Macam – Macam Material Atap Untuk Rumah Atau Industri

Discussion in 'Arsitektur' started by abarua46, Feb 6, 2019.

  1. abarua46

    abarua46 New Member

    Joined:
    Feb 6, 2015
    Messages:
    54
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Atap merupakan hal yang penting dari sebuah bangunan. Atap akan berfungsi sebagai penutup ruangan dan melindungi bagian dalam ruangan. Tidak banyak orang mengetahui macam-macam material atap, mungkin beberapa orang hanya mengetahui atap yang terbuat dari tanah liat atau genteng. Namun, untuk di jaman modern ini. Ada material terbaru untuk atap rumah misalnya atam rumah bahan UPVC yang sekarang sudah menjadi solusi atap terbaru karena memiliki kelebihan seperti atap antipanas, anti korosi dan juga fleksibel. Atap material UPVC juga digunakan sebagai atap kanopi untuk rumah minimalis atau industri.

    Selain itu ada beberapa material atap lainnya seperti:

    1. Atap Material Tanah liat

    Atap material jenis ini banyak digunakan oleh banyak orang. Atap dengan bahan material tanah liat memiliki kelebihan sepeti tahan lama, dapat dipijak dan memiliki sistem interlock atau saling mengunci. Namun, atap ini memiliki kekurangan seperti mudah berlumut dan berjamur, dan tidak terlalu tahan angin.

    2. Atap Material UPVC

    Atap bermaterial UPVC ini merupakan atap generasi terbaru untuk pemasangan atap rumah atau atap di industri. Atap ini memiliki ketahanan yang tinggi, anti panas sehingga memberikan kesejukan, dan melindungi 3x lebih efektif dibandingkan atap komersial lainnya.

    3. Atap Material Galvalum

    Atap material galvalum atau singkatan dari galvanis alumunium. Tap material galvalum dapat digunakan sebagai penutup atap dan juga pafond. Atap ini kekurangannya tidak bisa meredam suara sehingga jika hujan, atap ini akan menjadi bising.

    4. Atap Spandek

    Atap spandek terbuat dari baja bertegangan tarik tinggi, mempunyai daya bendung 4 x lebih tinggi dibandingi dengan baja awam. Atap jenis spandek ini sering digunakan untuk industri dan juga juga pertokoan biasanya digunakan untuk area outdoor.

    5. Atap Material zincaluminium

    Material atap zincaluminium terbuat dari campuran antara aluminium dan seng. Atap material ini berbentuk lengkung dan biasanya digunakan untuk bagian garasi rumah. Atau untuk area penonton di lapangan besar olah raga. Atap ini kelebihannya adalah memiliki antikarat.


    Itulah beberapa Jenis material atap untuk pembangunan rumah ataupun industri yang jarang diketahui dan bisa dijadikan sebagai pilihan ketika akan melakukan pemasangana atap.
     
  2. retado

    retado Member

    Joined:
    May 26, 2015
    Messages:
    56
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    sampai saat ini sih kayaknya masih banyak peminatnya untuk atap jenis tanah liat kalau mau bangun rumah. tapi karena sekarang cuaca itu termasuknya ekstrim, kayaknya atap sama plafon aja nggak cukup sih. kemaren aku renovasi rumah dengan nambahin roof insulation gitu lumayan banget kalo pas matahari lagi terik pake banget di dalam rumah nggak ikutan kepanasan, jadi pake kipas pun masih ok sih.
     
Loading...

Share This Page