Tips Mencari Backlink di Forum

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by KangAndre, Nov 12, 2018.

  1. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Awalnya saya membuat tulisan ini berdasarkan pertanyaan, "Masih efektifkah backlink dari forum online?" Secara pribadi saya menjawab, "Masih." Namun semakin kebelakang, permasalahan backlink atau tautan balik menjadi pembicaraan yang menarik bagi praktisi SEO.

    Meskipun saya mengatakan backlink dari forum masih efektif, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan dengan benar. Apalagi sejak lama di Bantuan Search Console ada pedoman kualitas tentang skema tautan yang disebut sebagai tautan tak wajar dan dapat dianggap melanggar panduan.

    Ada beberapa contoh umum tautan tak wajar yang mungkin melanggar panduan Google, salah satunya berbunyi (Bhs Indonesia)
    • Komentar forum dengan tautan yang dioptimalkan dalam pos atau tanda tangan, misalnya:
      Terima kasih, informasi yang sangat bagus!
      - Paul
      pizza paul - pizza san diego - pizza terbaik di san diego
    Selengkapnya: https://support.google.com/webmasters/answer/66356?hl=id&ref_topic=6001971

    Contoh komentar dan link seperti di atas banyak ditemukan di forum online. Jika model seperti itu dikategorikan melanggar, kenapa ada member yang sengaja membuat komentar atau tanda tangan (signature) seperti itu?

    Menurut saya berdasarkan kemungkinan, adalah:
    • belum tahu tentang pedoman kualitas Google.
    • uji coba untuk mengetahui efek sebenarnya
    • mendapatkan informasi yang keliru tentang pencarian backlink
    • sengaja dilakukan dengan alasan tertentu
    • masa bodo, pokoknya buat link
    Pengertian Forum

    Sebelum membahas selanjutnya, perlu diketahui definisi dari forum itu sendiri. Forum merupakan wadah atau tempat pertemuan sebuah komunitas yang memiliki persamaan minat dan tujuan untuk bertukar pikiran suatu topik atau masalah secara bebas yang berkaitan dengan forum tersebut. Sumber: Pengertian forum.

    Forum awalnya dibuat untuk komunitas yang memiliki persamaan minat dan tujuan, misalkan Forum guru, forum Dokter, forum bahasa Indonesia, dll. Seiring kemajuan teknologi, saat ini tersedia forum online yang bersifat terbuka atau tertutup untuk keanggotaannya. Bahkan topik pun beragam bukan hanya membahas topik atau masalah khusus seperti forum wordpress yang hanya membahas permasalahan cms wordpress, forum adobe untuk komunitas pengguna produk Adobe, forum Xenforo, dll.

    Saat ini juga banyak forum online yang berisi bermacam topik dengan pembagian sub-sub forum agar lebih teratur dan jelas dengan administrator dan moderator yang bertugas mengelola forum tersebut, seperti forum bersosial, kaskus, dll.

    Link atau Tautan di Forum Online

    Kalau berdasarkan hakekat forum yang sebenarnya, seharusnya link atau yang dibuat merujuk pada sumber informasi atau referensi atas tulisan (thread) yang dibuat. Untuk forum online yang besar dengan topik khusus, jika ada link out yang tidak sesuai dengan topik akan dianggap spam dan kemungkinan terjadi pem-banned-an akun. Untuk mengantisipasi spam, terkadang forum memberlakukan aturan yang ketat. Itulah kenapa ada forum yang melarang menyelipkan link.

    Selain itu, forum bukan social bookmarking yang cuma bertujuan untuk mencari pengunjung dengan hanya membuat tulisan singkat dan link selanjutnya.... Bagaimana mau diskusi?

    Tips Mencari Backlink di Forum

    Tips dalam mencari backlink ini berdasarkan pengalaman penulis, jadi bisa saja beda pendapat dengan yang lain. Sejak mengelola blog serius, perburuan backlink saya lakukan dimana-mana terutama situs dengan PageRank (PR) tinggi termasuk forum.

    Entah beberapa banyak forum yang saya ikuti meskipun cuma daftar dan hanya menanam link di profil, seiring waktu, akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa ada kesia-sian dalam pencarian backlink di forum, mulai backlink yang tidak masuk pada tautan balik di Google Search Console (dulu Google webmaster tools) hingga akun yang dibanned karena dianggap spam, bahkan dapat peringatan bad backlink.

    Oleh karena itu, saya berbagi tips cara mencari backlink yang efektif dari Forum, yaitu:
    1. Reputasi Forum berdasarkan otoritas yang baik seperti PR (sayangnya sekarang tidak bisa dilihat), PA&DA, Alexa Rank.
    2. Baca TOS atau Rules forum, apakah bisa membuat link, terutama link dalam postingan (thread) (kecuali ikut forum memang untuk diskusi).
    3. Lihat thread atau postingan yang ada. Jika banyak thread sampah (spam) baik itu iklan maupun link dari situs reputasi buruk, sebaiknya dihindari meskipun dari domain edu atau gov yang dianggap memiliki otoritas tinggi. Juga forum dari situs-situs besar tapi isinya hanya spam.
    4. Jika diperkenankan membuat link di thread, gunakan dengan dengan bijak. Jangan membuat link Out of Topik (OOT) atau link nggak nyambung karena backlink ini akan dianggap spamming oleh Google.
    5. Link sebaiknya hanya 1 saja untuk satu topik yang mengarah ke situs tujuan yang diharapkan dan sebaiknya ke artikel situs. Untuk homepage sebaiknya diletakkan di signature.
    6. Hindari penggunaan teks jangkar (anchor text) yang berbeda namun dengan link satu tujuan yang sama. Percuma saja karena hanya satu link yang akan dianggap backlink dan sisanya bisa masuk kategori spamming (link berlebihan).
    7. Beberapa forum mengijinkan signature (tanda tangan) dibawah postingan. Usahakan link berbeda dengan yang ada di thread karena signature sifatnya akan ikut terus. (berkaitan dengan poin ke 5).
    8. Jika aktif di forum (sering membuat thead atau komentar) sebaiknya signature di ganti secara berkala untuk menghindari membengkaknya jumlah backlink dari satu sumber.
    9. Jangan sekali-kali menyelipkan link dengan menggunakan teks jangkar (anchor text) pada kolom komentar apalagi dengan jumlah banyak. (Baca keterangan panduan google di atas). Jika pun ingin mereferensikan blog atau artikel gunakan url lengkap http:....
    10. Ikut menjaga forum, terutama jika menemukan spammer. Bagaimanapun juga, backlink yang kita tanam akan memiliki reputasi buruk jika forum banyak spammernya. Forum bersih = backlink bagus.
    11. Sebaiknya jangan bernafsu untuk mencari forum yang hanya memberikan link dofollow. Link nofollow pun akan tetap dianggap backlink. Dalam beberapa kasus, link nofollow juga diperlukan.
    12. Perhatikan kehidupan forum tersebut. Apakah dikelola dengan baik (ada interaksi member dengan pengelola (admin/moderator), kelangsungan forum (agar backlink bisa tahan lama)
    Barangkali 12 tips mencari backlink pada sebuah forum di atas bisa menjadi solusi terhadap tautan tak wajar yang mungkin melanggar panduan Google yaitu "Komentar forum dengan tautan yang dioptimalkan dalam pos atau tanda tangan." Terjawab di Poin: 3, 4, 5, 6, 9.

    Semoga bermanfaat.

    Catatan: Thread di atas akan saya "copas" persis untuk blog saya. Biarlah bersosial.com terlebih dahulu. Dan di bawah ini khusus untuk member forum bersosial.com (nggak ikut saya copas).

    Belakangan ini banyak "LINK NGAWUR !!!" yang dibuat member. Saya sih nggak tahu alasannya. Padahal selain merugikan member tersebut (jika ingin mencari baklink) juga merugikan member lain dan forum ini sendiri.

    Jika banyak "LINK NGAWUR !!!" forum bisa-bisa dianggap forum sampah karena banyak spammer-nya. Spam bukan hanya artikel yudi, parno, dll, tapi link OOT dan banyak link, juga dikategorikan spamming (nyepam).

    Jadi, jangan menyalahkan admin atau moderator jika memunculkan "LINK NGAWUR !!!" di thread atau komentar karena melanggar rules https://www.bersosial.com/pages/rules
     
    Last edited: Nov 12, 2018
  2. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Di copas untuk apa kang? Bukankah malah copas bisa memperburuk situs?
     
    Damar likes this.
  3. Rimala Nursery

    Rimala Nursery Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    254
    Trophy Points:
    83
    Kalau di sigi sebaiknya pake anchor atau http... kang ?
     
    Damar likes this.
  4. Rimala Nursery

    Rimala Nursery Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    254
    Trophy Points:
    83
    Cuma persis aja kang.. artinya gak sama penuh...:p:p:p:D
     
    Damar likes this.
  5. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,563
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    spammer sekarang semakin ngeri aja kang :(
    luar negeri dan lokal sama aja kalau lagi nyepam he he he

    karena itu pendaftaran di ziuma.com saya tutup sementara
    selain ngak bisa mengawasi juga ingin menyaring member yang sudah ada
     
    Damar likes this.
  6. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Balik bertanya. Berapa banyak thread hasil copas di forum ini?
     
    Damar likes this.
  7. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Nggak masalah, tapi sebaiknya usahakan beda tujuan dan nggak perlu sampai 4 dipasang semua.
     
    Damar likes this.
  8. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Lakukan saja moderasi atau approved manual. Hanya admin yang bisa meng-approved.
     
    Damar and ziuma like this.
  9. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,106
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Kalau dikira-kira hampir 75% sih. Apa tidak masalah ngopas persis di blog milik kang andre?
    Kayaknya hampir sama dan berdekatan. :D
     
    Damar likes this.
  10. bocahapi

    bocahapi New Member

    Joined:
    Feb 23, 2018
    Messages:
    3
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    pakai CMS apa om? kalau pakai wordpress bisa di filter dengan moderate, atau role yang regitrasi dikasih sebagai contributor jadi setiap post yang dipublish di review editor / administrator dulu..
     
    Damar and ziuma like this.
  11. Surya Christian Irawan

    Surya Christian Irawan Member

    Joined:
    Jul 5, 2018
    Messages:
    45
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    yang penting harus relate backlink nya ya kang biar berkualitas di mata mbah Google ? :D
     
    Damar likes this.
  12. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,563
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    saya pakai mybb, terima kasih
    saya coba cari caranya dulu :D
     
    Damar likes this.
  13. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,955
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Punyaku juga di copas sama @KangAndre dan alhasil yang hasil copas malah nangkring wkwkwkkw emang beda kok siapa yang copas wkwkwkwkwk
     
    Damar likes this.
  14. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    339
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    28
    Cari backlink bikin pusing. Mending cari duit. Siapa yang duitnya ilang? Sini aku bantu cariin... :D
     
    Damar likes this.
  15. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Bagaimana kalau cari duit lewat backlink? Itu Mantap... :D
     
    Damar likes this.
  16. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,655
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    vice versa, cari backlink pake duit wakwak
     
    Damar likes this.
  17. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Itu harapannya... :D
    Lumayan ada terus permintaan...
     
    Damar likes this.
  18. Ibrohim Ilyas

    Ibrohim Ilyas Member

    Joined:
    Oct 13, 2018
    Messages:
    31
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Kalau signature diganti, posting/komen yang lama signaturenya akan tetap kah?
     
    Damar likes this.
  19. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,563
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    kalau signature nya diganti, maka setiap komentar sebelumnya signaturenya juga akan berubah
    mengikuti signature yang baru
     
    Damar and KangAndre like this.
  20. Ibrohim Ilyas

    Ibrohim Ilyas Member

    Joined:
    Oct 13, 2018
    Messages:
    31
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    nah kalau gitu mending ganti akun dong supaya backlink gak bengkak tapi juga gak hilang? :).
     
    Damar likes this.
Loading...

Share This Page