Bagaimana Kalau E-commerce Tidak Hadir di Indonesia?

Discussion in 'E-Commerce' started by mustikasari, Oct 12, 2018.

  1. mustikasari

    mustikasari Member

    Joined:
    Dec 20, 2017
    Messages:
    35
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Tidak dapat dipungkiri bahwa industri e-commerce adalah salah satu sektor industri yang berkembang pesat di Indonesia saat ini.

    Dilansir dari Kompas.com, Shopee berhasil menembus 5,8 juta transaksi dalam waktu 24 jam saja saat kampanye “Super Shopping Day” pada 9 September 2018 lalu. Salah satu artikel di Merdeka.com juga menyatakan bahwa Tokopedia mengklaim bahwa mereka melayani 65 juta pengunjung dalam satu hari pada kampanye “Ramadhan Ekstra” dibulan Mei tahun ini. Tak kalah dari itu, Lazada juga memecahkan rekor dengan transaksi sebesar Rp1,6 triliun dalam program “Online Revolution” November tahun lalu (KataData.co.id).

    Secara tidak langsung, pencapaian ini adalah cerminan kuatnya pertumbuhan industri belanja online di Indonesia belakangan ini. Potensi industri e-commerce Indonesia secara keseluruhan diprediksi masih akan tumbuh pesat beberapa tahun ke depan seiring semakin banyak orang menggunakan ponsel untuk berbelanja online.

    Tapi, bagaimana jika suatu ketika industri e-commerce lenyap dari Indonesia? Adakah efek buruknya? Atau justru berdampak positif pada perekonomian kita?

    Tim iPrice memprediksi, setidaknya lima dampak yang akan muncul bila tidak ada denyut e-commerce di Indonesia:

    Pertumbuhan ekonomi akan menurun
    McKinsey & Co. dalam studi mereka memprediksi nilai transaksi industri e-commerce di Indonesia akan meningkat dua kali lipat dalam jangka waktu 4 tahun mendatang. Tahun ini sendiri, jual beli online di Indonesia mampu menghasilkan nilai transaksi sekitar US$8 milyar. Angka tersebut sedikit banyak mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negara, khususnya dari nilai Produk Domestik Bruto (PDB) yang tahun ini meningkat 0,75%. PDB sendiri adalah nilai pasar barang dan jasa yang merupakan haisl produksi sebuah negara, dan kerap digunakan sebagai alat ukur pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

    Selain itu, dilansir dari TheJakartaPost.com, peneliti indef bernama Bhima, mengatakan bahwa dirinya mendukung data dari Badan Pusat Statistik dengan pendapatnya “Sekarang kontribusi (e-commerce) masih kecil, namun memiliki potensi untuk berkontribusi besar dimasa depan.”

    Jika tidak ada industri e-commerce di Indonesia, maka tentunya pertumbuhan (PDB) dan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan menurun.

    Hilangnya peluang usaha di sektor transportasi dan jasa pengiriman

    Studi yang dilakukan oleh Texas A&M Transportation Institute pada 2017 menyimpulkan bahwa pertumbuhan retailer online dalam dunia e-commerce memicu permintaan pasar atas jaringan transportasi dan jasa pengiriman yang lebih cepat dengan jangkauan lebih luas. Dan dengan keberadaan 30 juta online shoppers di Indonesia, tidak mengherankan marak bermunculan layanan jasa pengiriman langsung seperti Go-Send, Grab Express, SiCepat, JNE Yes, J&T Same Day, maupun Tiki Same Day.

    Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memprediksi bahwa sektor e-commerce akan berkontribusi sebanyak 15% pada bisnis layanan kurir di Indonesia. Bersaman dengan itu, Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress Indonesia (Asperindo) juga menyuarakan pendapat yang sama dengan prediksi bahwa e-commerce akan berkontribusi 25% pada industri logistik.

    Kalau e-commerce tidak hadir di Indonesia, layanan transportasi dan delivery di tanah air tentu akan merasakan langsung imbasnya.

    Tak ada harapan untuk Cashless Society Indonesia
    Cashless society di Indonesia dipelopori oleh Bank Indonesia yang mengeluarkan aturan mengenai uang elektronik yang disusul pencanangan GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai). GNNT ini diimplementasikan pada pembayaran bus TransJakarta, KRL, dan juga pembayaran jalan tol. Hanya saja, gerakan ini tidak begitu efektif sebelum e-commerce populer. Kemunculan e-commerce di Indonesia pada akhirnya menumbuhkan harapan, memaksa masyarakat Indonesia yang berbelanja online untuk akhirnya beradaptasi dengan metode pembayaran digital melalui online banking dan produk e-Wallet seperti Go-Pay, Shopee Pay, Mandiri e-Money.

    Jika tidak ada e-commerce, bisa dikatakan harapan Indonesia untuk membangun cashless society akan punah begitu saja.

    Hal ini disebabkan karena masih banyak online shoppers yang sangat bergantung pada transaksi cash dan transfer bank (McKinsey & Co), dan juga sistem Cash on Delivery (TechinAsia.com). E-commerce dikatakan bisa menjadi pahlawan dalam membantu masyarakat Indonesia menuju gerakan pembayaran yang sepenuhnya digital. Dengan angka pengguna situs e-commerce yang diprediksi akan naik dengan stabil hingga 2022, masyarakat yang melakukan belanja online akan semakin banyak dan itu juga berarti semakin banyak masyarakat yang akan beradaptasi dengan digital payment.

    Angka pengangguran tidak bisa ditekan
    Berdasarkan statistik yang disajikan CeicData.com, tingkat pengangguran tertinggi di Indonesia tercatat pada tahun 2005 dimana angka pengangguran mencapai 11,24%. Tapi, angka itu berangsur turun dengan stabil pada tahun-tahun setelahnya. Dan eksistensi e-commerce sejatinya berkontribusi menurunkan angka pengangguran di negara kita. Bagaimana bisa? Potensi industri e-commerce Indonesia mulai terlihat pada rentang tahun 2000-2007. Pertumbuhan industri ini diiringi oleh kemunculan berbagai startup seperti Gojek yang berbasis mobile apps dan produk e-Wallet seperti Doku.

    Bloomberg menyatakan bahwa industri digital secara konsisten membuka lapangan kerja baru dan memperbaiki taraf hidup masyarakat Indonesia. Badan Pusat Statistik Indonesia juga menyatakan bahwa “internet economy” sangat membantu dalam menyediakan lapangan kerja yang signifikan jumlahnya; 1,53 juta lapangan kerja dari sektor trade dan service di industri e-commerce.

    Ketiadaan e-commerce di Indonesia, kemungkinan besar angka pengangguran di Indonesia tidak akan menurun.

    Kendala-kendala yang harus dihadapi Indonesia dalam perindustrian e-commerce

    Eksistensi industri e-commerce di Indonesia adalah suatu keberuntungan bagi tanah air. Keberadaannya sangat membantu di bidang ekonomi maupun non ekonomi. Tapi, masih ada beberapa tantangan agar mampu menyusul negara-negara seperti China dan Amerika Serikat yang sudah lebih maju dibidang e-commerce, yakni:
    • Infrastruktur pembayaran di Indonesia masih lemah. Mayoritas konsumen masih lebih memilih belanja offline dan melakukan transaksi cash atau COD dibandingkan dengan digital payment yang lebih efisien dan mudah.
    • Konsumen Indonesia sangat sensitif terhadap harga (TechinAsia.com). Hal ini menyulitkan pemain e-commerce yang ingin memasuki atau memperluas pasar Indonesia karena keharusan untuk menyusun strategi harga yang lebih baik.
    • Logistik, walaupun sudah berkembang, namun masih menjadi salah satu kendala untuk kemajuan e-commerce di Indonesia. Menurut Fikri, Head of Business Operations PT. Metraplasa – perusahaan yang melakukan joint venture dengan eBay dan menghasilkan situs Blanja.com, masih banyak masyarakat Indonesia yang sukar untuk mengakses layanan logistik yang disebabkan oleh harga pengiriman yang mahal (Liputan6.com).
    • Masyarakat Indonesia masih belum sepenuhnya percaya pada sistem belanja online karena masalah keamanan data dan privasi di platform digital.
    Tantangan di atas diharapkan agar dapat dibenahi dengan baik oleh pihak perusahaan dan juga masyarakat sehingga Indonesia bisa menyusul negara-negara maju lainnya dalam bidang e-commerce.

    Sumber: iPrice Insights
     
  2. Anggapermana

    Anggapermana New Member

    Joined:
    Jul 20, 2018
    Messages:
    27
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Google+:
    luar biasa memang pertumbuhan e-commerce negara kita, tapi jangan gampang puas karena masih banyak tantangan yang belum terselesaikan
     
  3. seotog

    seotog Guest

    Dan efek sistem blockchain e-commerce jadi lebih berkembang, mulai byk platform market place yang dulu tidak berani tampil sekarang melakukan update2 agar siap bersaing. Nice artikel anyway.
     
  4. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,251
    Likes Received:
    190
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Yang paling menguntungkan jelas bagian membuka lapangan kerja dan jutawan baru.
     
  5. Iroh Apriliyani

    Iroh Apriliyani Member

    Joined:
    Nov 29, 2017
    Messages:
    65
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Bener banget gan, maka dari itu saya juga lagi belajar tentang caranya berbisnis jualan.....karena saat ini perkembangannya sangat cepat.
     
  6. Scode

    Scode Member

    Joined:
    Oct 15, 2015
    Messages:
    85
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    dan programmer semakin jaya :p
     
  7. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Tokopedia kayaknya termasuk startup yang sukses juga ya, kalau shopee pernah membaca ini berasal dari malaysia benar gak sih
    ane seringnya belanja di tokopedia, belum pernah belanja di tempat lain, sekali dulu di lazada tapi cod
     
  8. dimensidata

    dimensidata Member

    Joined:
    May 22, 2015
    Messages:
    236
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Yupzz, E-commerce sangat penting di era modern ini.
     
  9. bangkodir

    bangkodir Member

    Joined:
    Jan 25, 2018
    Messages:
    34
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    saya pengin jualan online dari dulu tapi bingung mau jualan apaa, soalnya saya di desa kalo di kota enak buat jualan online
     
  10. Dudu

    Dudu Guest

    ya, e-commerce bagaikan oasis di tengah padang pasir lah pokoknya
     
  11. samualadiyoso

    samualadiyoso Member

    Joined:
    Oct 12, 2018
    Messages:
    38
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kalau tidak hadir di indonesia mungkin pasar tradisional makin rame. kekuranganya di daerah masing masih belum selengkap barang barang di luar kota jadi ada segi baik dan buruknya juga :rolleyes:
     
  12. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    514
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    kalo e-comerce enggak ada di indonesia kaya nya mall atau pusat perbelanjaan yang makin rame , ini aja sekarang mangga dua udah mulai sepi karena banyak toko langganan yang pindah jadi toko inline
     
  13. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    420
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    jika e-commerce tidak ada di Indonesia, maka website online shop akan jaya lagi di mesin pencarian, dan pastinya juga mall dan supermarket akan semakin ramai dikunjungi para pembeli
     
  14. lutia90

    lutia90 New Member

    Joined:
    Oct 2, 2018
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Yang jelas sih jika E-commerce tidak hadir di Indonesia, pastinya Mall dan juga pusat belanja di Indonesia mulai dari Aceh, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar dan seluruh pusat belanja di Indonesa akan semakin ramai dikunjungi para pembeli.

    Jangankan pusat belanja yang jual produk fashion hingga lifestyle, pusat kuliner saja juga bisa sepi. Hal ini karena food & beverage pun kini bisa dipesan secara online.
     
  15. Dikonindo

    Dikonindo New Member

    Joined:
    Oct 15, 2018
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Google+:
    Jika dilihat dari beberapa tahun ini juga semakin banyak bidang bisnis yang mulai merangkap menjadi online store (toko online) karena berbagai kelebihan yang didapatkan dari beberapa platform yang sudah ada sekarang ini.
     
  16. Agus Fathur

    Agus Fathur Member

    Joined:
    Feb 11, 2018
    Messages:
    25
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    perubahan pemasaran bisnis yg sangat luar biasa.. Membantu kami para produsen mebel untuk melakukan penjualan..
     
  17. mugianto

    mugianto Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    419
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Agak bingung tpi juga sangat membantu e-commerce sih. Udah kayak dewa, tinggal klik dateng barang hahahahha.
    Makanya sekarang lagi belajar bikin website ecommerce yang aman nih, sering banget di tusuk ama orang web hahahah, jadi buat belajaran dah.

    yang mau belajar bikin ecommerce bisa mampir2 ke channel youtube gw, ongoing tahapannya. Mayan dah sampe shop page. hehehe
     
  18. Anggapermana

    Anggapermana New Member

    Joined:
    Jul 20, 2018
    Messages:
    27
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Google+:
    sedapp ada tutorialnya :D teruskan kak
     
  19. sallychandra

    sallychandra New Member

    Joined:
    Oct 19, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kayaknya shopee itu dari singapore deh
     
Loading...

Share This Page