Kenapa Tanda Tangan digital lebih aman ? ini alasannya

Discussion in 'General Discussion' started by safri m hasak cakmar, Sep 8, 2019.

Tags:
  1. safri m hasak cakmar

    safri m hasak cakmar Member

    Joined:
    Dec 12, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Penggunaan tanda tangan digital setahun terakhir ini sudah semakin meningkat. Ini terlihat dari jumlah pengguna tanda tangan digital PrivyID yang mencapai 2,2 juta pengguna. Belum lagi pengguna dari segmen pemerintah yang memakai layanan tanda tangan digital dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

    Co-founder PrivyID, Guritno Adi Saputro menyampaikan, dibandingkan tanda tangan konvensional atau basah yang sudah digunakan sejak lama, tanda tangan digital sebetulnya lebih aman dan sangat sulit untuk dimanipulasi.

    "Kalau pakai tanda tangan digital, itu sebenarnya lebih secure. Legalitasnya juga sudah dijamin oleh Undang-Undang," kata Guritno, di acara pengumuman kolaborasi antara PrivyID dan Amartha, di Jakarta, Kamis (6/12).

    Dengan tanda tangan digital, lanjut Guritno, segala perubahan yang terjadi setelah dokumen ditandatangani juga bisa mudah diketahui. Di sisi lain, tanda tangan digital juga menghilangkan risiko dokumen rusak, hilang, atau dibuka tanpa izin oleh pihak ketiga seperti yang kerap terjadi pada dokumen kertas.

    "Seluruh data identitas yang dimasukkan pengguna akun PrivyID juga sudah melalui proses verifikasi e-KTP. Ini tentunya bisa meminimalisir risiko penipuan dan meningkatkan keamanan transaksi elektronik dengan identitas yang sudah terjamin validitasnya," papar dia.

    Saat ingin memakai tanda tangan digital, lanjut Guritno, pengguna juga harus melalui otentikasi dua faktor untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan tanda tangan digital oleh orang lain yang tidak berhak. Yang pertama, pengguna harus log in terlebih dahulu ke aplikasi atau website PrivyID menggunakan ID dan password yang hanya diketahui oleh mereka. Kedua menggunakan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS, atau melalui sidik jari dan foto wajah.

    Maka dari itu sobat harus banyak belajar dalam membuat tanda tangan unik. contoh tanda tangan keren sudah banyak bisa didapatkan diinternet.

    Untuk memperbaiki kualitas industri fintech di Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga telah mewajibkan penggunaan tanda tangan digital yang sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundangan di Indonesia. Tanda tangan digital ini wajib digunakan dalam pengesahan perjanjian antara penyelenggara, pemberi, dan penerima pinjaman.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Tanda tangan digital itu apa termasuk sidik jari itu ya?
    kalau masuk memasukkan sidik jari dulu juga kalau pulang
     
  3. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    89
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    Indonesia Go Digital.
    Maunya ada KK digital, KTP digital, Buku nikah digital, Sertifikat tanah digital, Dan makanan digital :)
     
  4. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,472
    Likes Received:
    216
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Saya salah paham, saya kira Tanda Tangan Digital = Digital Signature (dalam bahasa inggris) yang berupa sebuah cryptography untuk validasi data dan autentikasi digital, tapi lebih kepada tanda tangan elektronik ya? :oops:
     
Loading...

Share This Page