Inspirasi Kumpulan Menu Nasi Box untuk Segala Acara Hajatan

Discussion in 'Cooking' started by mikailhaykal, Jul 30, 2020.

?

Menu nasi box mana nih yang jadi favorit kamu?

  1. Nasi box ayam panggang bumbu Bali

    0 vote(s)
    0.0%
  2. Nasi box dendeng balado

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
  1. mikailhaykal

    mikailhaykal New Member

    Joined:
    Jul 18, 2020
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Dalam tradisi masyarakat Indonesia ada begitu banyak jenis hajatan atau syukuran. Mulai dari acara syukuran untuk rumah baru, hajatan ulang tahun perusahaan atau organisasi, hajatan aqiqah, hingga hajatan 7 bulanan merupakan beberapa contoh tradisi yang masih sering diadakan oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya berisikan acara doa bersama, biasanya berbagai acara hajatan tersebut disertai dengan acara makan bersama. Ada beberapa tuan rumah yang biasanya akan mengadakan jamuan prasmanan. Namun tak sedikit juga yang memilih untuk menggunakan hidangan berupa nasi box. Biasanya orang-orang memilih nasi box sebagai jamuan untuk para tamu undangan karena melihat segi kepraktisan dari makanan yang disajikan dalam wadah berbentuk box ini. Tapi tak jarang para pemilik hajatan dibuat bingung dengan pilihan menu yang cocok untuk acara yang diselenggarakan. Untuk itu berikut beberapa kumpulan menu nasi box yang pas untuk hajatan apapun.

    Kumpulan Menu Nasi Box Masakan Nusantara

    Indonesia memang dikenal dengan segudang kulinernya yang memiliki citarasa autentik dan lezat. Kumpulan menu nasi box dengan makanan-makanan khas Nusantara pun banyak digemari. Sebab itu memilih menu nasi box dengan berbagai jenis masakan daerah pun bisa jadi pilihan untuk berbagai acara hajatan.

    Beberapa kumpulan menu nasi box masakan Nusantara yang bisa menjadi alternatif untuk hidangan diantaranya adalah nasi daun jeruk. Sebagai pelengkap nasi box daun jeruk, Anda bisa memilih menu lauk seperti ayam suwir sambal pedas, dendeng balado, tumis jagung muda, bakwan jagung, kering tempe komplit, serta sambal daun jeruk untuk penyempurna rasa.

    Anda juga bisa memilih menu nasi box nasi liwet spesial khas Solo yang dipadukan dengan berbagai lauk pilihan asli Tanah Air. Lauk yang cocok untuk menu nasi box ini antara lain yaitu osik daging khas Madura atau ayam suwir bumbu opor, kering tempe komplit, serundeng pedas, udang garing, telur dadar iris, lalapan berupa timun dan kemangi, serta tentunya sambal.

    Kumpulan Menu Nasi Box Olahan Ayam
    [​IMG]


    Kumpulan menu nasi box dengan berbagai masakan olahan ayam juga menjadi alternatif untuk berbagai acara hajatan. Selain itu, harga nasi box dengan menu olahan ayam juga biasanya relatif terjangkau, namun tetap istimewa. Biasanya menu olahan ayam paling aman yang dipilih kebanyakan orang untuk nasi box adalah ayam goreng atau ayam bakar.

    Tapi jika Anda ingin menu yang lebih istimewa beberapa kumpulan menu nasi box olahan ayam berikut bisa menjadi pilihan yang sempurna. Pertama ada nasi box dengan menu ayam yang dipanggang dan diberi bumbu Bali. Cita rasa ayam panggang bumbu Bali yang empuk dengan bumbu rempah yang meresap pasti akan terasa istimewa. Selain itu menu olahan ayam ini juga tidak terlalu pedas sehingga cocok untuk semua kalangan. Untuk melengkapi nasi box ayam panggang bumbu Bali ini, Anda bisa memilih menu sayur berupa urap sayur segar, dan peyek kacang.

    Kemudian ada pula menu olahan ayam goreng lengkuas yang memiliki citarasa gurih dan lezat, yang pasti akan disukai oleh siapapun yang menikmatinya. Anda bisa memadukan nasi box ayam goreng lengkuas ini dengan menu lain seperti osik tempe, tumis buncis atau tumis jagung muda, lalapan, dan juga sambal seperti sambal bawang atau sambal tomat

    Kumpulan Menu Nasi Box Olahan Daging

    Selain menu dengan olahan ayam, kumpulan menu nasi box dengan makanan dari olahan daging juga bisa menjadi pilihan sempurna untuk segala acara hajatan. Ada begitu banyak menu dari olahan daging yang bisa dijadikan inspirasi untuk nasi box yang akan disajikan saat acara. Beberapa diantaranya adalah, menu olahan daging balado. Bila memilih menu olahan daging satu ini, Anda bisa menambahkan lauk pelengkap seperti abon sapi pedas manis, tumis kacang panjang, bakwan jagung, osik tempe, sambal dan juga kerupuk.

    Selain itu ada pula kumpulan menu nasi box dengan pilihan bola-bola daging yang dimasak dengan bumbu bercita rasa pedas manis. Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan beberapa menu pendamping seperti sambal goreng kentang hati sapi, cap cay kering atau tumis buncis dan wortel, lalu bakwan jagung, dan disempurnakan dengan sambal bajak serta kerupuk udang.

    Kumpulan Menu Nasi Box Olahan Ikan atau Seafood
    [​IMG]


    Kumpulan menu nasi box olahan dari ikan atau seafood juga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menyajikan hidangan spesial di acara istimewa. Berbagai menu olahan ikan yang bisa dipilih pun ada banyak macamnya, misalkan saja gurame fillet asam manis atau gurame fillet saus mangga yang segar. Menu nasi box olahan ikan ini akan semakin spesial dengan tambahan lauk seperti ayam suwir rica, bakwan jagung, tumis jagung muda, sambal goreng kentang, lalapan dan juga sambal pastinya.

    Sedangkan kumpulan menu nasi box dari olahan seafood yang bisa dicoba adalah cumi cabai hijau atau udang goreng tepung yang renyah. Untuk pelengkap menu ini, Anda bisa memilih salah satu dari jenis menu sayur yang ditumis, seperti buncis, kacang panjang, atau tumis jagung muda. Kemudian berikan tambahan lauk lain seperti ayam suwir bumbu kemangi, telur dadar iris, bakwan jagung, serta tentu saja sambal dan kerupuk untuk menyempurnakan citarasanya.

    Nah, itu tadi beberapa kumpulan menu nasi box yang bisa jadi inspirasi untuk berbagai acara hajatan yang akan Anda selenggarakan nantinya.

    sumber: nasikotakjakarta.com
     
    Last edited: Jul 31, 2020
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Sekarang untuk pesan satu nasi box harganya sudah lumayan tinggi, di tempat ane dengan daging ayam seporsi mencapai 20 ribuan, kalau dulu orang hajatan tujuh bulanan, atau selamatan itu tetangga diminta tolong ikut masak buat kondangan istilahnya, pakai daun jati bungkusnya nasi hajatan itu yang sebelumnya dibacain doa oleh pemuka agama yang ditunjuk sebagai modin. Sekarang jarang tradisi itu dilakukan, dan profesi modin juga perlahan tergusur
     
  3. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    126
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Di daerah saya masih ada... Tapi emang kalau di kota sudah jarang. Soalnya kebanyakan milih di gedung karena keterbatasan tempat dan juga keadaan sosial khas masyarakat perkotaan...

    Tapi menunya ya sama kok... Pasti ada ayamnya
     
  4. Rafa Asoka

    Rafa Asoka Member

    Joined:
    Sep 5, 2015
    Messages:
    628
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    28
    gile, itu nasi box high class ya ? saya biasa liat nasi box yg pada umumnya aja. hahaha
     
Loading...

Share This Page