Penyebab Motor Sulit Dinyalakan, Begini Solusinya!

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Sep 4, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Setiap orang tentu ingin memulai hari dengan penuh semangat. Dengan begitu, Sobat Rider dapat melakukan aktivitas kerja dengan nyaman. Namun, kerap kali menjengkelkan saat motor sulit dinyalakan pagi hari.

    Rasa jengkel akibat permasalahan ini, bisa membuat mood Sobat Rider terganggu selama bekerja. Biar Sobat Rider bisa terhindar dari rasa jengkel karena motor yang sulit dinyalakan saat akan berangkat kerja, tidak ada salahnya kalau memperoleh pengetahuan dalam mencari penyebab masalah tersebut.

    Dengan mengetahui penyebab motor sulit dinyalakan, Sobat Rider dapat mencoba untuk mengatasinya sendiri tanpa perlu membawa motor ke bengkel.


    Masalah Utama yang Menjadi Penyebab Motor Sulit Dinyalakan
    Ketika berhadapan dengan masalah motor yang sulit dinyalakan, Sobat Rider dapat menggunakan 5 faktor yang kemungkinan menjadi penyebabnya. Lima faktor yang dimaksud adalah:


    1. Kondisi busi
    Motor yang sulit di-starter bisa terjadi ketika terdapat permasalahan pada busi. Busi pada sepeda motor memiliki fungsi krusial. Perangkat ini bertugas untuk melakukan konversi dari tenaga listrik menjadi percikan api.

    Selanjutnya, percikan api ini digunakan untuk memulai pembakaran campuran antara bahan bakar dan udara pada ruang mesin. Saat busi rusak, secara otomatis pembakaran di dalam ruang mesin tak bisa dilakukan.

    Kerusakan pada busi motor dapat Sobat Rider ketahui dengan melihat kondisi fisiknya. Biasanya, busi yang soak, memiliki ujung yang terlihat berwarna hitam pekat. Selain itu, Sobat Rider juga dapat melihat celah busi yang longgar. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Problem ini dapat Sobat Rider selesaikan dengan cara mudah. Cukup dengan menggantinya dengan busi cadangan.

    Problem pada busi harus Sobat Rider perhatikan dengan serius. Masalah ini memang terlihat sepele. Namun, kalau Sobat Rider tetap menggunakan busi yang sudah soak, problem yang muncul tidak hanya pada mesin yang sulit dinyalakan. Pada berbagai kasus, masalah ini bisa menjalar ke komponen kelistrikan lainnya, termasuk di antaranya adalah pada bagian kiprok serta koil.


    2. Problem karburator
    [​IMG]
    Bisa jadi karburatornya bermasalah

    Motor yang sulit di-starter juga dapat disebabkan karena adanya masalah pada bagian karburator. Sebelum menjelaskan lebih jauh, Sobat Rider perlu tahu bahwa karburator tidak hanya ada pada motor keluaran lama, tetapi juga bisa dijumpai pada motor terbaru yang berteknologi injeksi. Pada motor injeksi, terdapat komponen yang disebut throttle body yang fungsinya sama dengan karburator.

    Hanya saja, Sobat Rider perlu memperhatikan bahwa karburator memiliki prinsip kerja yang berbeda dengan throttle body. Kedua jenis komponen ini sama-sama berfungsi untuk melakukan pengaturan jumlah bahan bakar serta udara yang menuju ke silinder mesin. Perbedaannya hanya terletak pada keberadaan komponen injektor yang dimiliki oleh throttle body.

    Ketika karburator mengalami permasalahan, proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang mesin tidak bisa berlangsung secara sempurna. Bahkan, pembakaran tersebut juga bisa mengalami kegagalan dan berimbas mesin tak mau menyala. Untuk mengatasi permasalahan ini, Sobat Rider dapat memanfaatkan tuas choke yang menempel pada karburator. Tujuannya adalah untuk memperbanyak asupan bahan bakar yang menuju silinder.


    3. Aki yang bermasalah
    Aki yang soak juga bisa menjadi penyebab kenapa motor sulit dinyalakan, khususnya pada motor keluaran terbaru yang menggunakan sistem injeksi. Ketika aki mengalami masalah, bisa dipastikan bahwa seluruh sistem kelistrikan tidak akan berjalan, termasuk di antaranya adalah bagian electronic control unit (ECU).

    Pada motor injeksi, ECU punya peran untuk memerintah fuel pump atau pompa bahan bakar untuk mengalirkan bahan bakar menuju injektor. Ketika ECU tidak bisa bekerja dengan baik, otomatis motor tak akan bisa melakukan pembakaran karena tidak ada asupan bahan bakar menuju injektor. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
  2. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    459
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    Kalo motor matik suka mati sendiri gimana itu.
     
    Budimola likes this.
  3. Usnul Queenbee

    Usnul Queenbee New Member

    Joined:
    Jul 22, 2015
    Messages:
    5
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    kemungkinan malah bisa jadi gak ada bensin kali :(
     
    Budimola likes this.
  4. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    414
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Walau sudah tau titik masalahnya dimana, saya akui semua gx ada gunanya bagi saya karena gx ngerti sedikitpun selain mengendarai saja :D
     
    Budimola likes this.
  5. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Wah thank u bro infonya :D:D
     
  6. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Iya ya bener juga :D:D:D
     
  7. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Wahh, maka dari itu harus belajar tentang motor juga nih gan :D:D:D
     
Loading...

Share This Page