Doa Shalat Dhuha Lengkap Arab Latin dan Artinya

Discussion in 'General Discussion' started by hanifah, Dec 26, 2018.

  1. hanifah

    hanifah New Member

    Joined:
    Dec 14, 2018
    Messages:
    40
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Teman-teman tentu sudah pernah mendengar adanya ibadah shalat sunat dhuha? Di sana ada doa yang cukup terkenal. Kalau kita melihat ada bapak-bapak, ibu-ibu, remaja, dan anak-anak melaksanakan shalat di pagi hari itulah shalat dhuha. Sedikitnya dikerjakan dua rakaat. Waktu pelaksanaannya dari jam tujuh pagi hingga sebelum waktu shalat dhuhur. Tetapi kalau teman-teman melihat jadwal shalat di sana sudah terpampang waktu dhuha minimal. Artinya setelah jam dan menit itu maka kita sudah boleh melaksanakannya. Istilahnya sudah masuk waktunya. Tetapi harus jeli pula melihat dimana kita tinggal saat itu. Misalnya teman-teman saat berlibur di Jogja tentu harus mengikuti konversi waktu di tempat itu.
    Perlu teman-teman ketahui bahwa dalam melaksanakannya dengan 2 rakaat langsung salam. Untuk mempermudah teman-teman memahami, silaka simak penjelasan singkatnya seperti di bawah ini :
    - Bilamana mengerjakan 4 rakaat maka 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.
    - Bilamana mengerjakan 6 rakaat maka 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.
    - Bilamana mengerjakan 8 rakaat maka 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.
    - Bilamana mengerjakan 10 rakaat maka 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.
    - Bilamana mengerjakan 12 rakaat maka 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam, 2 rakaat salam.

    Setelah selesai menjalankan shalat ini, teman-teman jangan langsung pergi dari duduknya. Tetaplah duduk dan membaca doa shalat dhuha . Banyak yang telah mengenal lafaznya. Hingga ada pula yang merekam untuk mempermudah menghafalnya nanti. Bacaan doanya ialah :
    اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ،
    وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ
    Latinnya :
    ALLAHUMMA INNADH DHUHA-A DHUHA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ISHMATA ISHMATUKA.
    ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QARIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBADIKASH SHALIHIN.
    Artinya :
    “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sulit mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”.
    Dengan sering membacanya maka kita akan mudah hafal. Namun, bila teman-teman pada saat ini belum hafal doanya. Tidak perlu sungkan untuk menjalankan ibadah ini. Setelah shalat dhuha pun kita boleh berdoa sesuai bahasa kita masing-masing. Misal pakai bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Jawa, dan lain-lain. Sampaikan permohonan kita kepada Allah Swt. Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Wassalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.
     
  2. Rimala Nursery

    Rimala Nursery Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    254
    Trophy Points:
    83
    Saya sudah terlalu sering shalat duha... iya baca materinya aja prakteknya blm*berdarah*
     
  3. Hamidah

    Hamidah Member

    Joined:
    Nov 24, 2017
    Messages:
    72
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Terima kasih, semoga bisa mengamalkannya amiin
     
Loading...

Share This Page