Cincin Pintar, Apakah itu?

Discussion in 'Computer' started by Tirah Wawas, Apr 9, 2019.

Tags:
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    315
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Cincin pintar telah dikembangkan selama bertahun-tahun oleh banyak produsen. Tetapi akhir-akhir ini hadir sejumlah merek yang telah membuat cincin pintar dengan desain yang terlihat bagus, terasa nyaman digunakan dan mengemas teknologi yang bermanfaat di dalam bentuk yang sangat kecil.

    Seperti diulas oleh TechRadar, pada umumnya, cincin pintar adalah cincin yang memiliki beberapa jenis teknologi yang tertanam di dalamnya, baik itu chip NFC atau sensor, seperti optic untuk memonitor detak jantung atau accelerometer.

    Selain cincin pintar juga memiliki teknologi yang dapat melakukan sinkronisasi dengan ponsel pintar melalui Bluetooth, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengetahui lebih lanjut tentang data yang dikumpulkan.

    Namun, walaupun hanya karena perangkat disebut cincin pintar, bukan berarti itu harus dikemas dengan teknologi. Saat ini banyak sekali cincin pintar yang beredar di pasaran dan masing-masing memiliki perbedaan.

    Beberapa cincin pintar ada yang berfungsi memonitor tidur, aktivitas, denyut nadi, dan lainnya, dengan harga mulai 3 jutaan. Sementara yang lainnya hanya memiliki chip NFC di dalamnya untuk membuka kunci barang dan harga hanya sekitara 100 ribuan.

    Dalam beberapa tahun terakhir teknologi telah semakin maju, sehingga bentuk teknologi yang bisa dibenamkan kedalam cincin pintar pun semakin beragam. Misalnya saja saat ini ada cincin pintar yang memiliki empat sensor yang berbeda yaitu pengukuran pulsa optik inframerah untuk membaca denyut jantung, accelerometer 3D untuk mendeteksi gerakan, giroskop untuk mendeteksi gerakan dan keseimbangan serta sensor suhu tubuh.

    Selain teknologi dan fitur-fitur tersebut cincin pintar juga memiliki baterai on-board dan mikrokontroler. Bahkan telah menggunakan titanium dan pelapis karbon seperti berlian (DLC) sebagai casingnya yang di desain untuk mencegah a lergi.

    Karena banyaknya tantangan teknologi dan desain yang muncul dalam pembuatan cincin pintar, maka saat ini tidak banyak pilihan. Memang, ada beberapa yang tersedia di Amazon yang mengklaim memiliki NFC smart built-in, tetapi belum teruji banyak.

    Untuk saat ini masih sulit untuk memprediksi bagaimana cincin pintar akan berkembang kedepannya. Tentunya para pengguna perangkat pintar berharap bahwa sekarang teknologi dan desain yang saat ini ada dapat memberikan fungsi lebih banyak serta lebih banyak merek yang hadir, sehingga dapat membuat harga cincin pintar menjadi lebih terjangkau khususnya cincin pintar yang memiliki desain dan tujuan khusus seperti di bidang kesehatan.
     
  2. teknolime

    teknolime Member

    Joined:
    Aug 23, 2018
    Messages:
    108
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Makin keren aja ya teknologi jaman kini. Mau gak mau gak boleh ketinggalan informasi yang informatif kaya gini nih. Suwun om
     
  3. FLou91

    FLou91 Member

    Joined:
    Oct 26, 2017
    Messages:
    55
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    ya lebih minimalis aja sih ini, ketimbang jam pintar. tapi teteplah gue prefer pakai jam pinter hahaha
    lebih keliatan keren aja dan simpel
     
  4. Ari Wisnu

    Ari Wisnu New Member

    Joined:
    Oct 29, 2019
    Messages:
    17
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
  5. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    787
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    wih keren gan apa sudah masuk indo ya ? tambah maju teknologi bisa buat apa aja termasuk untuk kesehatan
     
Loading...

Share This Page