Manfaat Bawang Putih Untuk Penderita Sinusitis

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Nov 1, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    668
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Sinusitis merupakan masalah pada sistem pernafasan yang banyak dikeluhkan, ini karena gejala sinusitis sering kali mengganggu penderitanya. Dari mulai nyeri berkepanjangan pada hidung, lendir berlebih dan lainnya. Penyakit ini tidak boleh dianggap sepele sebab jika sudah parah harus dilakukan operasi, tidak hanya itu Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami di sekitar. Untuk dijadikan alternatif pengobatan sinusitis, salah satunya ialah bawang putih.

    Sudah banyak kita diketahui jika bawang putih ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, bahkan rempah dapur ini sering dijadikan obat alami untuk membantu mengobati penyakit. Selain karena mudah di temukan, harganya pun relatif terjangkau. Namun sayang banyak orang yang kurang suka karena rasa dan baunya yang menyengat, namun di balik itu bawang putih ini mengandung banyak sekali khasiat.

    Khasiat bawang putih untuk sinusitis ini di dapatkan dari kandungan senyawa belerang yang disebut dengan allicin, dimana senyawa ini bisa membuat lendir menjadi kering. Tidak hanya itu bawang putih juga mampu mengurangi infeksi yang disebabkan oleh pembengkakan lapisan dalam dari saluran sinus.

    Dilansir dari Live Strong, aroma menyengat yang dikeluarkan oleh bawang mempunyai manfaat untuk menghilangkan penyakit sinus. Walau demikian aroma tersebut juga bisa membuat mata kita menjadi perih dan berair, sifat kimia yang dimiliki oleh bawang dapat menjadi obat sederhana untuk menghempas sinus dari hidung.

    Cara Ke-1 :
    • Pertama ada potong beberapa bawang mentah,
    • Lalu campurkan dengan air panas,
    • Bila sudah dekatkan pada hidung untuk mendapatkan uapnya.
    Cara Ke-2 :
    • Pertama siapkan semua bahan yang akan digunakan yakni : 5-6 siung bawang putih, 1 sendok jus lemon, 1 bawang merah, 2-3 lobak dan 1 sendok makan madu.
    • Kupas kulit bawang putih dan bawang merah terlebih dahulu.
    • Lalu potong bawang bombay dan lobak menjadi potongan kecil.
    • Rebus semua bahan tadi dalam panci selama 15 menit.
    • Setelah itu, saring cairan tadi.
    • Tambahkan jus lemon dan madu ke dalamnya, lalu konsumsi ramuan herbal ini.
    Tidak hanya bisa membantu mengatasi sinusitis bawang putih juga bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kandungan senyawa yang ada di dalamnya mampu mengurangi bakteri di dalam tubuh. Anda juga sebaiknya hindari kebiasaan buruk merokok tembakau yang bisa mengakibatkan iritasi serta memperburuk aliran lendir sehingga membuta sinus menjadi menumpuk.
     
  2. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    159
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Umumnya sinusitis itu karena apa sih ? Virus kah atau bakteri yang ada di lingkungan sekitar yang terhirup ke hidung ya ?
     
  3. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    420
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Kalo pakai rokok elektrik bagaimana?
     
Loading...

Share This Page