langkah dalam riset pemasaran

Discussion in 'Internet Marketing' started by zigitmp, Nov 30, 2018.

  1. zigitmp

    zigitmp New Member

    Joined:
    May 18, 2018
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Riset pemasaran yang memiliki wilayah penelitian sangat luas, tentu membutuhkan lebih banyak aspek yang perlu diperhatikan. Disini, seorang pebisnis akan mengetahui perbagai hal mengenai elemen bisnis yang akan membuat gagasan bisnisnya mampu menciptakan kesuksesan seperti apa yang dibayangkan. Seorang pebisnis akan belajar mengenai segmentasi khalayak, yang akan membawa pada mengkategorian khalayak. Lalu Anda akan memilih dan menganalisis khalayak yang sesuai dengan sasaran. Hal tersebutpun bisa tercapai dengan baik kepada para khalayak dengan komunikasi yang tepat. Yaitu, komunikasi pemasaran yang memiliki beberapa langkah dasar merancang riset pemasaran.


    Tidak berhenti disini, pebisnis juga akan mempelajari ujung tombak dari sebuah proyek/bisnis. Yaitu, promisi. Orang sering menyebutnya iklan. Masuk lebih dalam lagi, Anda akan dipertemukan dengan berbagai variasi promosi. Tentu tidak semua promosi cocok dengan bisnis apapun. Anda kembali disajikan dengan pilihan untuk menentukan promosi yang sesuai dengan bisnis tersebut. Semakin dalam lagi, akan diperkenalkan dengan positioning produk, kondisi market, dan hal lainnya yang juga membutuhkan tenaga besar agar Anda mampu memahaminya dengan baik. Faktor-faktor seperti itu yang mungkin menjadi alasan para pemula bisnis memilih untuk mundur. Nah, sebelum Anda melakukan hal yang sama, berikut adalah langkah dasar merancang riset pemasaran. Yaitu:

    1. Merumuskan Masalah
    Langkah awal yang mesti Anda lakukan dalam menjalankan riset pemasaran adalah perumusan masalah. Hal tersebut akan membantu Anda dalam menentukan banyak faktor-faktor yang akan dituju setelah riset dilakukan. Contohnya, Anda akan menentukan budget promosi. Nah, perumusan masalahnya bisa “bagaimana cara mengetahui besar budget yang diperlukan?” ataupun pertanyaan lain yang serupa. Intinya, dari sinilah Anda akan mengetahui jawaban dari permasalahan yang masih bisnis tersebut alami.

    2. Desain Riset
    Langkah selanjut yang mesti dilakukan adalah menentukan desain riset. Mulai dari banyak kuesoner, cara pengumpulan data, sampai mengolahnya. Dalam hal ini biasanya disesuaikan dengan gold tertentu yang diinginkan perusahaan.

    3. Metode Pengumpulan Data
    Elemen yang juga tidak kalah penting dalam melakukan riset pemasaran adalah menentukan metode pengumpulan data. Anda harus bisa menentukan akan menggunakan data primer atau data sekunder. Data primer adalah data yang didapat langsung dari lapangang. Salah satu cara mendapatkannya dengan wawancara, kuesoner, survey, dan lainnya. Sedangkan data sekunder adalah data yang berasal dari data yang sudah ada atau data yang sudah diterbitkan terlebih dahulu. Cara mendapatkannya, bisa meminta kepada pihak yang bersangkutan. Kedua data tersebut memiliki kelebihan dan kekuranga. Jadi, ada baiknya kalau Anda sesuai dengan kebutuhan.

    Info lengkapnya di Jasa riset pemasaran
     
  2. Ganyool

    Ganyool Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    421
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    Riset memang penting tidak hanya dalam pemasaran bahkan dunia blogging pun butuh riset wkwk :p
     
  3. masfrans

    masfrans Member

    Joined:
    May 31, 2018
    Messages:
    31
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    ribet juga ya om untuk riset pemasaran. Butuh orang yang sabar dan teliti
     
  4. abdi

    abdi New Member

    Joined:
    Feb 1, 2019
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    dalam riset harus komprehensif, lakukan penelitian internal dan eksternal aspek . kemudian temukan faktor kunci masing-masing
     
Loading...

Share This Page