9 Cara Sukses Bisnis Percetakan, Omset Berlipat Ganda

Discussion in 'General Discussion' started by Dudu, Feb 11, 2019.

  1. Dudu

    Dudu Guest

    Peluang bisnis ini merupakan satu dari sekian peluang usaha yang paling sering dijumpai, baik di lingkungan rumah atau di kantor. Usaha bisnis percetakan akan selalu ada seiring pertumbuhan ekonomi. Tapi banyak kombinasi situasi dankondisi yang muncul tatkala seseorang ingin memulainya. Dari mana harus memulainya? Mau langsung investasi untuk memulai usaha percetakan? Seberapa besarkah peluang bisnis dunia percetakan?

    Banyak orang yang mempunyai hasrat atau keinginan untuk memulai berwirausaha, tapi kadang bingung memulainya. Dimulai dari tidak fokusnya pilihan atas bidang usaha apa yang hendak dijalankannya sampai terbentur masalah permodalan untuk memulai usahanya.

    Memulai usaha bisnis percetakan sangat menyenangkan. Peluang usaha ini masih sangat ramai digandrungin banyak orang. Untuk itu kami akan buka bagaimana cara memulai dan menjalankan bisnis menjanjikan ini. Berikut tahapan-tahapan yang harus anda lakukan untuk memulai usaha bisnis percetakan :

    1. Mari belajar lebih peka, banyak peluang untuk usaha bisnis percetakan.
    [​IMG]
    Hampir setiap hari kita menemui hal-hal yang bisa kita jadikan lahan bisnis percetakan. Silahkan fokus anda ingin mengambil bisnis percetakan dengan target siapa.

    Saya sudah membahasnya secara mendetail di : 8 Peluang Usaha Percetakan Yang Makin Laris Tahun Ini (anda wajib membacanya agar lebih peka)

    Artikel tersebut saya tulis berdasar pengalaman. Untuk memudahkan anda mengingat saya tulis kembali poin -poinnya. berikut adalah 8 peluang tersebut :
    1. percetakan undangan pernikahan atau khitan​
    2. Formulir di kantor yang khusus​
    3. Buku ujian masuk perguruan tinggi.​
    4. Amplop, Stofmap, dan Kalender Kantor​
    5. Poster dan brosur kegiatan​
    6. Sablon​
    7. Mug unik​
    8. Pemilu dan Pilkada​
    2. Terima Order dan Puaskan para pelanggan
    [​IMG]
    anda wajib menerima order. tidak boleh menolak. hasil pekerjaan anda juga harus sangat bagus. in semua demi nama baik usaha anda .

    Baik itu saudara sendiri atau teman anda, hasil orderan haruslah istimewa dan benar-benar memuaskan pelanggan.

    Jika menurut anda pesanannya rumit. Tetap terima order tersebut dan silahkan minta tolong percetakan lainnya. Citra usaha itu penting.

    Buat image bahwa anda mampu menerima semua orderan dengan baik. Pelanggan yang puas akan merekomendasikan jasa anda.
    3. Menentukan Pasar, ini sangat perlu.
    [​IMG]
    Nah seharusnya anda berada di pusat keramaian atau di pusat percetakan seperti ciputat mega mall. Kelebihan dari teknik lokasi tersebut adalah pelanggan akan datang ke tempat anda. kelemahan teknik ini adalah harganya yang mahal.

    Harga mahal bukan berart tidak ada solusi. Jika anda gagal mendapat lokasi strategis secara offline, anda bisa mendapat ranking 1 di Google.com.

    Ada 2 cara memperoleh rangking satu di google.

    a.Google Adwords

    ini adalah layanan iklan di google. Merupakan cara paling cepat memperoleh rangking di google. anda cukup membayar google untuk setiap kunjungan atau per 1000 tampilan iklan. Menurut pengalaman saya, harga iklan mulai dari Rp15 per klik, tergantung kompetisi iklan.

    b. SEO Lokal

    Ini adalah teknik jangka panjang. anda butuh kesabaran ekstra untuk melakukannya. jika anda melakukannya sendiri, semuanya bisa gratis. cocok untuk orang-orang sabar

    Usaha Percetakan

    4. Pahami bisnis percetakan dan prosesnya
    [​IMG]
    Memahami alur bisnis ini sangat penting. pelajarilah mulai dari menerima order, kalkulasi, proses pengerjaan, quality control (QC), finishing, dan bila diperlukan layanan purna jual.

    Ketahuilah, anda bisa menghemat waktu dan uang untuk setiap prosesnya. jangan membuat pelanggan menunggu atau lari hanya karena anda lambat.

    contohnya saja bagian proses pengerjaan. saat quality control, pasti banyak hasil cetakan yang kita buang karena kualitasnya tidak sesuai. oleh karena itu, saat proses pengerjaan siapkanlah semua dengan rapi. buatlah film atau draft degan sangat baik untuk meminimalisisr hasil cetakan yang rusak.

    Contoh keua adalah bagian kalkulasi (analisa harga). ini terjadi saat anda menerima orderan

    Saya sangat kecewa dengan bisnis percetakan yang tidak bisa langsung memberikan harga. alih-alih mau menunggu keesokan harinya untuk dikirimi harga melalui email atau telepon. Saya langsung mencari percetakan lain.

    Menurut kami percetakan seperti ini tidak punya mesin cetak skala besar, jadi ia menunggu mengontak percetakan yang lebih besar. harga yang mereka tawarkan juga lebih mahal.

    5. Fokus pada peluang yang ada
    [​IMG]
    Banyak yang hanya berangan-angan. Inilah yang akan menjadi pengaruh kurang baik yang akan membuat bisnis anda tidak kunjung terealisasi. Dengan niat yang kuat serta cerdas memilih celah peluang yang ada akan memberikan banyak arti penting bagi permulaan hingga perjalanan bisnis yang akan anda tekuni. Begitu pula dengan bisnis investasi jangka panjang, yaitu bisnis percetakan.

    6. Menjemput Bola
    [​IMG]
    Jangan hanya berdiam diri, jadilah pebisnis yang berfikir sukses, dengan melihat celah dengan benar dan dari arah yang lebih dekat, maka anda akan mendapatkan segi positifnya. Misalnya saja dengan melihat peluang di sekitar anda. Dari acara yang akan diselenggarakan kerabat, tetangga atau teman anda. Seperti khitanan, atau pernikahan mungkin. Begitu pula dengan kebutuhan percetakan yang dibutuhkan Dusun dan Desa dalam kepengurusan RT dan RW. Dan masih banyak lagi celah yang dapat anda gunakan sebagai tapak dalam menjalankan bisnis percetakan ini.

    7. Pelayanan Cerdas
    [​IMG]
    Dengan anda mengetahui tingkat bisnis percetakan dan perjalanannya, maka anda dapat menganalisa kebutuhan bantuan karyawan yang mampu membantu anda dalam menyelesaikan semua pekerjaan di bisnis anda.

    Ketika memakai analisa yang tepat, maka anda juga akan mampu melihat peluang manis mengenai ketepatan pengerjaan yang sesuai. Dengan begitu, anda tidak perlu sulit-sulit mengurangi pelanggan dengan menolak orderan yang datang. Karena orderan yang datang merupakan gudang rejeki tersendiri yang akan menjadi berkah dalam perjalanan bisnis percetakan anda.

    Baca Juga : Kisah Sukses Pengusaha Percetakan yang Sangat Menginspirasi
    8. Wawasan Luas
    [​IMG]

    Jangan ragukan pentingnya wawasan luas, karena anda harus mau untuk terus belajar, begitu pula untuk bertanya ketika tidak mengetahui sesuatu yang berkaitan dengan bisnis anda. Dengan wawasan yang luas mengenai bisnis yang anda jalani, maka akan banyak hal baru yang dapat anda temukan.

    Begitu pula dengan selalu menambah dan memperbarui ilmu. Dari buku, internet, maupun media lainnya, anda akan mendapatkan informasi yang baru. Dengan begitu, anda akan sangat terbantu karena wawasan luas yang anda miliki.

    9.Memahami Bisnis Percetakan
    [​IMG]

    Pebisnis yang sukses selalu mendalami dengan tekun mengenai bisnis yang ia jalani, begitu pula dengan anda, jangan malu untuk berfikir dan berasumsi ala pebisnis sukses. Dengan memahami segala hal yang berkaitan dengan bisnis percetakan, anda akan banyak mendapatkan ilmu dan mampu merancang teori yang tepat dalam perjalanan visi bisnis anda hingga menjadi sebuah bisnis yang tepat dan banyak pendalaman mengenai bisnis percetakan tersebut.
     
    Last edited by a moderator: Feb 11, 2019
  2. Tri Setiawan

    Tri Setiawan Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    290
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Wah, nice banget informasinya thanks gan..
     
  3. agam

    agam Member

    Joined:
    May 30, 2018
    Messages:
    213
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Mantab sangat meninspirasi..

    Investasi properti salah satu peluang bisnis yg tervaik saat ini


    Thanks
     
Loading...

Share This Page