8 Sebab Motor Susah Starter, Ternyata Begini Solusinya

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Sep 20, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    453
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Kelebihan motor modern dibanding motor klasik ada pada fungsi starternya. Kalau motor klasik dekade 80-an ke bawah, starter otomatis belum disematkan. Kalau mau menyalakan motor, Anda harus kerja keras terlebih dahulu untuk menyalakan mesin.

    Berbeda dengan mesin lawas, mesin modern hanya membutuhkan satu tekan saja untuk menyala. Baik motor matic atau bebek sudah menggunakan sistem ini meski sistem manual masih disematkan.

    Meski sistem modern ini memudahkan pengendara untuk menyalakan motornya, gangguan starter sering sekali terjadi. Meski panel sudah ditekan, tidak ada listrik yang mengalir dan menyalakan mesin dengan cepat. Kalau Anda pernah mengalami kejadian ini, berikut beberapa penyebabnya.


    1. Mesin Kemasukan Air
    Mesin rawan sekali kemasukan air dan menyebabkan proses pembakaran tidak bisa berjalan dengan lancar. Air akan menghambat proses sehingga mesin tidak bisa dinyalakan dengan cepat. Umumnya air masuk ke dalam motor melalui lubang busi, karburator, hingga knalpot.

    Air yang masuk harus dikeluarkan terlebih dahulu baru mesin bisa dinyalakan kembali. Masuknya air ke dalam mesin umumnya terjadi saat sedang terjadi hujan dan banjir. Motor yang menerjang masuk ke dalam banjir rawan sekali mengalami mogok dan harus dibawa ke bengkel kalau mau jalan lagi.


    2. Ada Bagian Mesin yang Rusak
    Mesin terdiri dari berbagai jenis komponen yang disatukan dan menjadi sistem yang bekerja bersama. Kalau dalam sistem ada bagian yang mengalami kerusakan, fungsi dari mesin akan mengalami penurunan dan menyebabkan motor tidak bisa digunakan.

    Beberapa bagian mesin yang kemungkinan mengalami kerusakan terdiri dari kabel koil, koil, platina, spull, hingga magnet. Bagian ini harus diganti kalau memang terjadi kerusakan. Kalau tidak diganti, mesin akan susah sekali melakukan starter atau malah tidak bisa distarter sama sekali.


    3. Busi Sudah Tidak Berfungsi Bikin Starter Tidak Berfungsi
    [​IMG]
    Busi tidak berfungsi, motor jadi sulit distarter

    Busi sangat penting untuk mesin kendaraan bermotor. Kalau busi sampai tidak bisa berfungsi lagi, motor akan sulit sekali distarter. Umumnya busi yang seperti ini harus diganti dengan yang baru atau dikeringkan dahulu kalau kondisinya sedang basah.

    Selain penggantian busi menjadi baru, Anda juga harus memperhatikan jenis busi yang digunakan. Di luar sana ada beberapa jenis busi yang cocok dengan jenis mesin tertentu. Kalau busi tidak cocok dengan motor, kemungkinan besar mesin susah distarter.


    4. Aki Motor Tidak Bekerja
    Aki pada motor bekerja untuk menghasilkan listrik. Selanjutnya listrik inilah yang akan menggerakkan berbagai komponen di motor termasuk bagian starter. Kalau aki sudah mati atau soak, listrik tidak akan ada pada motor sehingga mesin susah dinyalakan dengan sempurna.

    Ganti aki dengan yang baru atau isi lagi daya pada akinya kalau berjenis kering. Kalau berjenis basah mungkin butuh tambahan cairan asam sulfat ke dalamnya. Dengan melakukan dua hal ini mesin motor bisa distarter kembali dan Anda tidak akan mogok di jalanan.


    5. Starter Elektrik Kotor
    [​IMG]
    Starter kotor sebabkan mesin susah menyala

    Saklar starter adalah bagian yang kita tekan untuk menyalakan motor. Kalau bagian starter ini mengalami kotor, kemungkinan besar mesin akan susah dinyalakan. Listrik tidak akan bisa mengalir dan mulai menyalakan mesin. Bersihkan bagian starter elektrik ini secara berkala agar tidak kotor bagian dalamnya.

    Kalau Anda tidak bisa membersihkannya sendiri, bawa ke bengkel secara rutin. Paling tidak setiap 2-3 bulan sekali atau saat proses starter tidak bisa berjalan dengan lancar. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
  2. Buatusaha

    Buatusaha Member

    Joined:
    Sep 28, 2014
    Messages:
    262
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Saya ga pinter naik motor, jadinya kemana-mana suka naik sepeda atau dibonceng aja
     
    Budimola likes this.
Loading...

Share This Page