Masih Bingung Membedakan Plafon Gypsum & GRC di Tahun 2019?

Discussion in 'Arsitektur' started by akharisma, Feb 1, 2019.

  1. akharisma

    akharisma Member

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    198
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    - Welcome To My Thread -
    Di tahun 2019, sudah banyak orang yang memasang plafon, baik plafon Gypsum maupun GRC. Namun masih banyak orang yang masih bingung apa perbedaan dari kedua jenis plafon tersebut. Disini saya akan jelaskan perbedaannya :

    Plafon Gypsum :
    Model-Plafon-Gypsum.jpg
    Plafon gypsum memiliki beberapa kelebihan alam hal pemasangan yang sangat mudah dan cepat. Selain itu gypsum memiliki sifat non-combustible (tahan api), sehingga jika terjadi kebakaran tidak cepat menyebar. Kombinasi dengan rangka metal menjadikan plafon gypsum sebagai struktur yang kokoh.

    Satu hal yang disukai oleh para arsitek atau desainer adalah kemudahan membentuk gypsum menjadi segala bentuk yang estetis, serta finishingnya yang rapi (sambungan tidak terlihat).

    Harga plafon gypsum juga lebih murah daripada plafon GRC. Kekurangan utamanya adalah sifatnya yang tidak tahan air, namun itu berlaku untuk plafon gypsum standard.

    Ada juga Beberapa produsen gypsum yang memproduksi gypsum board yang tahan air (water resistant), memiliki lapisan anti air pada permukaannya dan biasanya digunakan untuk kamar mandi. Namun harganya relatif mahal.

    Plafon GRC :
    Model-Plafon-GRC.jpg
    Bahan utama dari plafon GRC (Glassfiber Reinforced Cement board) adalah campuran dari serat dan semen, dengan ukuran 60 x 120 cm dengan ketebalan 4 mm. Plafon GRC biasa dipasang dengan rangka kayu 4/6 atau 5/7 atau hollow 40/40.

    Keunggulan utama dari material GRC adalah kuat dan tahan bocor. Secara harga, plafon GRC lebih mahal daripada plafon gypsum, namun mengingat masa pakainya yang lebih panjang daripada gypsum maka sebenarnya dapat dikatakan bahwa plafon GRC lebih murah

    Sumber & Harga Pasangnya : Klik Disini
     
  2. bangfaris71

    bangfaris71 Member

    Joined:
    Aug 12, 2017
    Messages:
    25
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Memang hal ini harus di ketahui oleh arsitek atau siapa saja yang ingin pasang plafon gypsum, karena nanti perbedaan harga itu menentukan material, jangan hanya kedepankan murah tapi kualitas jelek, alhadulillah teman saya gypsumjaya.com tidak menggunakan gypsum yang kualitas rendah, karena menjaga kualitas itu penting, kunjungi juga jasa pasang plafon gypsum pamekasan madura.
     
    sang sulung likes this.

Share This Page