua, keluarga, teman, sosok idola, artis/guru/pahlawan dan sebagainya. Kita semua adalah peniru, gaya bicara kita, penampilan kita, gaya kita, termasuk cara kita berpikir semuanya secara tidak langsung dipengaruhi oleh orang lain.

    Tidak ada yang salah dengan menjadi peniru, yang salah adalah kalau kita hanya meniru 1 individu mentah-mentah (copy 100%), dan tidak berinovasi/berkembang dengan cara kita sendiri. Karena hampir semua orang sesungguhnya merupakan hasil tiruan dari beberapa individu (hanya saja kita tidak tahu/menyadarinya).

    Sama seperti poin pertama, dengan mencuri layaknya seniman, maka mencurilah dengan benar, lihat apa yang ada, terima dan jadikan masukkan untuk isi pikiran Anda, dan kembangkan dengan cara Anda sendiri, atau gabungkan dengan hasil curian Anda yang lain.

    Perhatikanlah bisnis-bisnis yang ada di Indonesia, sebagian besar hanyalah “model bisnis” yang sudah berjalan stabil diluar negeri dan dibawa untuk diaplikasikan serta diadaptasikan dengan budaya Indonesia sehingga terlihat fresh dan baru.

    Atau lihatlah program-program televisi/acara yang ada, kebanyakan juga hanyalah mengadaptasikan apa yang sudah ada diluar untuk dibawa masuk ke Indonesia dan dikembangkan sesuai dengan keinginan masyarakat kita.
     
  2. Yudhi

    Yudhi New Member

    Joined:
    Oct 5, 2017
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    semua orang bisa menjadi kreatif meskipun tidak pintar.

    tapi kenyataannya jarang didapati orang yg kreatif.
     
Loading...

Share This Page