6 Jenis Atap dan Standar Kemiringan yang Ideal

Discussion in 'Arsitektur' started by akharisma, Nov 28, 2018.

  1. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    - Welcome To My Thread -
    [​IMG]
    Atap adalah bagian terpenting dalam suatu bangunan, khususnya rumah. Karena berfungsi sebagai penutup rumah yang melindungi dari panas dan juga hujan. Saat membangun atau merenovasi rumah, kemiringan atap menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan.

    Karena jika terlalu miring, atap akan mudah melorot dan jika terlalu landai, air hujan tidak akan mengalir lancar. Seringkali masalah bocornya atap rumah bukan karena genteng yang rusak tapi karena salah menerapkan standar kemiringan atap yang ideal.

    1. Atap Dak
    [​IMG]
    Kemiringan pada atap dak bisa dibuat nol derajat, asal pengecorannya benar. Namun jika ingin dibuat miring sesuai dengan bentuk rumah juga tidak masalah, sudut kemiringan yang disarankan 5 derajat.

    Anda dapat melapisi atap dak dengan lapisan waterproof agar terhindar dari kebocoran atap, adukan semen yang baik juga berpengaruh terhadap merembes atau tidaknya air.

    2. Atap Beton
    [​IMG]
    Tidak sedikit rumah yang menggunakan atap beton, karena daya tahannya yang kuat. Jika Anda ingin menggunakan atap beton, standar kemiringan yang idealnya adalah 30 hingga 35 derajat.

    3. Atap Asbes
    [​IMG]
    Atap asbes menjadi salah satu atap yang paling dikenal, lantaran atap ini sering dipakai di banyak rumah. Atap asbes juga sangat mudah dipasang dan tidak rawan bocor karena memiliki sambungan yang bagus.


    4. Atap Genteng Metal
    [​IMG]
    Genteng metal termasuk jenis atap yang praktis karena bahannya yang ringan, genteng metal hanya berbobot sekitar 25 – 75 kg per m2, sedangkan genteng keramik berbobot kurang lebih 375 kg per m2.
    Untuk memasang genteng metal pada rumah, Anda membutuhkan sudut kemiringan dari 25 hingga 35 derajat.

    5. Atap Genteng Keramik

    [​IMG]
    Atap genteng keramik mulai banyak digunakan oleh masyarakat, karena jenis atap ini mampu meredam panas dengan baik. Sudut kemiringan yang baik untuk atap jenis ini ialah 30 derajat.

    6. Atap Spandek

    [​IMG]
    Atap spandek adalah atap yang terbuat dari zincalume yang diolah dengan teknologi modern. Atap ini bersifat ringan dan tahan lama. Sudut kemiringan yang disarankan untuk atap ini ialah 5 sampai 60 derajat.

    Sumber : Klik Disini

     
  2. Rangga Damar

    Rangga Damar New Member

    Joined:
    Nov 27, 2018
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Last edited: Nov 28, 2018
Loading...

Share This Page