10 Jenis Buah-Buahan Untuk Luka Bakar

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Oct 1, 2018.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    1. Kedondong

    Kebanyakan orang tidak akan mengetahui bahwa buah yang satu ini sangat bermanfaat untuk luka bakar. Tidak hanya enak dan murah ketika dimakan, ternyata buah kedondong ini dapat mempercepat luka bakar menjadi kering. Hal ini dikarenakan buah kedondong memiliki kandungan zat besi, protein, serta vitamin A, B, dan C.

    2. Buah Mengkudu

    Ternyata buha mengkudu ini sudah dikenal sejak lama dan digunakan sebagai makanan yang dapat menyembuhkan luka bakar. Kandungan zat terpenoid dalam buah mengkudu dapat menyembuhkan kulit yang terbakar secara alami dan cepat. Bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau juga dapat dioleskan pada area yang terkena luka bakar.

    Memang buah mengkudu ini tidak memiliki rasa yang enak, namun jika mengkonsumsinya secara rutin dan mengoleskannya juga rutin, maka proses penyembuhan akan berjalan lebih cepat. Sudah banyak yang telah membuktikan khasiat nya secara nyata.

    3. Jeruk Nipis

    Buah mungil yang satu ini dapat ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata buah jeruk nipis ini memiliki manfaat yang luar biasa, yakni dapat menyembuhkan bekas dari luka bakar. Vitamin C yang ada pada buah jeruk nipis ini dapat membantu proses regenerasi kulit.

    4. Buah Mangga

    Buah mangga dikenal karena memiliki rasanya yang manis dan mudah didapatkan. Buah mangga ini kami sarankan untuk anda konsumsi secara rutin agar dapat membantu proses penyembuhan luka bakar. Dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, puding, atau pun dikonsumsi secara langsung dan dioles.

    Bukan hanya itu saja khasiat dari buah mangga. Ternyata buah mangga ini sangat baik untuk kesehatan lainnya, yakni meningkatkan kekebalan tubuh, sangat baik untuk mata, mencegah kanker, dan banyak yang lainnya.

    5. Buah Pepaya

    Di kalangan masyarakat, buah pepaya sangat identik sebagai pengobatan untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, ternyata sangat baik untuk meregenerasi kulit, termasuk dalam penyembuhan luka bakar.

    Terdapat kandungan yang bermanfaat dari buah pepaya ini untuk kesehatan tubuh, diantaranya kalsium, fosfor, selenium, betakaroten, magnesium, zinc, lutenin, vitamin A dan C, dan enzim papain. Ternyata kandungan enzim papain inilah yang sering dimanfaatkan untuk penyembuhan luka bakar.

    Pepaya yang sering digunakan untuk penyembuhan luka bakar adalah pepaya yang masih muda karena getah dari pepaya muda ini masih banyak. Maka dari itu, jika ingin menyembuhkan luka bakar dengan pepaya, disarankan untuk memilih pepaya yang lebih muda.

    6. Buah Naga

    Buah naga sudah dikenal sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit, seperti tumor, jantung, dan kanker. Tidak hanya itu, ternyata buah naga ini dapat digunakan sebagai pengobatan untuk luka bakar.

    Sari buah naga dapat dijadikan sebagai obat luka bakar jika dicampurkan dengan menggunakan bahan-bahan yang lainnya. Biasanya dapat dicampurkan dengan menggunakan madu dan timun, kemudian dioleskan pada area yang terkena luka bakar.

    7. Jambur Air

    Buah yang satu ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Dapat dikonsumsi secara langsung atau pun diolah terlebih dahulu, seperti misalnya dalam bentuk jus atau pun yang lainnya.

    Dengan mengkonsumsi jambu air bisa membantu proses penyembuhan luka dan menghilangkan bekas dari luka bakar. Pemanfaatan senyawa alami dari buah jambu yang dapat memacu terjadinya pembentukan kolagen yang berperan dalam proses penyembuhan luka dan mempunyai aktivitas sebagai anti-septik alamiah dan anti-bakteri untuk mencegah terjadinya infeksi.

    8. Belimbing

    Bauh yang memiliki bentuk uni ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk membantu proses penyembuhan luka bakar. Namun dalam mengkonsumsinya, disarankan agar memilih dahulu buah belimbingnya. Karena buah belimbing yang masih belum matang, memiliki rasa yang kesat. Selain dengan cara dikonsumsi secara langsung, buah belimbing ini dapat diolah menjadi hidangan lainnya seperti halnya dijus.

    9. Buah Manggis

    Buah manggis sangat baik untuk kesehatan kulit jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Apalagi untuk proses penyembuhan yang disebabkan oleh luka bakar.

    Manggis sudah dikenal dengan banyak kandungannya yang berkhasiat. Terutama pada bagian kulitnya yang kini banyak sekali untuk diekstrak dan dijadikan sebagai bahan untuk obat-obatan yang berkhasiat.

    10. Buah Kelapa

    Buah yang satu ini sangat dikenal karena kemampuannya dapat menghilangkan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Bukan hanya itu saja, buah kelapa dapat dikonsumsi untuk mempercepat proses penyembuhan yang disebabkan oleh luka bakar. Selain itu, kandungan yang dimilikinya mampu berkhasiat untuk menurunkan demam, memperlancar pencernaa, serta sangat baik untuk kulit dan rambut.
     
  2. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    180
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Pas banget pepaya sangat bagus untuk luka bakar hehehe..tapi cara pengaplikasiannya ke kulit gimana ya ?
     
  3. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    dapat dikonsumsi secara langsung atau pun dijadikan sebagai salep juga bisa mas, dengan menumbuk sampai halus baru kemudian dioleskan ke bagian yang terkena luka bakar
     
  4. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page