Cara Mengamankan Ponsel Pintar Android dari Peretasan

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by Tirah Wawas, May 22, 2018.

Tags:
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    315
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Kali ini kami membuat artikel yang dapat digunakan untuk membantu mengamankan ponsel Android dari peretasan. Ikutilah beberapa trik sederhana dibawah ini untuk melindungi ponsel pintar dari peretas.

    Ponsel Pintar Android yang Diretas Bisa Menjadi Berbahaya

    • Seorang peretas dapat dengan mudah mengakses data pribadi pengguna melalui perangkat Android.
    • Peretas dapat menggunakan detail pribadi pengguna sebagai bukti di situs yang berbeda dan juga menggunakannya di jaringan media sosial.
    • Peretas dapat mengakses detail rekening bank dan kata sandi akun pengguna
    • Peretas dapat memata-matai aktivitas sehari-hari pengguna dan dapat memiliki log aktivitas lengkap pengguna.

    Langkah Untuk Mengamankan Android dari Peretasan

    Berikut ini beberapa langkah yang dapat membantu pengguna dengan mudah mengamankan perangkat Android mereka dari peretasan, oleh karena itu ada baiknya menerapkan semua metode ini untuk mengamankan perangkat ponsel.

    Jangan Menyimpan Password di Browser

    [​IMG]

    Banyak pengguna ponsel pintar Android cenderung menyimpan kata sandi mereka di layanan dan situs online. Namun, mungkin tidak terpikir oleh mereka jika peretas berhasil mendapatkan ponsel pengguna di tangan mereka, maka mereka dapat mengakses semua akun dengan bantuan kata sandi yang disimpan. Untuk itu pastikan untuk tidak menyimpan semua kata sandi penting layanan dan situs online di browser.

    Manfaatkan Sistem Keamanan yang Telah Tersedia di Perangkat Android

    [​IMG]

    Pengguna juga dapat memanfaatkan sistem keamanan yang ada di perangkat Android untuk menghindari peretasan. Pengguna dapat memilih dari berbagai opsi kunci layar seperti kata sandi, PIN, Pola atau sistem pengenalan Wajah, sidik jari.

    Dengan menggunakan sistem keamanan tersebut membantu memperkuat keamanan perangkat. Jika pengguna memilih untuk menggunakan pin atau pola, pastikan untuk membuatnya serumit mungkin sehingga peretas tidak dapat dengan mudah menebak kata sandi / pin Anda.

    Hindari Penggunaan Aplikasi dari Pihak Ketiga

    [​IMG]

    Aplikasi apa pun yang diunduh dari situs yang tidak resmi dapat menimbulkan resiko adanya peretasan. Tidak diragukan lagi pengguna bisa mendapatkan sejumlah aplikasi gratis tetapi banyak virus dalam aplikasinya. Jadi lebih baik tidak mengunduh aplikasi dari pihak ketiga dan hanya Google Play Store untuk mengunduh aplikasi.

    Periksa Aplikasi Apa Saja yang Ada di Ponsel Pintar

    [​IMG]

    Bisa saja pengguna ponsel pintar Android telah memasang aplikasi atau game yang terlihat dapat dipercaya dari situs resmi. Namun, ternyata pada pembaruan berikutnya bisa saja aplikasi tersebut berubah menjadi alat pemalsuan data. Jadi akan sangat baik untuk meluangkan waktu dua menit untuk memeriksa semua aplikasi yang sudah dipasang pada ponsel pintar Android. Untuk Android, buka Pengaturan> Aplikasi untuk melihat semua aplikasi yang sudah terpasang. Apabila ditemukan sesuatu yang mencurigakan, pastikan untuk segera menghapusnya.

    Gunakan Setelan Data Enkripsi

    [​IMG]

    Cara terbaik untuk mengamankan ponsel pintar Android adalah dengan mengenkripsi semua yang terkait dengan keamanan dengan passkey yang kuat. Ini akan sangat membantu pengguna untuk melindungi ponsel pintar Android dari akses yang tidak diinginkan untuk mengamankan semua data dan privasi pengguna.

    Pastikan Semua Aplikasi Selalu Diperbaharui

    [​IMG]

    Pembaruan sistem dan aplikasi di perangka Android selalu disertai dengan beberapa fitur baru dan perbaikan untuk bug yang mungkin ada di versi sebelumnya. Jadi apabila pengguna tidak memperbarui perangkat mereka, maka peretas dapat memanfaatkan bug tersebut untuk dapat meretas perangkat Android.

    Jangan Simpan Password di Aplikasi Apa Pun

    [​IMG]

    Pada perangkat Android, ada baiknya untuk memisahkan sinkronisasi aplikasi dengan satu sama lain sehingga tidak menyimpan kata sandi di salah satu aplikasi pihak ketiga karena ini dapat dengan mudah diketahui oleh aplikasi lain.

    Jangan Menggunakan Wi-Fi Gratis/ di Tempat Umum

    [​IMG]

    Wi-fi gratis dapat dengan mudah di-bypass semua sistem keamanannya oleh peretas, sehingga dengan mudah mereka meretas perengkat Android dan mengakses data pribadi penggunanya.


    Hapus Riwayat/Cache Browser Secara Rutin

    [​IMG]

    Riwayat dan cache dapat menyimpan cookie yang mungkin berisi detail login pribadi pengguna jadi ada baiknya untuk menghapusnya secara rutin.

    Matikan Bluetooth

    [​IMG]

    Perangkat Android dapat dengan mudah diretas melalui Bluetooth, oleh karena itu lebih baik Bluetooth tidak aktifkan. Peretas memiliki berbagai metode untuk meretas perangkat Android dan melalui Bluetooth adalah salah satu caranya. Oleh karena itu, pastikan untuk mematikan Bluetooth.

    Manfaatkan Find My Device dari Google

    [​IMG]

    Find My Device (Temukan Perangkat Saya) adalah layanan yang disediakan Google untuk membantu penggunanya menemukan ponsel mereka dalam kasus pencurian. Apabila baru-baru ini ada pengguna yang kehilangan ponselnya, maka bisa saja ponselnya berakhir di tangan peretas. Peretas dapat melakukan lebih banyak kerusakan daripada yang dapat kita bayangkan.

    Bayangkan saja data sensitif yang disimpan pengguna di ponsel pintar mereka. Peretas dapat memanfaatkannya untuk mengancam seseorang. Jadi, sebaiknya gunakan layanan Google Find My Device nantinya akan membantu pengguna mengunci ponsel setiap kali mereka merasa perlu.
     
  2. Silaen Medan

    Silaen Medan Member

    Joined:
    Dec 31, 2017
    Messages:
    153
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    terima kasih info nya bro.....
     
  3. Tri Setiawan

    Tri Setiawan Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    290
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Wah bahaya peretasan harus selalu di cek nih hape nya,
    makasih infonya :)
     
  4. Hari

    Hari Member

    Joined:
    May 14, 2014
    Messages:
    97
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Download sembarangan ternyata berbahaya ya, di google play store yang paling aman. Oh WiFi gratis juga berbahaya
     
  5. Info Tekno

    Info Tekno New Member

    Joined:
    Aug 18, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ternyata tidak harus asal download saja yah bisa berbahaya rupanya.
     
  6. adiproject

    adiproject Member

    Joined:
    May 5, 2014
    Messages:
    115
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
  7. Dudu

    Dudu Guest

    zaman dulu lewat bluetooth yg sering kebobolan, kalo sekarang sih smartphone udah pada pinter ye jadi kayaknya aman2 aj sih
     
  8. Rendy Syahid

    Rendy Syahid New Member

    Joined:
    Aug 16, 2018
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Harus berhati-hati ya tetap walau sekarang handphone sudah pintar juga.
     
Loading...

Share This Page