7 Perilaku yang Bikin Utang Makin Menumpuk

Discussion in 'Online Business' started by bintaroweb, May 3, 2016.

  1. bintaroweb

    bintaroweb Member

    Joined:
    Jan 31, 2016
    Messages:
    148
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    utang.jpg
    Jakarta - Siapa yang mau punya tak sedikit utang? Hampir setiap orang tentu mengatakan tidak. Utang terlunasi ibarat lepas dari jeruji.

    Sebab wajib bayar utang setiap bulan, Kamu tak dapat menikmati gaji dengan cara utuh. Apabila utang lunas tentunya Kamu dapat menabung lebih tak sedikit bahkan dapat investasi.

    Tetapi dari tak sedikitnya utang yang wajib dilunasi, tanpa sadar Kamu malah membikin tumpukan utang terus parah. Umpama menunda bayar kartu kredit alias mengambil cicilan mobil padahal cicilan rumah belum lunas.

    Tak hanya itu saja, tindakan-tindakan berikut ini tanpa sadar membikin utang makin menumpuk semacam dikutip dari www.cekaja.com, Senin (2/5/2016).

    1. Tidak memilah bunga yang tinggi

    Susah melunasi utang apabila bunga terlalu tinggi. Satu-satunya tutorial menghindari faktor ini merupakan memilah bunga pinjaman sebelum memutuskan untuk menyetujuinya. Tenor alias lama pelunasan juga mempengaruhi. Terus panjang tenor yang diambil, terus besar bunga yang wajib dibayar.

    2. Arus kas negatif

    Kalau tagihan serta cicilan Kamu lebih besar daripada pemasukan, sangat susah keluar dari jebakan utang. Ada dua tutorial untuk mengoreksi arus kas negatif: mengurangi pengeluaran alias tingkatkan penghasilan. Lebih keren apabila kamu meperbuat keduanya.

    Ada tidak sedikit bisnis yang dapat diperbuat dengan modal minimal. Alias apabila tidak berniat berbisnis, perbuat cara-cara ekonomis belanja untuk mengurangi pengeluaran.

    3. Meningkatkan utang sebab kondisi darurat

    Pastinya meningkatkan utang di saat utang menumpuk bukanlah keputusan bijak. Argumen yang memungkinkan situasi ini terjadi merupakan saat ada pengeluaran tidak terduga yang membikin Kamu terpaksa menggesek kartu kredit.

    Lantas bagaimana tutorial supaya tidak memakai kartu kredit di saat darurat? Jawabannya merupakan mempunyai simpanan darurat.

    4. Tidak memantau sisa utang

    Ada alasan di balik pebisnis sukses yang selalu teliti dalam mengecek laporan bisnisnya. Hal ini demi mendeteksi masalah lebih dini dan mengevaluasi sektor mana saja yang harus diperbaiki.

    Kalau kamu malas mengecek berapa sisa utang dan malas mengontrol kemajuan pembayaran, tandanya kamu juga malas membuat kemajuan dalam utang Anda. Melihat nominal angka yang semakin kecil bisa membuat Anda makin termotivasi untuk melunasi utang.

    5. Ada pengeluaran rahasia

    Kalau kamu punya target melunasi utang, komunikasikan ini pada keluarga sehingga mereka juga bisa ikut berhemat. Misalnya kamu dan suami berusaha melunasi kredit mobil. Namun tanpa sepengetahuan, pasangan Anda menggunakan cicilan kartu kredit untuk membeli smartphone terbaru.

    Bukannya berkurang, yang ada utang malah makin menumpuk. Daripada mendebatkan kebiasaan boros masing-masing, mulai membatasi dengan tegas berapa batas pengeluaran setiap bulan.

    6. Pengeluaran tidak rutin

    Memang mudah membuat anggaran bulanan berdasarkan pengeluaran rutin. Sayangnya pengeluaran tidak rutin yang tidak ada dalam budget yang justru membuat Anda sulit melunasi cicilan. Misalnya hadiah untuk kerabat yang menikah, biaya vaksinasi hewan peliharaan, atau biaya oleh-oleh sepulang liburan.

    7. Menunda melunasi utang

    Melunasi utang memang bukan tugas mudah. Kamu harus mengontrol pengeluaran, harus berkorban dan menahan diri untuk tidak membeli barang yang diidam-idamkan demi melunasi utang.

    Namun godaan terbesar bukan terletak pada hal-hal tersebut, tapi pada memulai. Semakin cepat Anda mulai melunasi, makin cepat juga kamu terbebas dari utang.
     
  2. Arneld Jansen Sofli

    Arneld Jansen Sofli New Member

    Joined:
    Apr 21, 2016
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Bener banget nie , ini yang saya alami sehari hari Den, Yang paling bahaya itu Biaya tak terduga itu tu
     
  3. radhen92

    radhen92 New Member

    Joined:
    Oct 2, 2015
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bener banget om. Penyebab utama utang makin banyak itu 1, gak bisa kontrol keuangan kita dan juga lapar mata. Apa-apa harus beli. Sekalinya uang uda dikit, ngutang deh sana sini. Pas gajian begitu lagi. Siklusnya berulang hahaha
     
  4. Rafa Asoka

    Rafa Asoka Member

    Joined:
    Sep 5, 2015
    Messages:
    628
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    28
    banyak orang yang kaya gini, dan ini efek dari kebutuhan konsumtif. giliran utang banyak, kabur deh
     
  5. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    787
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  6. csul

    csul New Member

    Joined:
    Jun 29, 2018
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wah yang point ke-5 ini nih saya rasa banyak yang mengalami, tiba-tiba kartu kredit sudah limit, yang seharusnya di gunakan untuk melunasi kredit mobil malah dibuat beli smartphone baru. Wkwkwkwk
     
Loading...

Share This Page