Motif Batik Ini Sukses Promosikan Wisata Indonesia

Discussion in 'Tourism' started by Wahyu Simplyland, Sep 7, 2018.

  1. Batik telah menjadi salah satu identitas bagi negara Indonesia di mata dunia. Kali ini telah kembali batik dimodifikasi dengan tetap mempromosikan Indonesia terutama dari sisi pariwisatanya.
    [​IMG]

    Yaitu Entin Gartini, desainer asal Indonesia yang memiliki ide dalam menampilkan Batik Ombak di Indonesian Fashion in Ottawa 2018 di Negara Kanada. Sebanyak 12 koleksi busana siap pakai ini terbukti mencuri perhatian warga Kanada yang hadir di Horticulture Building, Lansdowne Park, Ottawa, Kanada.

    Awalnya, Batik Ombak ini hadir untuk sketsa dari gagasan Entin yang di terapkan dalam pola batik tulis. Dalam pengerjaannya, Entin berkolaborasi dengan pengrajin batik asal Yogyakarta. Entin pun memilih pengrajin dari desa kecil yang tentu belum komersial.

    Terinspirasi Keindahan Laut Nusantara

    Busana batik ombak rancangan desainer asal Indonesia Entin Gartini di Indonesian Fashion in Ottawa 2018. Sementara motif ombak terinspirasi dari kekaguman Entin pada keindahan laut nusantara. Entin pun ingin membagi keindahan laut Indonesia pada warga Kanada lewat busana. Apalagi sang desainer kini bermukim di Kanada dan selalu merindukan keindahan laut di kampung halamannya.

    "Deburan ombak itu seperti energi dalam menuangkan ide-ide kreatif. Harapan kami, Batik Ombak dapat memprosmosikan pariwisata alam Indonesia ke masyarakat Kanada," ujar Entin Gartini, ketika memberikan keterangan lewat videocall.

    Dilihat dari busana yang ditampilkan, sang desainer memilih palet vibrant dan tidak takut menabrakkan warna. Ternyata maksud pemilihan warna yang berani adalah gambaran budaya Indonesia.

    Warna Menampilkan Kemewahan


    Duta Besar RI untuk Kanada, Dr. Teuku Faizasyah
    Meski tanpa detail manik, perhiasan, dan bunga, ia tetap menghadirkan kemewahan dalam tiap potongan busananya. Selain dari pemilihan warna, ia juga menerapkan cutting yang beraneka ragam.

    "Karena tidak tertarik perhiasan, kami membuat desain yang mewah. kami tuangkan permainan pola cutting dan detail pinggir kain yang hampir semuanya dilapisi. Sehingga warnanya lebih tegas dan membuatnya tampak mewah," ujar wanita asal Semarang ini.

    Busana rancangannya yang terinspirasi dari salah satu anime Princess Warrior cocok untuk meningkatkan rasa percaya diri para wanita. Seperti kepercayaan diri sang desainer yang ingin meluaskan karyanya ke perhelatan mode New York Fashion Week 2019 untuk menyebarkan keindahan alam Indonesia.

    Batik Jogja / Batik Tulis / Jual Batik Jogja
     
  2. Fahmi Alfarizi

    Fahmi Alfarizi Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    272
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
  3. Silaen Medan

    Silaen Medan Member

    Joined:
    Dec 31, 2017
    Messages:
    153
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Batik khusus kayaknya.....
     
  4. Nusatour

    Nusatour Member

    Joined:
    Mar 1, 2018
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page