[ask] Apakah ada manfaat membuat alamat di google maps?

Discussion in 'General Internet' started by ziuma, Jan 22, 2020.

  1. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,563
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    Selamat sore,

    Saya mau tanya sedikit, apakah ada manfaatnya kalau kita mencantumkan alamat website di google maps? apakah ada pengaruh ke trafik atau SEO. serta apakah ada kerugiannya juga?

    kebetulan saya sudah daftarkan dan munculnya seperti ini
    [​IMG]

    Mungkin itu saja dulu

    Terima Kasih
     
    Last edited: Jan 22, 2020
  2. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,655
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    ada bagusnya pasti, tapi bukan artinya jika dipasang pasti melejit ...

    **tips :
    kalau mau tau berapa banyak trafik dari gmb / google maps coba pakai "utm" biar ke track
     
    ziuma likes this.
  3. Rimala Nursery

    Rimala Nursery Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    254
    Trophy Points:
    83
    Bagi saya manfaat banget bang.. warung bapak saya jadi titik grab dan gojek:D:D:D dan titik kebun saya juga kebaca:D
     
    ziuma likes this.
  4. Rimala Nursery

    Rimala Nursery Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    254
    Trophy Points:
    83
    Saya malah nambah kontak ke warung:D:D:Ddan dapet level guide 4 dari mbah maps:(
     
    ziuma likes this.
  5. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,563
    Likes Received:
    240
    Trophy Points:
    63
    utm itu apa bang @ncang

    *bingung*
     
  6. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Saya level 5 hadianya apa ya om
    tapi keren sih, alamat rumah mbah saya juga saya masukkan di map jadi ada saudara datang bisa buka maps tanpa bingung tanya sana sini
     
    ziuma likes this.
  7. Rimala Nursery

    Rimala Nursery Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    254
    Trophy Points:
    83
    Untuk masalah hadiah saya kurang tau bang.. tapi local guide nya itu loh yang naikin reputasi kita... kek semacam kepercayaan mungkin
     
    ziuma likes this.
  8. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,655
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    parameter buat pelacakan, misalnya pakai google analytic, jadi tau sumbernya dari mana..
    Code:
    https://ziuma.com/?utm_source=google&utm_medium=gmaps&utm_campaign=hemat
     
    ziuma likes this.
  9. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Kalau langsung berhubungan dengan SEO sih nggak (bukan parameter SEO). Tapi bagi pebisnis sangat berpengaruh besar, selain trust, jika punya website dengan kata kunci spesifik dengan produknya bisa muncul dan punya peluang dikunjungi, yg akhirnya bisa menaikkan posisi di SERP.
     
    ziuma likes this.
  10. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    420
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Setau saya, itu dapat mempermudah pencarian titik lokasi
     
    ziuma likes this.
  11. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,251
    Likes Received:
    190
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kalau direct ke SEO nggak ada efeknya sih...
    Efek utamanya mempermudah "alamat" untuk ditemukan. Sangat cocok untuk bisnis baik kuliner atau lainnya yang memerlukan adanya toko fisik.
     
    ziuma likes this.
  12. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,369
    Likes Received:
    153
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Maps? adalah, apalagi kalo pake yang Google My Business. Ini dia 10 Manfaat Menggunakan Google Bisnisku untuk Menarik Lebih Banyak Pelanggan dan Klien Lokal

    Untuk mendapatkan gagasan yang lebih baik tentang apa yang ditawarkan Google Bisnisku kepada Anda, penting bagi Anda untuk melihat manfaat menggunakannya. Berikut adalah sepuluh alasan utama mengapa bisnis Anda harus menggunakannya untuk menarik lebih banyak pelanggan lokal:

    1. Gratis

    Sebagai alat pemasaran gratis, Google Bisnisku dapat secara drastis meningkatkan peluang Anda ditemukan online dan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Tentu saja, memiliki daftar saja tidak cukup - itu harus 100% lengkap dan dioptimalkan untuk mendarat di dekat bagian atas hasil daftar lokal.

    Karena tidak memerlukan biaya apa pun untuk menggunakannya, Anda pasti kehilangan peluang besar untuk mendapatkan lebih banyak paparan online.

    2. Membantu Pelanggan Menemukan Lokasi Fisik Anda

    Dengan menggunakan Google Bisnisku, Anda dapat mencantumkan alamat dan lokasi bisnis Anda di peta. Ini memastikan bahwa para pencari tidak perlu lagi bergantung pada peta kertas atau instruksi tertulis untuk menemukan Anda; alih-alih, mereka dapat menjangkau Anda melalui petunjuk yang tepat.

    3. Visibilitas Pencarian Lebih Baik

    Ketika Anda mencari di Google, Anda mungkin telah melihat panel visibilitas tinggi di dekat bagian atas halaman (di bawah iklan berbayar dan di atas hasil organik); biasanya berisi 3 daftar bisnis lokal dan informasinya. Ini diisi dengan daftar Google Bisnisku. Daftar lengkap dan dioptimalkan dapat membantu bisnis Anda mendarat di bagian ini. Selain itu, klik sederhana akan mengarahkan pencari Anda ke seluruh konten Anda, seperti situs web Anda - atau bahkan panggilan telepon langsung ke tempat usaha Anda.

    4. Menampilkan Informasi Berguna

    Google Bisnisku memberi Anda tempat untuk membuat pembaruan bisnis penting yang dapat segera dilihat oleh pencari. Informasi yang berguna dan terkini tentang bisnis Anda akan segera ditampilkan di daftar Google Bisnisku; pencari dapat melihat Anda:

    * Operasi berjam-jam
    * Periode Sibuk
    * Petunjuk arah
    * Foto
    * Tombol panggil sekarang ditampilkan untuk pengguna seluler
    * Deskripsi bisnis Anda

    Daftar Anda akan mudah diakses di tablet dan ponsel pintar seperti di desktop dan laptop hanya karena Google berkomitmen penuh untuk revolusi ponsel.

    5. Saluran Komunikasi Lainnya

    Anda akan membuka saluran komunikasi interaktif baru dengan klien dan pelanggan potensial dan yang ada dengan membuat profil Google Bisnisku. Selain itu, ia menawarkan tempat lain untuk mempromosikan promosi dan penawaran khusus Anda.

    6. Hangout dengan Pelanggan

    Apakah Anda memiliki sesi obrolan khas dengan pelanggan Anda atau menjawab pertanyaan mereka yang paling mendesak, Google Hangouts adalah platform hebat lainnya untuk terhubung dengan pelanggan Anda.

    Google Hangouts memungkinkan Anda berkomunikasi dengan sepuluh hingga lima belas pelanggan sekaligus. Ini membuatnya menjadi cara yang bagus untuk melibatkan pelanggan dan mempromosikan hubungan dengan mereka. Anda juga dapat menggunakan Google Hangouts untuk membuat konten instan yang dapat Anda bagikan di banyak saluran.

    Saat ini, meng-hosting Hangout lebih mudah dari sebelumnya karena Anda hanya perlu menavigasi ke bagian bawah dashboard Google Bisnisku dan mengklik Bergabung dengan Hangout untuk itu.

    7. Dapatkan Wawasan Pelanggan

    Tab Wawasan di Google Bisnisku menawarkan Anda akses ke banyak analitik. Informasi yang Anda lihat adalah sesuatu yang dapat Anda sesuaikan. Selain itu, Anda cukup memilih statistik untuk dibandingkan dan mereka akan muncul di grafik. Anda kemudian dapat membandingkan statistik dengan Wawasan.

    Visibilitas, keterlibatan dan audiensi adalah tiga bagian utama. Bagian visibilitas menunjukkan jumlah tampilan yang diperoleh profil, pos, dan foto Anda. Selanjutnya, Anda dapat mengubah data untuk menampilkan laporan 7, 30 atau 90 hari terakhir dan memiliki akses ke grafik.

    Bagian keterlibatan menunjukkan bagaimana audiens Anda berinteraksi dengan posting Anda. +1 klik, bagikan, dan komentar adalah tempat Anda akan melihat statistik. Anda juga dapat melihat hasil dari 7, 30 atau 90 hari terakhir, serta Anda bisa menggambar grafiknya.

    Akhirnya, bagian audiens menunjukkan pengelompokan orang yang mengikuti Anda. Kelompok usia, jenis kelamin, dan negara adalah apa yang diperlihatkan oleh gangguan ini.

    Anda dapat meningkatkan keterlibatan dan penjualan Anda dengan menggunakan statistik ini.

    8. Lacak Lalu Lintas dan Pemirsa Situs Web

    Anda dapat menggunakan alat analitik Google di Google Bisnisku untuk mendapatkan statistik lalu lintas dan audiens situs web Anda. Google Analytics adalah kunci utama untuk semua hal yang berkaitan dengan analitik. Sementara Wawasan melihat lalu lintas yang dikumpulkan di akun Google Bisnisku, Analytics memberikan pandangan yang lebih mendalam tentang lalu lintas situs web Anda.

    9. Dorong dan Responsif Terhadap Ulasan

    Pelanggan Anda akan meninggalkan ulasan apakah Anda mencintai mereka atau membenci mereka; dan sebagian besar pelanggan potensial akan memutuskan apakah akan membeli dari Anda atau tidak berdasarkan apa yang dikatakan orang tentang bisnis Anda.

    Karena itu, membuatnya semudah mungkin bagi pelanggan untuk meninggalkan ulasan adalah sesuatu yang perlu Anda pastikan. Untungnya, Google Bisnisku memungkinkan Anda melakukan itu dengan mudah. Pelanggan dapat menambahkan peringkat mereka hanya dengan menelusuri nama Anda di Google setelah Anda mendaftarkan diri ke Google Bisnisku. Anda juga dapat menggunakan dasbor untuk memantau dan merespons ulasan.

    Sebuah saran: Penting bagi Anda untuk mendorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan. Anda dapat melakukan ini dengan mengirim email permintaan umpan balik dengan tautan ke halaman Google Bisnisku. Penting agar Anda tidak panik dan merespons secara profesional jika Anda mendapat ulasan buruk. Di sisi lain, terima kasih pelanggan Anda untuk meluangkan waktu untuk berbagi komentar mereka jika Anda mendapat ulasan positif.

    10. Menyatukan Segalanya Bersama

    Dengan hanya masuk ke dasbor terpusat Google Bisnisku, Anda akan menemukan semua alat Google terbaik yang siap untuk Anda gunakan. Google berupaya memanfaatkan kekuatan rangkaian alat-alatnya untuk menarik lebih banyak bisnis Anda. Ini berarti Bisnis Saya terkait erat dengan AdWords, Wawasan, Google+, Peta, dan Pencarian. Ini membuat mengelola keberadaan online Anda jauh lebih mudah.
     
    blackking and ziuma like this.
  13. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    608
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    sangat bermanfaat, nama lokal seo. kalau posting disana juga bisa cantumkan juga link webnya
     
  14. Ulin

    Ulin Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    399
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    penting gan, kalau yg search di wilayah situ pasti dpt page one meski web nya ga di page one google
     
    ziuma likes this.
  15. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    427
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Noted, kang *belajar**bergaya*
     
  16. Ahmad Mujtahidin

    Ahmad Mujtahidin New Member

    Joined:
    Nov 23, 2018
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sangat bermanfaat dan berpengaruh terutama bagi si pemilik bisnis lokal.

    Mengapa begitu?

    Salah satu manfaatnya begini:
    Sekarang sudah banyak orang yang menggunakan google voice untuk mencari lokasi tujuan user,

    contoh: saya mau beli sepatu futsal, dan biasanya saya cari dengan menggunakan voice "ok google, toko olahraga terdekat"

    nah.. ini biasanya yang muncul dan benar-benar user cari.

    Fungsi utamanya adalah mempermudah penemuan lokasi yang dicari.
     
  17. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    189
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    sangat bermanfaat sekali utk bisnis kamu gan, bisa lebih dikenal di internet khususnya di daerah kamu sendiri
     
Loading...

Share This Page