Berbahayakah Mendengarkan Musik Menggunakan Earphone?

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by wahyudhi88, Apr 30, 2018.

  1. wahyudhi88

    wahyudhi88 New Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Hasil penelitian terbaru dari World Health Organization (WHO) mengindikasikan bahwa 1,1 miliar orang dengan rentang usia 12 – 35 tahun memiliki resiko yang sangat besar kehilangan pendengaran mereka secara bertahap. Hal ini diakibatkan seringnya mendengarkan musik yang terlalu keras secara tidak aman, termasuk karena menggunakan earphone / headset.

    Yang sekarang menjadi pertanyaan adalah berbahayakah mendengarkan musik menggunakan earphone? Jawabannya relatif, tergantung dari penggunaan kita sendiri. Kunci untuk mencegah kerusakan pendengaran akibat mendengarkan musik adalah mendengarkannya dengan cara yang lebih aman.

    Pada tulisan kali ini saya akan membahas beberapa tips yang bisa kamu ikuti, untuk mendengarkan musik secara lebih aman dan resiko kerusakan pendengaran menjadi lebih minimal. Berikut adalah beberapa tipsnya.

    1. Kecilkan suaranya dan kurangi durasinya

    Banyak ahli yang sepakat bahwa sebenarnya aman secara reguler mendengarkan musik menggunakan earphone. Tetapi volume suaranya dan durasi mendengarkannya yang harus kamu jaga. Karena semakin besar volume audio dan semakin lama mendengarkan musik menggunakan earphone, maka semakin besar juga resiko pendengaran kamu menjadi rusak.

    2. Ikuti pedoman 60/60

    Solusi aman mendengarkan musik menggunakan earphone adalah dengan mengikuti pedoman 60/60. Apa yang dimaksud dengan pedoman 60/60 ini?

    Maksudnya adalah volume audio yang aman untuk telinga kamu adalah berada di level 60%. Dan mendengarkan musik menggunakan earphone tidak boleh lebih dari 60 menit. Jika sudah 60 menit istirahatkan dulu telinga kamu, kemudian kamu bisa melanjutkannya kembali nanti.

    Jadi intinya setiap 60 menit sekali istirahat, baru lanjutkan mendengar musik kembali. Dan ingat volumenya tidak boleh lebih dari 60%.

    3. Gunakan headphone daripada earphone

    Penggunaan earphone adalah dengan masukan earbuds yang kecil langsung ke dalam telinga kamu, sedangkan headphone memiliki ukuran yang lebih besar yang menutupi telinga kamu.

    Earphone lebih beresiko, karena lebih dekat dengan gendang telinga, dan mereka menghasilkan suara yang lebih keras dibandingkan headphone. Sebagai tambahan, earphone juga kurang efektif untuk memblokir bising yang ada di sekitar. Jadi pengguna lebih besar kemungkinannya untuk membesarkan volume akibat suara bising dari luar.

    4. Gunakan earphone dengan fitur noise-cancelling

    Untuk memilih earphone sebaiknya pilih earphone yang memiliki fitur noise-cancelling, seperti kebanyakan produk earphone dan Bluetooth earphone dari Vidvie.

    Dengan peredam kebisingan ini akan menghilangkan noise atau kebisingan di sekitar kamu. Jadi kamu dapat mendengarkan musik dengan volume yang rendah dan tetap aman tanpa terganggu suara di sekitar kamu.

    5. Jangan pernah mendengarkan musik dengan volume maksimal

    Peneliti menemukan bahwa banyak pemutar musik termasuk iPod mampu menghasilkan volume audio maksimal hingga 115 decibel. Mendengarkan musik pada level ini dapat langsung memberikan kerusakan pada sistem pendengaran kamu hanya dalam waktu 15 menit.

    Seperti yang sudah disebutkan di atas, volume maksimal yang aman untuk telinga kamu adalah 60%. Mulai sekarang kamu harus peduli dengan kesehatan pendengaran kamu sendiri.

    Itulah beberapa tips aman mendengarkan musik menggunakan earphone. Namun saya juga mau mengingatkan kepada kamu, meski sebenarnya aman mendengarkan musik dengan menggunakan earphone. Tetapi sebaiknya kamu tidak menggunakan earphone ketika sedang berjalan dan juga ketika berkendara. Selama di perjalanan kamu harus selalu fokus baik secara visual dan maupun secara audio tentang lingkungan di sekeliling kamu.
     
  2. wahyudhi88

    wahyudhi88 New Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Iya kalo kelamaan dengerin musik dengan volume yang besar bisa jebol
     
  3. Santanu Saputra

    Santanu Saputra Member

    Joined:
    Jul 25, 2017
    Messages:
    312
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    wah yang metode 60/60 itu baru tau saya.
    tapi boleh juga dijadikan acuan.
     
  4. yani333

    yani333 Member

    Joined:
    Jun 10, 2018
    Messages:
    28
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    60/60 ini menarik, tapi kalau musiknya pas lagi-lagi mantap-mantapnye sulit untuk diterapkan kayaknya..*calmdown*
     
  5. Dudu

    Dudu Guest

    Bermanfaat sekali gan informasinya :)
     

Share This Page