Cara Membuat Bayi Kecil Tidur Nyenyak di Malam Hari

Discussion in 'Education' started by Farid Ma'ruf, Jul 14, 2019.

  1. Farid Ma'ruf

    Farid Ma'ruf New Member

    Joined:
    Jun 6, 2018
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Saya pernah alami, bayi kecil tengah malam masih bangun. Jujur jadi capek karena harusnya istirahat jadi begadang. Ternyata ada ya cara menyiasastinya. Ini saya ambilkan dari website Karima. Semoga bermanfaat untuk teman-teman ya.

    Kiat Membuat Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

    Begadang di malam hari karena bayi tidak tidur atau bahkan rewel, tentu membuat capek ya Bunda. Lebih-lebih jika siang harinya kita juga sudah lelah karena banyak aktivitas. Lantas, bagaimana caranya agar bayi bisa tidur lebih nyenyak di malam hari?

    Beberapa cara berikut bisa kita lakukan :

    Pertama, Minimalisir Penggantian Popok di Malam Hari.

    Sering mengganti popok biasanya akan membuat bayi terjaga. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan popok yang daya serapnya tinggi. Jadi popok tidak cepat penuh ketika bayi pipis. Penggantian hanya perlu ketika bayi BAB. Saat membersihkannya, gunakanlah air hangat sehingga nayi nyaman dan tidak kaget.

    Kedua, Redupkan Lampu.

    Lampu yang terlalu terang, apalagi banyak mengenai mata bayi, akan membuat bayi silau dan kurang nyaman. Oleh karena itu, gunakan lampu yang redup sehingga membuat bayi lebih relax. Usahan posisi lampu tepat sehingga tidak mengganggu kesehatan mata bayi. Lampu yang redup juga bisa menjadi tanda waktunya tidur.

    Ketiga, Gunakan White Noise.

    White noise merupakan suara yang terdiri dari beberapa frekuensi yang bisa didengar manusia. White noise ini dapat menyamarkan suara yang mengganggu ketenangan tidur bayi, misalnya suara orang yang berbincang-bincang, atau suara dari aktivitas lainnya.

    Di dalam kandungan . bayi sudah terbiasa mendengar suara berisik, misalnya dari suara denyut jantung ibu, aliran darah, dan berbagai suara lain yang bisa didengar dari dalam kandungan. Suara-suara tersebut justru membuat bayi tidur lebih nyenyak.

    Ayah Bunda bisa menggunakan white noise ini untuk membantu menidurkan bayi. Bisa menggunakan suara kipas angin, menyanyikan lagu pengantar tidur, atau menggunakan aplikasi white noise/pengantar tidur di perangkat smartphone.

    Demikian ya sharing saya. Semoga teman-teman bisa memanfaatkan kiat-kiat di atas. Atau jika ada kiat lain, silakan tambahkan di komentar ya....
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Ingat waktu si kecil masih satu dua bulan, sering terjaga malam hari
    tapi katanya wajar belum bisa membedakan siang dan malam,
    tapi ini belum dicoba nih white noise
     
  3. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    391
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    kalau saya sebisa mungkin kalau masih sore belum terlalu malam si bayi dijaga biar gak tidur dulu biar malamnya bisa tidur nyenyak tanpa bangun ditengah malam
     
Loading...

Share This Page