Minyak bumi

Discussion in 'General Discussion' started by faylaafcharina, Jun 29, 2015.

  1. faylaafcharina

    faylaafcharina Member

    Joined:
    Mar 17, 2015
    Messages:
    173
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Minyak bumi merupakan campuran hydrokarbon yang komplek yang banyak terdapat di dalam perut bumi , dalam bahasa inggris disebut dengan petroleum, kata petroleoum sendiri berasal dari bahasa latin yang terdiri dari dua suku kata yakni petrus yang artinya karang , dan oleoum yang artinya minyak . Minyak bumi banyak ditemukan di dalam perut bumi , untuk mengeluarkannya bisa dilakukan dengan jalan di bor atau drill , baik itu di samudera serta di daratan. Setelah minyak mentah tersebut dikeluarkan dari perut bumi maka langkah selanjutnya adalah diangkut menuju ke kilang minyak, disana akan disuling dan dipisah-pisahkan berdasarkan titik nyala-nya.

    [​IMG]

    Minyak bumi banyak ditemukan hampir merata di seluruh permukaan bumi di hampir tiap negara , seperti di Eropa , Amerika dan Asia , di asia sendiri dominan banyak ditemukan di Arab , sejarahnya di sana asalnya banyak ditemukan di Irak, minyak bumi keluar sendiri dari dalam tanah , masyarakat irak menganggap bahwa cairan kental berwarna hitam itu adalah sesuatu yg membawa sial dan berhubungan dengan mistic sehingga perlu dijauhi, namun anggapan masyarakat yang seperti itu di tepisnya seiring ditemukannya mesin diesel dan kendaraan yang membutuhkan bahan bakar yang terbuat dari turunan minyak.

    Turunan minyak bumi

    • Bensin, adalah salah satu turunan dari petroleoum yang banyak digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor.
    • Solar, merupakan salah satu jenis hasil olahan dari petroleoum yang merupakan bahan bakar mesin diesel.
    • Minyak tanah, dulu masyarakat indonesia banyak menggunakan minyak tanah ini sebagai bahan bakar kompor, namun sejak pemerintah mengubah dari minyak tanah ke gas , kini turunan minyak bumi ini sudah tidak digunakan sebagai bahan bakar kompor lagi.
    • Avtur, digunakan.sebagai bahan bakar pesawat terbang , avtur banyak diproduksi di kilang minyak seperti di Dumai , Kalimantan serta di Cilacap . Ratusan ton avtur dikirim dari kilang minyak cilacap ke bandara Ngurah Rai - Bali , mengingat disana adalah bandara internasional sehingga membutuhkan banyak avtur .
    • Pertamax dan bensin . Ini turunan dari minyak bumi yang mana fungsinya sama dengan bensin , hanya saja nila oktannya berbeda dengan bensin , bensin disubsidi oleh pemerintah sedangkan pertamax tidak disubsidi sehingga harganya lebih mahal ketimbang bensin.
    • Solar dan pertamina dex. Keduanya berfungsi hampir sama yakni sebagai bahan bakar mesin diesel. solar mendapat subsidi dari pemerintah sedangkan pertamina tidak.
    • Aspal, dari dulu banyak digunakan sebagai pelapis jalan raya, meskipun jalan jalan sudah banyak diganti dengan beton .
    • Serta beberapa turunan lainnya yang banyak digunakan sebagai bahan baku pembuat alat alat kebutuhan manusia seperti berbagai jenis plastik dan lain sebagainya.

    Sejarah minyak bumi
    ada beberapa versi tentang sejarah ditemukannya minyak bumi , berikut ini kami ulas hanya beberapa saja

    Versi ke-1
    Menurut ensiklopedia britannica , asal mula ditemukannya minyak bumi pada tahun 5000 sebelum masehi. oleh bangsa sumeria , babilonia kuno, dan bangsa Asyiria. namun pada waktu itu bahan yang dikenal dengan sebutan petroleoum ini dimanfaatkan sebagai pembasmi kutu , obat pencahar serta untuk mengobati luka.

    Versi ke-2
    Pertama kali minyak bumi ditemukan di timur tengah tepatnya di negri iran, sempat juga dikabarkan bahwa minyak bumi mentah sudah digunakan oleh Nabi Nuh dalam menambal perahunya agar tidak masuk air.

    Versi ke -3
    Pada zaman harun al rasyid masyrakat sudah menggunakan minyak bumi atau pada waktu itu sudah dikenal dengan sebutan Naptha , mereka menggunakan naptha sebagai alat penerangan di malam hari.

    Versi ke-4
    Sesudah jaman harun al rasyid , diketemukanlah gas bercampur apai yang keluar dari perut bumi, sehingga kala itu terciptalah suatu kaum penyembah api, mereka berpikir bahwa api yang tersembur dari perut bumi itu adalah tuhan, dan kelompok masyarakat penyembah api itu disebut MAJUSI.

    Versi ke -5
    Beberapa abad setelah kemunculan api yang keluar dari perut bumi, pertama diprakarsai oleh bangsa spanyol mulai ekplorasi tentang minyak bumi di daerah Peru, Bolivia , Kuba dan Meksiko.

    Versi ke-6
    Beberapa abad kemudian setelah diketemukannya mesin diesel yang berbahan bakar minyak bumi maka keberadaan minyak bumi di dalam perut bumi semakin diburu.
     
  2. hunt

    hunt New Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Thank you found a lot of useful information
     
  3. Angga Kurniawan

    Angga Kurniawan Member

    Joined:
    Oct 12, 2014
    Messages:
    43
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    terima kasih artikel bermanfaat
     
Loading...

Share This Page