Apa itu Konosemen? istilah dalam cargo laut

Discussion in 'General Business' started by rahman putra, Jun 6, 2020.

  1. rahman putra

    rahman putra New Member

    Joined:
    Apr 25, 2020
    Messages:
    19
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Konosemen adalah :
    "Surat angkutan yang dikirimkan bersama dengan barang-barang yang dikirim melalui kapal". Jadi, semua barang yang dikirim melalui kapal harus disertai surat angkutan alias konosemen ini.

    Konosemen juga merupakan surat berharga yang dapat diperdagangkan. Ini karena barang-barang yang tersimpan di dalam gudang atau dalam vim dapat diperjualbelkan, cukup dengan menggunakan konosemennya saja. Artinya, konosemen tersebut telah mewakili barang-barang yang tersimpan di dalam gudang

    [​IMG]

    Karena konosemen adalah surat berharga, terkadang konosemen tidak dikirimkan langsung kepada pembeli, dan digunakan sebagai jaminan. Misalnya saja, para penjual dapat mengirimkan konosemen ini kepada bank agar dapat diserahkan kepada pembeli, hanya setelah si pembeli tersebut membayar biaya atas barang tersebut.

    Arti lain nya adalah :
    Konosemen adalah daftar muatan kapal, atau sebuah dokumen yang menentukan syarat-syarat kontrak antara pengirim dan maskapai pelayaran. Konosemen berupa formulir yang dikeluarkan oleh maskapai dan dilengkapi oleh pengirim. Konosemen berfungsi sebagai dokumen kepemilikan, kontrak pengangkutan, dan tanda terima barang (wikipedia)
     
  2. Masri Jakfar

    Masri Jakfar New Member

    Joined:
    Jan 20, 2019
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tiap hari dapat ilmu baru.. Terima kasih telah sharing.
     
Loading...

Share This Page