Ingin Asupan Gizi Seimbang Di Bulan Puasa? Ini Dia Rahasianya

Discussion in 'Health & Medical' started by wariorseiya, May 13, 2019.

  1. wariorseiya

    wariorseiya Member

    Joined:
    Feb 22, 2017
    Messages:
    219
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Umumnya beras yang sering dinikmati warga Indonesia berwarna putih. Tidak hanya di Indonesia, beras yang sudah diolah menjadi nasi seakan menjadi menu utama untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari oleh hampir seluruh warga di dunia.

    [​IMG]

    Di Indonesia sendiri nasi putih menjadi makanan pokok. Bahkan sering terdengar istilah “jika tidak makan nasi, rasanya belum kenyang”. Tapi kamu tahu enggak sih, selain beras putih, beras merah juga sangat populer. Meskipun tidak banyak orang yang mengonsumsinya, nyatanya beras merah memiliki banyak manfaat untuk kita. Salah satunya mampu mengatasi diabetes.

    Manfaat Beras Merah
    Sama halnya dengan beras putih, beras merah juga mengandung karbohidrat. Beras merah juga bermanfaat sebagai menu utama diet, selain oat dan kentang. Meskipun memiliki rasa yang lebih hambar, manfaat beras merah jauh lebih baik daripada beras putih. Apa saja manfaatnya?

    Mengatasi diabetes
    Saat tubuh tidak dapat memproduksi hormon insulin yang cukup, kadar gula darah akan meningkat dan hal itulah yang menyebabkan terjadinya penyakit diabetes. Namun jangan khawatir karena tidak bisa mengonsumsi nasi putih, kamu bisa menggunakan alternatif lain dengan memanfaatkan beras merah. Beras merah dapat menurunkan kadar gula secara efektif karena mengandung asam fitrat dan serat yang tinggi.

    Meningkatkan kesehatan tulang
    Beras merah mengandung mineral seperti magnesium dan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Bahkan dengan mengonsumsi beras merah secara teratur dapat mencegah penyakit seperti pegal-pegal, osteoporosis, radang sendi, dan sebagainya.

    Mendetoksifikasi racun
    Mendetoksifikasi artinya membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh kita. Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit yang timbul seperti tipus, demam, dan radang. Beras merah ini diperkaya akan antioksidan yang dapat mendetoksifikasi tubuh dari racun, bakteri, dan kuman. Ketiganya akan dibuang bersama dengan kotoran dan urin.

    Mengobati depresi
    Siapa yang sangka jika beras merah dapat mengobati depresi? Beras merah adalah salah satu bahan alami makanan yang dapat bermanfaat untuk mengobati depresi. Beras merah mengandung asam amino esensial seperti glutamin, gliserin, dan asam gamma-aminobutyric. Beras merash juga ampun untuk meningkatkan produksi serotonin di otak, sehingga dapat mengurangi depresi dan cemas berlebih.

    Mencegah penyakit jantung
    Serangan jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang banyak ditakuti oleh semua orang. Namun, hal itu dapat dicegah dengan pengonsumsian beras merah. Lagi-lagi karena kandungan antioksidannya ini yang membuat beras merah unggul untuk mencegah penyakit jantung. Serat dan antioksidan dapat membantuk membersihkan plak yang terkumpul di arteri dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

    [​IMG]

    Selain dari berbagai kegunaan di atas, masih banyak manfaat lainnya yang dapat kamu rasakan. Beras merah sendiri merupakan bahan alami, sehingga jika dikonsumsi secara teratur tidak memiliki efek samping, tetapi justru menyehatkan tubuh. Olahan beras merah ini juga telah sampai di lidah balita. Beberapa produk makanan bayi mengolah beras merah menjadi bubur, sehingga mudah dicerna.

    Cara Memasak Beras Merah

    Sebenarnya cara memasak beras merah tidak jauh berbeda dengan cara membuat nasi putih pada umumnya. Namun, ada beberapa tahapan yang perlu kamu ketahui untuk menghasilkan tekstur beras optimal dan lezat dikonsumsi.

    • Rendam beras selama 30 menit
    Umumnya beras putih dapat langsung dimasak setelah dicuci. Namun, untuk beras merah harus direndam selama 30 menit terlebih dahulu. Selain bertujuan untuk menghilangkan kotoran, perendaman juga berguna untuk mempercepat nasi agar lebih lunak dan enak disantap.

    • Masak nasi dengan rasio 4:1
    Air memegang peranan lebih banyak dari pada jumlah beras. Satu gelas beras dapat diisi dengan 4 gelas air. Mungkin akan terlihat terlalu banyak air, namun cara itu bertujuan untuk mempercepat tekstur beras lebih lembut.

    • Saatnya mulai menanak nasi
    Untuk menanak sendiri kamu bisa menggunakan dua cara, yaitu di atas kompor dengan sistem tradisional dan menggunakan rice cooker. Meskipun penggunaan rice cooker lebih mempercepat proses, pemilihan cara tradisional lebih memberikan hasil nasi yang lezat. Masak beras dan aduk beberapa kali lalu tutup panci hingga air mendidih.

    Setelah menyusut, angkat. Lalu panaskan dandang, kukus nasi hingga matang. Cara ini juga bisa membuat nasi lebih pulen. Sedangkan jika menggunakan rice cooker, kamu tentu sudah tahu cara mengoperasikannya. Tekan tombol cook lalu tunggu selama 35 menit. Setelah itu buka tutup rice cooker dan aduk rata agar uapnya keluar. Lalu masak setengah matang. Setelah matang jangan langsung dibiarkan dibuka. Tunggu selama 10 menit agar dapat dinikmati dan rasa pun lebih optimal.

    Tips Memasak Beras Merah Lebih Pulen
    Beras merah memiliki kandungan serat, vitamin, mineral, dan yang terpenting adalah rendah gula. Kandungan utama rendah gula inilah yang banyak dimanfaatkan sebagai menu diet. Namun karena teksturnya yang sedikit keras, menjadikan beras merah ini tidak terlalu banyak memiliki peminat. Padahal ada berbagai tips yang bisa kamu coba untuk menghasilkan beras menjadi lebih pulen lho.

    • Simpan beras merah di dalam kulkas
    Apabila satu karung beras tidak muat di dalam kulkas, pindahkan ke wadah terutup. Simpan dalam kulkas selama beberapa bulan. Meskipun terbilang berbeda dengan beras putih pada umumnya, cara tersebut dapat memberikan rasa terbaik dari beras merah.

    • Hindari penggunaan beras merah yang disimpan terlalu lama
    Meskipun menghasilkan rasa terbaik setelah disimpan beberapa bulan, pastikan juga beras masih layak untuk dikonsumsi. Ada baiknya menyimpan beras tidak lebih dari setahun. Penyimpanan beras yang lebih dari setahun akan mengubah rasa.

    • Rendam beras dengan air
    Sebelum dimasak, rendam beras terlebih dahulu selama 30 menit. Hal tersebut bertujuan untuk membuat tekstur beras lebih lunak dan empuk. Biasanya rasio yang digunakan adalah 4:1, yaitu 4 gelas air dengan 1 gelas beras merah.

    • Panggang beras
    Meskipun dipanggang rasa beras tidak akan berubah. Beras merah yang dipanggang akan memperkuat sentuhan rasa kacang dari beras merah. Setelah itu, tumis beras dengan sedikit minyak zaitun, tambahkan air, dan aduk hingga harum.

    • Jangan langsung menyajikan nasi
    Setelah selesai memasak beras merah, jangan langsung membuka tutup panci atau rice cooker. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar uap air terserap oleh nasi dan membuat tekstur lebih ringan dan mengembang. Cara ini juga mencegah nasi menjadi lengket.

    Cara Memasak Beras Merah Sebagai Menu Diet
    Nasi merah juga tidak kalah enak untuk disantap bersama lauk lain. Namun, karena memiliki fungsi utama sebagai pendukung diet, mengolah beras merah tentu perlu diperhatikan. Misalnya seperti resep berikut, yaitu nasi tim beras merah.

    Bahan nasi
    • 225gr beras merah yang dicuci bersih
    • 2 siung bawang putih yang dimemarkan
    • 2cm jahe yang dimemarkan
    • 1 ¼ sdt garam
    • 800ml kaldu ayam
    • 1sdm minyak untuk menumis

    Bahan tumis
    • 200gr ikan tongkol fillet yang potong kotak kecil
    • 500gr kacang polong
    • 1 siung bawang putih yang dicincang halus
    • ½ buah bawang bombay yang dicincang halus
    • 1sdt garam
    • ¼ sdt merica bubuk
    • ¼ sdt gula pasir
    • 1sdt minyak wijen
    • 100ml air
    • 1 batang daun bawang yang diiris halus
    • 1sdm minyak untuk menumis

    Cara memasak beras merah menjadi nasi tim

    • Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
    • Tambahkan ikan lalu aduk hingga berubah warna.
    • Tambahkan kacang polong, garam, merica bubuk, dan gula. Aduk seluruhnya hingga merata.
    • Tuang air, lalu aduk kembali hingga setengah matang. Tambahkan minyak wijen dan aduk merata. Angkat dan sisihkan.
    • Sedangkan untuk mengolah nasi, tumis bawang putih dan jahe dalam minyak wijen hingga harum terlebih dahulu. Tambahkan beras merah dan garam, lalu aduk hingga merata kembali.
    • Tuang kaldu ayam sambil terus diaduk lalu angkat.
    • Masukkan tumisan ke pinggan tahan panas. Tutup dengan aronan beras.
    • Kukus selama 30 menit atau hingga matang.
    • Nasi tim beras merah siap disantap.

    Bagaimana? Sangat menarik bukan pembahasannyaq? Sekali lagi, mengonsumsi beras merah ini sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

    Jangan takut karena teksturnya yang keras, kan sudah ada tips mengolah nasi merah menjadi pulen, sehingga kamu akan lebih leluasa deh dalam menyantapnya. Cukup sekian pembahasan cara memasak beras merah beserta tipsnya. Kamu punya tips dan resep lebih menarik? Yuk saling share.
     
  2. Alamsyah

    Alamsyah Member

    Joined:
    Sep 5, 2016
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Pertimbangan harga beras merah lebih mahal dari beras putih,mknya ga semua org mau konsumsi beras merah
     
  3. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    459
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    lebih mahal,, dan jarang juga sih.
     
  4. Bunga Almira

    Bunga Almira New Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Wow ternyata bisa untuk obat depresi juga beras merah ya. Walau mahal sepertinya gak rugi kalo banyak manfaatnya. Thanks infonya
     
  5. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    beras merah mahal gan
     
  6. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    608
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  7. Buatusaha

    Buatusaha Member

    Joined:
    Sep 28, 2014
    Messages:
    262
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Selalunya gak mikirin gizi. Asal udah lapar mata semua yang dilihat enak pasti dibeli
     
Loading...

Share This Page