Langkah Tepat UMKM Bertahan Melawan Wabah Corona

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by harsonoegi, Apr 14, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    189
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Saat ini wabah virus corona semakin berdampak serius, selain terhadap bertambahnya korban juga terhadap aktivitas bisnis. Bagi bisnis berskala besar mungkin dampak ini tidak terlalu mengancam, lain halnya dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dampak dari pandemi ini cukup signifikan. Adakah Tips khusus bagi para Pelaku UMKM agar bisa bertahan lawan wabah Corona?

    1. Terapkan Work From Home Secara Efektif

    Semenjak beberapa minggu lalu, pemerintah telah memberlakukan
    Work From Home (WFH). Pelaku bisnis disarankan untuk memberlakukan sistem WFH hingga situasi membaik. Sebagai pelaku UMKM mungkin khawatir bahwa WFH akan menyebabkan penurunan produktivitas, namun sistem WFH sebetulnya dapat dijalankan secara efektif.

    2. Kelola Tagihan dari Manapun

    Saat ini orang-orang lebih menyukai sesuatu yang praktis, jika selama ini Anda mengirim dan menerima faktur dengan bertemu langsung, maka hal ini tentunya akan semakin menyusahkan Anda di tengah krisis corona saat ini.

    Sistem e-Invoicing memungkinkan Anda untuk membuat dan mengirim faktur secara otomatis. Anda dapat dengan mudah melacak tagihan klien atau tagihan kantor yang belum dibayar. Anda bahkan tidak perlu mencarinya secara manual, karena sistem memberikan notifikasi untuk keterlambatan pembayaran kepada anda. Tips UMKM lawan corona yang satu ini sangat bermanfaat karena dapat mengelola faktur dengan menggunakan sistem otomatis.

    3. Lakukan Transaksi Bank Secara Online

    Anda tidak perlu pergi ke bank untuk melakukan transaksi seperti mencatat rekening koran dan lain-lain. Hal ini dapat membahayakan kesehatan Anda, karena Anda akan bertemu dengan banyak orang di bank. Dengan program akuntansi berbasis
    cloud, Anda dapat melakukan ini dari mana saja.
    Aplikasi keuangan berbasis cloud memungkinkan Anda untuk melakukan rekonsiliasi bank hanya dalam hitungan menit. Anda juga dapat menarik data keuangan yang Anda inginkan secara real time. Tidak perlu lagi ada kekhawatiran tentang bagaimana Anda harus memantau arus kas bisnis Anda.


    4. Jadwalkan Follow Up dengan Klien

    Di era digital ini, komunikasi dengan klien bukanlah lagi hal yang sulit. Anda tidak perlu pergi ke tempat klien untuk melakukan presentasi atau meminta tanda tangan kontrak. Semua ini bisa dilakukan secara online melalui video call. Ada berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan online meeting, contohnya yakni
    Skype dan Zoom.

    5. Optimalkan Media sosial dan Email Marketing

    Wabah Covid-19 seharusnya tidak menjadi halangan bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan. Anda tetap dapat melakukan promosi dengan
    memanfaatkan digital marketing, baik yang berbayar maupun yang tidak berbayar.

    Sumber: kitadigi
     
  2. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    180
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    media sosial efektif banget gan untuk promosi, apalagi bangun branding, semoga wabah ini cepat berakhir hehehe
     
  3. Ulin

    Ulin Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    399
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    tetap berjuang gan untuk tetap sehat untuk mencari nafkah
     
Loading...

Share This Page