5 Alasan Memasang Kanopi Baja Ringan di Tahun 2019

Discussion in 'Arsitektur' started by akharisma, Jan 25, 2019.

  1. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    - Welcome To My Thread -
    Dahulu, fungsi utama kanopi adalah untuk melindungi barang-barang berharga yang terletak di bagian depan rumah dari paparan sinar matahari maupun terpaan hujan, seperti mobil, sepeda motor atau furniture. Namun, fungsi tersebut sekarang telah bergeser.

    Tidak hanya sebagai pelindung, kanopi juga berfungsi untuk memperindah atau mempercantik exterior rumah, sehingga pemilihan rangka penyusun kanopi harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati.

    Di tahun 2019, terdapat 5 alasan utama konsumen memasang kanopi baja ringan :
    1. Anti Karat
    [​IMG]
    Salah satu sifat besi adalah rentan terhadap karat. Tidak demikian halnya dengan baja ringan. Keistimewaan dari rangka atap baja ringan adalah tahan terhadap karat.

    Baja ringan dilapisi oleh lapisan Galvalum, yaitu pelapis anti karat dengan karbon sebagai komponen utamanya. Lapisan anti karat tersebut berbahan dasar zinc & alumunium zinc.

    Anda tidak perlu menyiapkan dana lebih untuk perawatan kanopi rumah Anda, tidak seperti kanopi besi yang perlu perawatan khusus agar terhindar dari karat. Alasan inilah yang membuat kanopi baja ringan layak menjadi pilihan untuk kanopi rumah Anda.

    2. Pemasangan Lebih Mudah
    [​IMG]
    Alasan kedua adalah teknis pemasangan kanopi baja ringan jauh lebih mudah dibanding kanopi besi. Baja memiliki beban yang lebih ringan, sehingga waktu pemasangan bisa lebih cepat.

    Selain itu, untuk proses perakitan tidak membutuhkan las seperti pada besi, yang membutuhkan waktu cukup lama. Rangka baja ringan dipasang menggunakan baut khusus, yang menjadikan proses pemasangan dapat lebih mudah. Pemasangan kanopi minimalis baja ringan yang cepat akan menghemat ongkos pemasangan kanopi rumah Anda.

    3. Bersifat Non-Combustible
    [​IMG]
    Baja ringan memiliki sifat non-combustible (tidak membesarkan api). Musibah bisa terjadi kapan saja terhadap siapapun, walau kita tidak menginginkannya.

    Salah satu langkah pencegahan yang bisa kita lakukan adalah memilih rangka kanopi baja ringan, agar ketika terjadi kebakaran, api tidak semakin membesar. Berbeda dengan kanopi kayu yang ketika terjadi kebakaran justru akan semakin memperbesar api.

    4. Tidak Mengalami Muai & Susut
    [​IMG]
    Pada intinya, kelebihan kanopi baja ringan ini adalah sifat-sifatnya yang tahan terhadap perubahan cuaca. Selain tahan karat, sifat lain dari baja ringan adalah nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, sehingga jika cuaca berubah-ubah, kanopi dengan material ini tidak akan mengalami perubahan bentuk yang dapat mengubah keindahan bentuknya.

    5. Biaya Lebih Murah

    Alasan kelima, sekaligus alasan yang terpenting bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas untuk pangadaan kanopi rumah yaitu biaya yang murah, lebih murah dibandingkan rangka kanopi lainnya.

    Dari segi harga bahan baku, harga baja ringan lebih murah daripada harga besi. Sedangkan dari segi biaya pemasangan, harga kanopi baja ringan juga lebih murah karena proses pemasangannya yang singkat dan relatif mudah.

    Sumber : Klik Disini
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Baja ringan sekarang ini penggunaanya sudah banyak yang beralih dari bahan kayu diganti dengan baja ringan
    tapi kabarnya kekuatan baja ringan hanya sampai sepuluh tahun tapi apa ini benar atau tidak?
     
  3. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Tergantung dari banyak faktor kang. Kalau pemasangannya benar dan rapi, serta kualitas material baik rangka dan penutup atapnya bagus. Bisa lebih dari 10 tahun kang..:D
     
  4. abarua46

    abarua46 New Member

    Joined:
    Feb 6, 2015
    Messages:
    54
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Bener juga sih sekarang atap kanopi fungsinya buat mempercantik exterior rumah juga, soalnya sekarang atap kanopi juga banyak pilihan warna nya jadi buat rumah modern atau minimalis juga cocok. Selain pemasangan yang harus teliti, bahan material atap kanopi juga harus diperhatikan, misalnya atap kanopi yang punya fungsi anti karat seperti yang dijelasin diatas hehe atau fungsi lainnya yg antipanas & anti korosi.
     
  5. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Betul banget kang....:D
     
Loading...

Share This Page