Perhatikan Ini Bila Ingin Membuka Bengkel Sepeda

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by harsonoegi, Jul 29, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    189
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Berikut adalah bekal jika anda ingin membuka bengkel sepeda:

    1. Keahlian

    Tidak mudah jika ingin membuka usaha ini, karena Anda harus memiliki skill dan pengetahuan mengenai seluk beluk sepeda. Walaupun dipaksakan bisa membuat sepeda dengan minim keahlian, akan berdampak buruk pada produk yang diproduksi.

    Bila konsumen yang memakainya tidak merasa nyaman serta aman, hal tersebut akan membuat kepercayaan konsumen kepada produknya akan hilang.

    Untuk mendapatkan skill tersebut Anda bisa mempelajarinya secara otodidak, namun apabila Anda tidak sempat, Anda bisa saja membuat design dan menyediakan bahan bakunya saja, untuk merakit Anda bisa menggunakan jasa makloon produksi atau bengkel sepeda di sekitar Anda.

    2. Tren Saat Pandemi Covid

    Sepeda jenis Lowrider merupakan sepeda custom yang paling banyak diminati karena penampilannya yang unik dengan jarak antara sadel dan stang yang cukup jauh, dan posisi sadel yang rendah. Selain itu jenis sepeda ini bukan hanya dipakai untuk kegiatan bersepeda saja, tetapi juga kerap dijadikan sepeda hias yang unik.

    Sepeda Lowrider memang banyak dijumpai di pasaran, namun rata-rata penggemar sepeda Lowrider ini lebih senang merakit desain sepedanya sendiri. karena kebanyakan sepeda jenis ini lebih menampilkan desain-desain yang unik, bahkan kerap dijumpai sepeda dengan tinggi di atas 2 meter.

    Selain sepeda Low Rider, konsumen juga banyak yang menginginkan sepeda custom jenis Fixie. Sepeda yang dibuat tanpa menggunakan rem ini, memiliki desain yang minimalis, serta warna yang mencolok. Penggemar dari kedua jenis sepeda ini tidak hanya dari kalangan anak muda saja, tetapi juga dari orangtua.

    3. Peluang Dapatkan Margin Besar

    Karena banyaknya peminat sepeda di Indonesia, salah satu pemilik bengkel sepeda rakitan yang bernama Ito Waskito, mengatakan bahwa ia mampu menerima pesanan minimal 10 buah frame sepeda setiap bulannya.

    Selain itu, ia juga sering menerima pembuatan sepeda full, atau merombak sepeda hingga menjadi sebuah desain yang diinginkan konsumen.

    Dengan melihat kondisi saat ini, usaha ini mampu memberikan peluang yang sangat berprospek. Terlebih setiap tahun, peminat sepeda semakin banyak, khusus nya sepeda custom.

    4. Marketing

    Untuk mempromosikannya lebih luas, pelaku usaha bisa memanfaatkan jaringan komunitas pecinta sepeda. Hal ini dikarenakan, banyak para anggota komunitas sepeda ingin merombak desain sepeda sesuai dengan spesifikasi yang mereka inginkan.

    Jika Anda sudah bergabung di dalam komunitas pecinta sepeda, Anda bisa melaksanakan workshop di bengkel Anda, promosi via online juga bisa dijalankan.

    Sumber: kaskus.com
     
  2. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    89
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    Iya.
    Bengkel sepeda ini sebenarnya sempat hilang, kemudian muncul lagi setelah orang sadar akan kesehatan.
     
Loading...

Share This Page