Tips Mengoptimalkan Kemampuan Otak Agar Anak Semakin Pintar

Discussion in 'Education' started by IndriMaya12, Dec 4, 2018.

  1. IndriMaya12

    IndriMaya12 Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    111
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Anak pintar akan menjadi kebanggan keluarga. Bunda tentunya punya harapan yang sama dengan bunda lainnya. namun begitu, apakah bunda telah mendukungnya agar si kecil semakin pintar?

    Anak yang pintar dihubungkan dengan kemampuan dalam menyelesaikan segala sesuatu dengan baik. Kemampuan inilah yang akan membuat anak selangkah lebih maju dibandingkan anak lainnya. Anak juga akan lebih sukses di masa depan.

    Kepintaran anak ini bisa dilatih. Bunda perlu memaksimalkan waktu untuk mengajari segala hal yang dibutuhkan si kecil. Dan ini perlu dilakukan secara berkala. Jika tidak, si kecil bisa tertinggal dengan teman sebayanya.

    Nah, bagaimana cara bunda memaksimalkan otak anak? Kali ini bunda akan mengetahuinya lebih jelas. Tapi sebelumnya, kami ajak bunda untuk mengetahui bedanya pintar dan cerdas. Jadi, mari simak ulasannya berikut ini.

    Bedanya Cerdas Dan Pintar

    Tidak sedikit dari bunda yang memandang istilah PINTAR dan CERDAS itu sama. Tapi kenyataannya, kedua istilah ini berbeda. Apa yang beda dari kedua istilah tersebut?

    Istilah pintar sendiri berhubungan dengan kemampuan anak dalam menguasai atau menghadapi sesuatu. Hanya saja, ini merujuk pada hasil akhirnya.

    Misalnya bila si kecil sering belajar tentang Matematika, lama kelamaan anak akan mampu menguasainya. Hal ini disebabkan oleh terbiasanya anak dalam mempelajari bidang tersebut. Artinya, kemampuan dalam menguasai matematika ini merupakan buah dari usaha belajar.

    Kepintaran yang bisa diusahakan jelas akan membuat anak punya kesempatan yang sama dalam menguasai bidang tertentu. Apabila anak fokus pada satu bidang, tentu bidang yang dimaksud akan dikuasainya. Sementara bidang lain yang tidak diprioritaskan akan membuat anak sedikit kesulitan.

    Sementara istilah cerdas merupakan anugerah yang dimiliki anak sejak lahir. Maksudnya, kecerdasan ini adalah bawaan anak. Dan kecerdasan anak ini menentukan pada cara belajar anak pada sesuatu.

    Anak akan mampu menguasai beberapa hal dengan sangat cepat lantaran memiliki kecerdasan. Tapi tetap saja, metode belajar yang dberikan harus sesuai kecerdasannya. Karena kecerdasan anak itu berbeda-beda.

    Menurut pakar, kecerdasan anak ini terbagi menjadi beberapa. Ada yang memiliki kecerdasan kinestetik, visual, verbal dan lain sebagainya. Melihat perbedaan kecerdasan ini, jelas metode belajar yang pas diberikan padanya akan berbeda.

    Jika bunda memaksa anak untuk menggunakan metode yang sama pada setiap anak, jelas anak akan mengalami kesulitan. Contohnya adalah pada masalah stimulasi. Bunda butuh stimulasi yang tepat untuk membantu anak dalam memanfaatkan kecerdasan bawaannya.

    Tips Mengoptimalkan Kemampuan Otak Anak

    Perkembangan otak anak sangat signifikan di usianya yang masih kecil. Seluruh jaringan otak akan terbentuk dengan adanya asupan nutrisi dan stimulasi. Keduanya harus dikombinasikan agar kemampuan otak anak semakin baik.

    Bagi bunda yang ingin melihat anaknya semakin pintar, bunda perlu memaksimalkan kemampuan otak. Di sini, ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan untuk melakukannya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

    • Mengoptimalkan perkembangan otak sejak masih dalam kandungan
    Perkembangan otak ini berawal ketika anak masih dalam kandungan. Saat masih dalam rahim, seluruh jaringan di dalam tubuh janin akan terus terbentuk. Begitupun dengan otak si kecil.

    Pembentukan jaringan otak ini akan maksimal jika kebutuhan nutrisinya tercukupi. Dan bundalah yang disarankan untuk mengkonsumsinya. Dari konsumian yang sehat, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bunda juga akan dimanfaatkan janin untuk menunjang perkembangannya.

    Selain melengkapi nutrisinya, bunda juga disarankan untuk memulai stimulasi. Stimulasi ini bisa dengan cara memperdengarkan anak dengan musik serta mengajaknya bicara.

    Stimulasi ini sangat penting untuk membantu otak anak semakin berkembang. Stimulasi ini akan pas bila dilakukan pada janin yang sudah memasuki 20 mingguan.

    Usia tersebut menjadi usia dimana beberapa organ tubuh anak terbentuk sempurna. Diantaranya adalah organ pendengaran dan penglihatan. Kedua organ inilah yang akan bermanfaat untuk membantu janin dalam menyerap informasi dan lain sebagainya.

    • Mengoptimalkan perkembangan otak setelah anak lahir
    Setelah si kecil dilahirkan, tentu banyak hal yang bisa bunda lakukan untuk memaksimalkan kinerja otak anak. Ini menjadi tips lanjutan yang mana perlu bunda praktekkan.

    Cara yang pertama masih sama, yaitu memenuhi kebutuhan gizinya. Pada masa awal kelahiran anak, pemberian ASI sangat direkomendasikan. Karena ASI menjadi sumber nutrisi utama untuk si kecil.

    Ketika memasuki usia 6 bulanan, makanan pendamping bisa diberikan. Setelah memaksuki usia 1 tahunan, bunda bisa membiasakan makanan padat yang sehat. Yang terpenting, usahakan agar anak tercukupi kebutuhannya.

    Setelah memberikan asupan makanan, sering-seringlah untuk memberikan stimuasi. Jenis stimulasinya ini berbeda sesuai usianya.

    Stimulasi yang pertama adalah dengan seringnya bunda dalam mengajaknya bicara. Seringnya bunda dalam mengajak bicara pada anak ini akan membuat anak terlatih bahasanya. Terlatihnya anak dalam berbahasa mengindikasikan bahwa perkembangan otaknya sangat maksimal.

    Bunda juga bisa memberikan stimulasi khusus dengan aneka jenis mainan. Tapi pastikan stimulasi ini sesuai dengan kecerdasan bawaan anak. Jika anak punya kecerdasan yang berhubungan dengan matematika, mainan yang pas adalah mainan yang berhubungan dengan berhitung.

    Kalau anak sudah memasuki bangku sekolah, ajarkan anak untuk terus membaca. Kebiasaan ini akan sangat baik untuk memaksimalkan kemampuan otak anak. Karena dari memabaca, otak anak akan banyak menyerap informasi. Dan informasi inilah yang akan membuatnya mamp menghadapi berbagai situasi.

    Selain itu semua, bunda juga perlu mencukupi kebutuhan istirahatnya. Istirahat yang cukup akan membuat kinerja otak lebih maksimal. Otak tidak dipaksa terus menerus yang akan mengakibatkan banyak kerusakan.

    Kesimpulannya, kepintaran anak bisa diusahakan oleh bunda. Caranya adalah rajin melatihnya sesuai kecerdasan bawaan anak. Dengan melatihnya, bunda akan memiliki anak pintar yang membanggakan bunda kedepannya.
     
  2. gluunews

    gluunews Member

    Joined:
    Oct 17, 2017
    Messages:
    80
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    cukup ampuh..biasanya kalau cara sederhana itu harus minum madu supaya otak anak lebih cerdas, ibu hamil juga di anjurkan
     
Loading...

Share This Page