Ruang Terbuka Hijau di Dalam Kota, Apa Maksud dan Fungsinya?

Discussion in 'General Business' started by Heri Hartono, May 15, 2019.

  1. Heri Hartono

    Heri Hartono Guest

    Ruang terbuka hijau atau lebih sering disingkat dengan RTH bukan lagi istilah asing di telinga kita. Biasanya masalah RTH ini berkaitan erat dengan pembangunan sebuah kota. Bahwasannya dalam perencanaan sebuah kota yang baik, 30 % diantaranya harus merupakan kawasan RTH. Ingin tau lebih jauh apa itu RTH? Simak penjelasannya ya!

    Pengertian Ruang Terbuka Hijau
    Ruang terbuka hijau atau RTH merupakan sebuah tempat area memanjang yang bersifat terbuka dan di sana ditumbuhi berbagai tanaman maupun pohon-pohon rindang. Itulah mengapa istilah ruang terbuka atau RTH muncul. Biasanya tempat ini berupa taman yang terletak di tengah kota.

    Kawasan RTH ini memang diciptakan khusus untuk masyarakat yang ingin menghabiskan waktu diruang terbuka, dengan suasana alam yang hijau dan sejuk. Akan banyak dekorasi taman yang dapat ditemukan di sana, seperti bunga-bunga yang telah dirawat, lampu taman, kursi taman, maupun slogan-slogan.

    Nah, ada yang unik nih dari slogan-slogan yang biasa ditempel di sana. Kini slogan dilarang merokok bahasa Mandarin menjadi populer dan menarik perhatian masyarakat. Beberapa slogan ini ditempel maupun dipasang pada beberapa bagian RTH yang banyak dilewati pengunjung.

    [​IMG]

    4 Fungsi Ruang Terbuka Hijau
    Sudah tahu apa saja fungsi dari RTH ini? Dan mengapa setiap kota harus memiliki RTH ya? Nah, simak penjelasan singkatnya di bawah ini:

    1.Fungsi ekologis, yaitu RTH didirikan sebagai penunjang paru-paru kota. Penghasil oksigen melalui banyak tanamannya, sehingga di tengah kota yang padat masyarakat masih bisa menikmati suasa alam.

    2.Fungsi Sosbud, yaitu menggbarkan ciri khas dan keunikan suatu daerah dengan adanya berbagai dekorasi taman, contohnya seperti slogan dilarang merokok bahasa Mandarin. Contoh lainnya silahkan kunjungi website ini.

    3. Fungsi Ekonomi, bahwa RTH ini dapat dijadikan sebuah tempat untuk melakukan jual beli para pengusaha pertanian maupun perkebunan.

    4.Fungsi estetika, yaitu sebagai sebuah sarana yang harus ada di kota untuk bentuk penyeimbangan dan keserasian daerah perkotaan. Selain itu dengan adanya RTH ini kota pun akan menjadi lebih indah.

    Begitulah penjelasan singkat mengenai apa itu ruang hijau terbuka serta apa saja fungsinya. Semoga informasi ini bermanfaat!
     
  2. teknolime

    teknolime Member

    Joined:
    Aug 23, 2018
    Messages:
    108
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    hmm kira kira kalau dijakarta gimana ya?
     
Loading...

Share This Page