Untung dan rugi menggunakan unmanaged VPS

Discussion in 'Site & Server Administration' started by kebro, Sep 5, 2016.

Tags:
  1. kebro

    kebro New Member

    Joined:
    Aug 26, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Menggunakan VPS hosting yang dikelola(managed) VS yang tidak dikelola(unmanaged) bisa menjadi pilihan yang dilematik bagi user yang tidak menguasai IT skill terutama pengetahuan tentang server. Meskipun keduanya sama-sama produk fisik, perbedaan ketika memiliki orang yang fokus mengelola VPS hosting milikmu dengan mengerjakan semuanya sendiri akan menjadi sangat dramatis. Mengelola VPS hosting sendiri juga sebaiknya disertai dengan bekal pengetahuan yang cukup setidaknya kita harus menguasai basic server dan jaringan . Untuk itu berikut ini ada beberapa Untung dan rugi menggunakan unmanaged VPS yang bisa menjadi pertimbangan untukmu.

    Kerugian unmanaged VPS

    Ada harga ada rupa, mungkin perkataan itu yang harus selalu diingat ketika akan memutuskan hosting untuk website bisnismu. Ketika kamu menggunakan jasa teknisi sembarangan asalkan bisa lebih hemat, tidak ada jaminan bahwa orang tersebut memang ahli dan memiliki sertifikasi IT yang professional ataupun teknisi IT bersertifikasi tetapi kinerja nya jauh dari standar seorang profesional IT. Lain halnya dengan managed VPS yang memberikan servis terbaiknya hingga ke teknisi ahli yang mengerjakan.

    Jika hal ini terjadi, bukannya hemat, salah-salah kamu malah akan rugi besar dan megorbankan bisnismu yang harus gulung tikar. Karena hal ini banyak klien yang akhirnya mengesampingkan semua keuntungan dari unmanaged VPS hosting, meskipun terlihat sangat menggiurkan. Mendapat jaminan pekerja professional dari perusahaan menjadi titik beratnya. Biaya yang dikeluarkan memang lebih mahal, tapi kamu juga akan mendapat lebih.

    Keuntungan Unmanaged VPS

    Orang yang memilih VPS jenis ini biasanya adalah mereka yang memiliki pengetahuan tentang server dan jaringan dan sangat mampu untuk menanganinya sendiri. Termasuk untuk urusan instalasi OS (operating system). Beberapa perusahaan akan memberikan template cara mudah instalasi OS, namun klien harus membayar lebih untuk itu. Tentunya banyak yang akan memilihunmanaged VPS hosting karena perbedaan biayanya yang cukup besar. Paket unmanaged VPS hosting bisa membebankan harga lebih besar dari pada managed VPS. sebagai perbandingan VPS dengan recource Ram memory 1 giga Digitalocean mengenakan tarif $10/bulan sedangkan Cloudways $15/bulan untuk jasa managed VPS nya. Perbedaan jelas bisa kita lihat dari jumlah interaksi dan bantuan yang didapat versus uang yang harus dikeluarkan. Ini merupakan rasio yang akurat terkait customer service.

    [​IMG]
    Namun banyak perusahaan berbudget rendah yang menggunakan layanan hosting ini dan kemudian mencari sendiri orang yang ahli untuk mengelolanya dengan harga yang terjangkau. Ada biaya yang bisa ditawar untuk teknisi yang mengerjakannya. Karena biaya unmanaged VPS hosting yang sangat murah di bandingkan managed VPS, ini tentunya akan sangat menguntungkan untuk bisnismu.

    Pertimbangkan keputusan dengan matang

    Unmanaged VPS hosting bisa digunakan untuk semua jenis OS, tergantung pada kebutuhan dan biaya yang dikeluarkan penggunanya. Harga paket Linux adalah yang paling murah karena OSnya open-source dan murah, sedangkan OS untuk Mac kebalikannya. Perusahaan dan individu yang sedang bingung menetapkan VPS hosting sangat perlu untuk mempertimbangkan betapa lama dan sulitnya resiko menggunakan VPS hosting yang tidak dikelola(unmanaged), meskipun lebih murah dan lebih flekisibel, tapi produknya belum tentu terjamin. Seperti pada poin sebelumnya, selalu ingat bahwa biaya dan kualitas yang didapat akan selalu berbanding lurus. Semakin rendah biaya yang dikeluarkan, hasil dan kualitas yang didapat juga akan semakin rendah. jadi sekali lagi, untung dan rugi menggunakan unmanaged VPS semua tergantung pada pilihan apakah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita jadi bijaklah dalam memilih. Cheap Managed Hosting


    Sumber : http://info4you.website/untung-dan-rugi-menggunakan-unmanaged-vps/
     
    Last edited by a moderator: Sep 5, 2016
  2. Orang Ganteng

    Orang Ganteng New Member

    Joined:
    Nov 17, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    saya masih belum mudeng perbedaan managed vps dan unmanaged vps
     
  3. Blackboo

    Blackboo New Member

    Joined:
    Dec 6, 2018
    Messages:
    67
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    managed vps : Vps nya di kelola oleh yang jual.
    unmanaged vps: Vps nya dikelola sendiri, jadi kalau ada error harus mandiri perbaiknya.
     
  4. pluto01

    pluto01 Member

    Joined:
    May 18, 2015
    Messages:
    497
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    Simplenya, managed VPS ini diperuntukan untuk mereka yang belum begitu paham dan menguasai teknisnya dan atau mereka yang tdk ingin menghabiskan waktunya untuk hal teknis dan maintenance namun ingin fokus ke yg lain, namun ingin menggunakan secara resource lebih dari shared hosting dan atau dgn kebutuhan tertentu. Sehingga untuk setup dan configurasi diproses oleh penyedia VPS.
    Untuk unmanaged VPS sendiri kebalikannya, yg mana semua hal teknis dan installasi adalah tanggung jawab penyewa VPS
    Secara biaya sewa tentunya berbeda akan lebih mahal sewa VPS managed karena sdh termasuk jasa managed servicenya
    Selain itu ketentuannya sama

    CMIIW
     
Loading...
Similar Threads - Untung rugi menggunakan
  1. bagusetiawan
    Replies:
    13
    Views:
    3,104

Share This Page