5 Bahan Pembuat Kampas Rem, Mana yang Lebih Baik?

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Sep 5, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Salah satu bagian penting yang terdapat pada kendaraan bermotor adalah kampas rem. Benda ini berfungsi dalam sistem pengereman. Ketika sebuah motor sedang mengerem, ada dua material yang bergesekan, yaitu kampas dengan piringan atau tromol. Dalam proses tersebut, energi gerak berubah menjadi energi panas.

    Akibat gesekan yang tidak bisa dihindarkan, bisa mengalami keausan. Nah, supaya kedua material tersebut tidak perlu dikorbankan, salah satunya harus bersifat lebih lunak. Karena lebih mudah diganti dan harganya lebih murah dibandingkan tromol rem, material inilah yang seharusnya lebih lunak.


    Bahan Pembuat Kampas Rem

    [​IMG]
    Meski kecil, komponen ini terbilang penting di sepeda motor

    Kampas rem bersifat lunak, tetapi tetap harus memiliki daya gesek. Untuk menciptakan material seperti itu, bahan-bahan yang digunakan tentu harus selektif. Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat kampas rem.


    Asbes
    Pada zaman dulu, asbes sangat populer sebagai bahan komponen ini. Bahkan, bahan inilah yang pertama kali digunakan sebagai kampas rem. Karakteristik asbes memang sangat cocok dengan sistem pengereman. Harganya juga cukup murah. Asbes memiliki ketahanan, khususnya pada temperatur tinggi.

    Akan tetapi, asbes saat ini tidak boleh lagi digunakan sebagai bahan untuk membuat komponen otomotif. Pasalnya, pada 1980-an, Health Conscious Scandavians menyatakan bahwa asbes membahayakan kesehatan manusia. Asbes berbahaya jika masuk ke tubuh manusia karena memiliki sifat karsinogenik.

    Ketika terjadi pembersihan dalam sistem pengereman, debu asbes pada motor akan mencemari udara. Akibatnya, semua orang yang menghirup udara di area tersebut berpotensi keracunan asbes. Itulah kenapa asbes tidak layak dijadikan sebagai bahan komponen yang satu ini. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
  2. Ahwas

    Ahwas Guest

    wih anak ciledug petukangan
     
    Budimola likes this.
Loading...

Share This Page