Bahan Kimia Yang Terdapat Dalam Air

Discussion in 'Education' started by RyanNDI, Jun 9, 2020.

  1. RyanNDI

    RyanNDI Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    89
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar, tidak sulit menemukan air ledeng di beberapa sudut kota. Air keran terasa praktis karena kita bisa minum air langsung dari keran untuk menghilangkan rasa haus. Selain itu, air keran juga populer karena kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk minum air. Namun, ternyata ada bahan kimia air berbahaya di balik air ledeng! Seberapa berbahaya bahan kimia air dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan kita? Mari temukan jawabannya di sini!

    Potensi mengandung fluoride

    Alasan pertama yang perlu dipertimbangkan adalah potensi kandungan fluoride dalam air ledeng. Kandungan fluorida bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Penelitian menunjukkan bahwa fluoride dapat mengganggu fungsi normal sistem endokrin dalam tubuh. Akibatnya, kelenjar tiroid kita akan mengalami masalah nantinya.

    Ada kandungan klorin di dalamnya

    Tahukah Anda bahwa klorin juga ditemukan dalam air di fasilitas air keran? Klorin memiliki efek negatif, seperti merusak fungsi normal sistem pernapasan, menyebabkan mual, muntah, koma, dan bahkan kematian!

    Bisa jadi, ada kandungan timbal dalam air ledeng!

    Timbal juga sering ditemukan di air ledeng. Timbal memiliki sifat yang sangat beracun dan membahayakan organ kita. Ada implikasi negatif karena air minum yang mengandung timah, seperti menyebabkan autisme, tuli, dan ketidakmampuan belajar pada janin yang dikandung oleh wanita hamil.

    Air keran mungkin mengandung merkuri

    Beberapa penelitian telah menunjukkan adanya merkuri dalam air dalam air ledeng. Sama seperti timah, merkuri juga merupakan salah satu bahan kimia air yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Penelitian dari Pusat Informasi Bioteknologi Nasional (NCBI) menunjukkan bahwa merkuri dapat menyebabkan atrofi otot, sakit kepala, cacat kognitif, dan ruam kulit.

    Waspadalah terhadap kandungan arsenik dalam air ledeng!

    Bahan kimia air berbahaya ditemukan dalam air ledeng, salah satunya adalah arsenik. Penelitian menunjukkan bahwa keracunan arsenik dapat menyebabkan diare, sakit perut, dan bahkan kematian. Selain itu, arsenik juga dikaitkan dengan kanker kulit, kanker paru-paru, dan kanker kandung kemih.

    Ada juga isi perklorat di dalamnya

    Ada banyak lagi bahan kimia air yang ditemukan dalam air ledeng. Yaitu perklorat, bahan kimia yang digunakan untuk pembuatan roket, kembang api, dan suar. Namun, itu akan berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia karena dapat menyebabkan kerusakan pada tiroid, paru-paru, komplikasi organ dalam, dan anemia aplastik.

    Mengandung partikel plastik kecil

    Berdasarkan penelitian, ditemukan air keran yang mengandung partikel plastik. Mayoritas ukuran partikel yang ditemukan berkisar antara 0,1-5 mm. Kisarannya adalah 0-57 partikel per liter air. Tentu saja, partikel plastik ini dapat membahayakan kesehatan manusia!



    Sumber lengkap
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Air suci dan mensucikan, kalau kandungan air mengandung bahaya
    tidak layak dikonsumsi, kalau air sumur mungkin kandunganya juga sama.
     
Loading...

Share This Page