Sejarah Internet Ternyata Berasal Dari Alat Hitung

Discussion in 'General Internet' started by ninobalmy, Dec 7, 2019.

  1. ninobalmy

    ninobalmy New Member

    Joined:
    Aug 24, 2013
    Messages:
    19
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    sumber gambar : http: //carabikinwebsite.com/aset/firstkomputer.jpg
    Internet yang kita nikmati ini ternyata asalnya dari alat hitung penambahan "Model K" Adder yang kemudian disempurnakan oleh Konrad Zuse yang disebut komputer Z2 pada tahun 1939. Penemuan Internet dilatar belakangi oleh banyak ilmuwan yang mengembangkan mesin dengan jalannya masih-masing.Seperti Internet yang kita kenal saat ini dengan perkembangan teknologi yang begitu luas dan terus berubah, tidak mungkin untuk menghargai penemuan internet untuk satu orang saja. Internet adalah karya lusinan ilmuwan perintis, programer dan insinyur yang masing-masing mengembangkan fitur dan teknologi baru yang akhirnya bergabung menjadi “jalan raya informasi” yang kita kenal sekarang.

    Jauh sebelum teknologi ada untuk benar-benar membangun internet, banyak ilmuwan telah mengantisipasi keberadaan jaringan informasi di seluruh dunia. Nikola Tesla bermain-main dengan gagasan "sistem nirkabel dunia" pada awal 1900-an, dan para pemikir visioner seperti Paul Otlet dan Vannevar Bush menyusun sistem penyimpanan buku dan media yang dapat dicari secara mekanis pada 1930-an dan 1940-an.

    Namun, skema praktis pertama untuk internet tidak akan tiba sampai awal 1960-an, ketika J.C.R. MIT Licklider mempopulerkan ide "Jaringan Intergalaksi" komputer. Tak lama kemudian, para ilmuwan komputer mengembangkan konsep "packet switching," sebuah metode untuk mentransmisikan data elektronik secara efektif yang nantinya akan menjadi salah satu blok bangunan utama internet.

    Prototipe Internet pertama yang dapat dikerjakan datang pada akhir 1960-an dengan penciptaan ARPANET, atau Advanced Agency Projects Agency Network. Awalnya didanai oleh Departemen Pertahanan A.S., ARPANET menggunakan pengalihan paket untuk memungkinkan banyak komputer berkomunikasi dalam satu jaringan.
    Pada tanggal 29 Oktober 1969, ARPAnet menyampaikan pesan pertamanya: komunikasi "node-to-node" dari satu komputer ke komputer lain. (Komputer pertama terletak di laboratorium penelitian di UCLA dan yang kedua di Stanford; masing-masing seukuran rumah kecil.) Pesan— "LOGIN" —adalah pendek dan sederhana, tetapi tetap saja menghancurkan jaringan ARPA yang masih baru. : Komputer Stanford hanya menerima dua huruf pertama catatan itu.

    Teknologi ini terus tumbuh pada 1970-an setelah ilmuwan Robert Kahn dan Vinton Cerf mengembangkan Transmission Control Protocol dan Internet Protocol, atau TCP / IP, model komunikasi yang menetapkan standar bagaimana data dapat ditransmisikan antara beberapa jaringan.

    ARPANET mengadopsi TCP / IP pada 1 Januari 1983, dan dari sana para peneliti mulai mengumpulkan "jaringan jaringan" yang menjadi Internet modern. Dunia online kemudian mengambil bentuk yang lebih dikenal pada tahun 1990, ketika ilmuwan komputer Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web. Meskipun sering bingung dengan internet itu sendiri, web sebenarnya hanyalah cara paling umum untuk mengakses data online dalam bentuk situs web dan hyperlink.
    Web membantu mempopulerkan internet di kalangan publik, dan berfungsi sebagai langkah penting dalam mengembangkan harta informasi yang kini sebagian besar dari kita akses setiap hari.

    Terinspirasi dari : cara bikin website (carabikinwebsite.com)
    Artikel sumber :
    Sejarah Website
    http://carabikinwebsite.com/category/sejarah/sejarahwebsite.html

    Komputer Pertama di Dunia
    http://carabikinwebsite.com/category/sejarah/komputerpertamadidunia.html


     
    Last edited by a moderator: Dec 8, 2019
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    514
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    komputer nya sendiri kan memang awal nya fungsi nya untuk menghitung ,
     
  3. MI Pasirmunding

    MI Pasirmunding New Member

    Joined:
    Dec 1, 2019
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
Loading...

Share This Page