Tips Rawat Aki Motor, Kick Starter Buat Jarak Dekat

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Jul 17, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Sobat Rider mesti tahu, nih. Sekadar info ya, tiap kali motor dinyalakan dengan elektrik starter, maka arus listrik yang dikeluarkan oleh aki sekitar 400 hingga 500 watt.

    Dan untuk mengembalikan arus yang terpakai, mesin motor harus tetap bekerja kurang-lebih 15 menit. Atau segera dipakai jalan (bukan di diamkan di tempat), karena di kurun waktu itu setrum yang telah dipakai akan kembali terisi.

    Lantas apa jadinya bila motor kerap digunakan dalam jarak pendek. Apalagi jarak yang ditempuh waktunya kurang dari 15 menit. Sudah kebayang dong gimana kondisi setrum di dalam aki. Mau tahu efek yang bakal terjadi dan cara memperlakukan aki agar tetap awet? Begini cerita singkatnya.


    Aki Cepat Tekor Kalau Elektrik Starter Sering Digunakan
    Menggunakan motor dalam jarak dekat, jelas ada efek negatifnya. Apalagi merujuk pada penggunaan arus setrum yang besar, sekali elektrik starter dipakai. Diusahakan jangan keseringan, jelas aki bisa tekor.

    “Cara paling aman agar setrum aki tidak tekor bila motor digunakan dalam jarak dekat, adalah menggunakan kick starter bilamana tunggangan memang menggunakan perangkat tersebut,” papar Gina Gunawan, mekanik Gina Guns di Jl. Raya Cicadas, Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat.

    [​IMG]
    Penggunaan motor jarak pendek bikin aki cepat tekor | Foto: otomotif.kompas

    Sebaliknya bila aki sering dipakai buat menstarter, namun motor sulit hidup atau hanya dinyalakan sesaat. Bisa dipastikan kalau setrum yang tersedia di aki sudah berkurang sebesar watt yang dipakai.

    Jadi, sehebat apapun merek Aki yang dipakai Sobat Riders, dijamin setrumnya cepat tekor. Ending-nya aki motor soak dan tidak bisa dipakai kembali. Lanjut baca ulasan selengkapnya https://moladin.com/blog/tips-rawat-aki-motor/
     
  2. Freaky

    Freaky Member

    Joined:
    Nov 5, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    wah tips yang sangat bermanfaat banget gan, pantesan aki motor ane setahun udh pada soak, semakin jarang menggunakan elektrik starter maka akan semakin panjang umur aki ya ya gan.
     
    Budimola likes this.
Loading...

Share This Page