Tips Sederhana dan Efektif untuk Mendekorasi Dapur Kecil

Discussion in 'Arsitektur' started by rahmat gunawan, Jan 30, 2019.

  1. Dapur adalah bagian penting dari rumah kita. Di sana kaum hawa mengkreasikan masakannya dan membuatnya seenak mungkin sehingga keluarga tercinta bisa beraktifitas dengan baik. Oleh karena itu, karena peranannya yang sangat besar dalam hidup kita, sangat disarankan untuk membuat dapur yang terlihat indah dan menarik. Banyak sekali tips yang bisa anda dapatkan untuk mendekorasi dapur anda, tetapi tidak semua bisa anda aplikasikan di dapur anda. Oleh karena, kali ini kami memberikan tips-tips sederhana yang bisa dengan mudah anda praktekkan, yang tentunya akan membuat dapur anda menjadi lebih menarik dan cantik.

    1. Tambahkan Focal Point di Dapur Anda

    Jika anda penasaran dan ingin mengetahui apa itu focal point, focal point adalah sesuatu yang paling anda tonjolkan dalam dekorasi. Untuk dapur, yang bisa anda jadikan focal point biasanya berupa meja dapur, atau bisa juga dekorasi yang unik yang tentunya dapat membuat dapur anda semakin menarik. Dengan menambahkan focal point pada dapur anda, anda akan merasakan nuansa yang kuat pada dapur jika anda bisa menempatkan focal point yang sesuai dengan tema rumah anda.

    Selanjutnya, untuk melengkapi dekorasi, anda bisa menambahkan dekorasi lain yang tidak sekuat focal point di dapur anda. Dekorasi seperti bunga dan tanaman hias bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat dapur anda terlihat menarik dan trendi.

    2. Gunakan Warna yang Kontras Pada Dapur yang Kecil

    Jika dapur anda memiliki ukuran yang sempit dan terbatas, anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan permainan warna yang tentunya akan membuat dapur anda terlihat jauh lebih menarik. Dengan menggunakan kontras yang kuat pada dapur anda, akan memberikan kesan segar yang kuat yang tentunya akan membuat anda dan keluarga semakin nyaman saat menghabiskan waktu bersama orang-orang yang anda sayangi.

    Warna-warna netral akan sangat cocok untuk anda kombinasikan dengan warna yang lebih kuat, seperti jingga dan biru. Hal ini tentunya akan memberikan kesegaran tersendiri yang akan menjadikan dapur anda semakin unik dan nyaman untuk makan bersama keluarga.

    3. Tambahkan Tanaman Gantung di Dapur Anda

    Tanaman merupakan unsur yang penting dalam dekorasi dapur minimalis. Dengan adanya tanaman hias, anda dapat membuat dapur anda terkesan lebih hidup dan segar. Jika anda memiliki dapur yang berukuran kecil, anda bisa mensiasatinya dengan menambah tanaman gantung di dapur anda. Dengan menggunakan tanaman gantung, diharapkan anda dan keluarga akan merasakan kesan segar yang kuat pada saat berada di dalamnya.

    Selain itu anda juga bisa menambahkan bunga-bungaan yang bisa anda tempatkan di dalam vas bunga yang tentunya akan membuat suasana di dapur anda terasa lebih segar dan terkesan alami. Anda juga bisa menggunakan tanaman hias lain yang berukuran kecil yang tentunya akan menjadi tambahan hiasan dekorasi dapur yang akan membuat anda merasa nyaman dan memberikan kesan alami pada dapur anda.

    4.Gunakan Furnitur yang Memiliki Elemen Kayu


    Banyak sekali tips dan trik yang bisa anda aplikasikan untuk membuat dapur kecil anda terlihat lebih elegan dan menarik. Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan furnitur yang kuat elemen kayunya. Dengan menggunakan furnitur dengan elemen kayu yang kuat, akan membuat dapur anda menjadi lebih hangat karena dengan menggunakan elemen kayu yang berwarna gelap dan terkesan alami akan menjadikan dapur anda yang kecil terasa lebih nyaman dan terlihat menarik.

    Anda juga bisa mengkombinasikan dengan berbagai furnitur dengan elemen seperti logam atau plastik, tetapi pastikan temanya memiliki kesatuan yang kuat sehingga tidak membuat dapur anda memiliki desain yang tidak jelas dan akan mengurangi kenyamanan anda dan keluarga saat menghabiskan waktu bersama dengan keluarga.

    5. Menggunakan Kitchen Set yang Sesuai dengan Tema Dapur Anda


    Cara yang paling sederhana dan efektif untuk mendekorasi dapur anda adalah dengan menambahkan kitchen set yang tentunya akan membuat dapur anda semakin terlihat cantik. Menambahkan kitchen bisa dibilang cara yang paling mudah dan instan untuk mendekorasi dapur anda sehinga dapur anda terlihat semakin indah dan rapi. Anda juga bisa menambahkan dekorasi lainnya, seperti bunga-bunga yang kecil yang tentunya akan membuat dapur anda akan terlihat menjadi jauh lebih menarik.

    Pastikan kitchen yang anda pilih memiliki desain yang temanya sesuai dengan dapur anda sehingga dapur anda memiliki desain dan konsep yang kuat dan menjadikan dapur anda semakin indah dan anda semakin nyaman saat berada di dalamnya.

    6. Tempatkan Perabot Dapur Anda dengan Pas

    Menata dapur memerlukan kreatifitas dan imajinasi yang tinggi. Oleh karena itu anda harus bersabar dalam mendekorasi rumah, karena mungkin anda harus memindahkan perabot rumah anda berkali kali untuk mendapat desain dapur yang anda inginkan, Anda bisa menumpuk perabot yang berukuran kecil untuk lebih menghemat ruangan yang akan memberikan kesan luas pada dapur.

    7. Perhatikan Pencahayaan Dapur Anda


    Pencahayaan adalah bagian yang penting dalam dekorasi rumah terurama dapur. Dengan pencahayaan yang pas dan sesuai anda bisa membuat dapur anda semakin terlihat cantik dan menarik. Terlebih dengan pencahayaan yang cukup dari sinar matahari, akan membuat dapur anda semakin sehat dan jauh dari penyakit. Sinar matahari sudah terbukti bisa membunuh banyak penyakit yang bisa merugikan kesehatan. Jadi jika anda ingin dapur anda lebih sehat anda harus menggunakan jendela yang besar untuk memastikan sinar matahari masuk ke dapur anda.

    8. Pastikan Sirkulasi Udara di Dapur Anda Berjalan dengan Baik

    Sirkulasi udara yang sehat pastinya akan membuat dapur anda semakin segar. Dengan udara segar yang masuk ke dapur kita, akan membuat suasana dapur lebih segar dan pastinya akan membuat anda semakin nyaman saat menghabiskan waktu dengan keluarga tercinta. Sirkulasi udara yang baik juga penting untuk mengeluarkan asap saat memasak. Banyak orang yang tidak memperduilkan sirkulasi udara di dapur mereka dan berimbas dapurnya menjadi bau karena udara dari dapur tidak keluar dengan baik.

    9. Gunakan Rak dengan Desain Terbuka untuk Menghemat Ruang

    Anda bisa menggunakan rak dengan desain yang terbuka untuk membuat dapur kecil anda terlihar lebih besar karena dengan desain rak yang terbuka anda bisa menghemat banyak ruang sekaligus menciptakan sedikit sudut mati yang membuat dapur menjadi sempit. Desain seperti ini memang memerlukan kreatifitas yang tinggi, tetapi dengan imajinasi dan kemauan anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri asalkan anda memiliki peralatan yang tepat untuk membuatnya.

    Penutup

    Banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk membuat dapur anda terlihat cantik dan menarik. Dengan mengikuti tips yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber, kami yakin dapur mungil anda dapat berubah menjadi tempat yang terlihat cantik sekaligus menjadikannya tempat yang menyenangkan untuk memasak.
     
  2. Vania Prima Damara

    Vania Prima Damara New Member

    Joined:
    Jan 14, 2019
    Messages:
    17
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    informatif banget nih, kebetulan dapur rumah saya kecil banget. untuk dua orang aja udah sempit
     
  3. Vania Prima Damara likes this.
Loading...

Share This Page