Tips Memilih Printer DTG Rakitan Lokal Berkualitas untuk Usaha Sablon

Discussion in 'Computer' started by dimensidata, Feb 24, 2016.

  1. dimensidata

    dimensidata Member

    Joined:
    May 22, 2015
    Messages:
    236
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Printer DTG atau Direct to Garment, merupakan sebuah alat yang sangat cocok bagi pengusaha sablon yang dulu menggunakan tinta dengan jenis sublimation dan dengan menggunakan teknologi transfer paper. Namun memang teknologi dengan jenis ini membutuhkan biaya yang cukup banyak. Hal inilah yang kemudian bisa ditutupi oleh printer DTG. Printer Mesin DTG adalah mesin sablon teknologi terbaru yang memudahkan kita untuk mencetak sebuah T-Shirt satuan ataupun lusinan.

    Anda dapat mencetak apa saja baik gambar vector/photoshop maupun gambar foto (beresolusi besar) langsung ke kain berbahan cotton combed/carded, printer DTG mampu langsung mencetak bahan, misalnya saja katun dengan hasil cetak yang cenderung baik dan tahan lama meskipun telah melalui proses pencucian selama beberapa kali. Warna yang dihasilkan pun cukup tajam dan merata sehingga akan sangat memuaskan.

    [​IMG]

    Keunggulan sablon digital menggunakan printer DTG dibanding dengan menggunakan transfer paper :
    1. Hasil sablon menggunakan printer DTG lebih awet dan tahan dicuci berkali-kali
    2. Hasil sablon menggunakan printer DTG tidak ada tepi gambar berbentuk persegi seperti menggunakan transfer paper
    3. Sablon menggunakan printer DTG lebih murah
    4. Sablon menggunakan printer DTG hanya sekali jalan yaitu langsung di-print ke kaos, sedangkan jika menggunakan transfer paper harus di-print dahulu ke transfer paper sebelum gambar dipindahkan ke kaos menggunakan mesin heat press
    5. Hasil sablon menggunakan printer DTG sangat halus dan rata ke permukaan kaos tidak keras dan menonjol seperti pada sablon menggunakan trannsfer paper

    Berbagai macam pilhan printer DTG rakitan lokal maupun import yang tersedia di pasaran pastinya mau tidak mau akan membuat anda bingung memilih, apalagi jika and termasuk dalam golongan pengusaha sablon yang masih dibilang baru merintis usaha. Dalam memilih printer DTG ini memang ada hal yang harus anda pertimbangkan dan juga perhatikan dengan baik. Lalu, bagaimanakah cara untuk dapat Memilih printer DTG berkualitas untuk usaha sablon? Berikut ini akan kami berikan tips nya supaya anda tidak salah memilih dan usaha sablon anda dapat berjalan dengan lancar. Tips untuk memilih printer DTG yang baik adalah:
    1. Melihat Kualitas Printer. Yang pertama tentu saja anda harus melihat kualitas dari printer DTG ini. Pastikanlah bahwa printer DTG yang anda piliih mampu memberikan hasil pencetakan yang maksimal atau yang sangat baik untuk kaos atau bahan lain.
    2. Bandingkan hasil Printer. Setelah anda melihat hasil printer sebuah printer DTG, maka anda dapat membandingkannya dengan hasil printer DTG yang lainnya. Pilihlah hasil printer atau hasil cetakan dengan kualitas yang paling baik.
    3. Pilihlah printer yang awet. Pilihlah sebuah printer DTG yang tahan lama dan juga awet. Jika anda bingung, anda dapat meminta rekomendasi dari orang-orang yang terpercaya atau anda dapat mencari informasi dari berbagai sumber, seperti internet. Printer yang awet pastinya akan memberikan keuntungan ekonomi yang baik pula bagi anda.
    4. Pilihlah Printer yang ber-Garansi. Pilihlah sebuah produsen printer DTG yang memberikan garansi pada printer DTG yang anda beli. Hal ini akan membuat anda terhindar dari kerugian jikalau ada yang tidak beres dari mesin printer DTG yang anda beli. Namun tentu saja dengan catatan bahwa kerusakan bukan berasal dari kesalahan yang anda buat.
    5. Sesuaikan dengan Budget. Yang terakhir, pilihlah printer DTG yang sesuai dengan budget yang anda miliki dan jangan terlalu memaksakan untuk membeli sebuah printer yang anda kira terlalu mahal untuk dibeli.

    Jika Keputusan memilih printer DTG sudah ditangan, maka jika pilihan anda adalah Printer mesin DTG rakitan lokal, maka jangan tergesa-gesa membeli, ada baiknya pertimbangkan hal tambahan yang harus anda perhatikan sebelum mengambil keputusan :
    1. Design dan bahan body, apakah design ala kadarnya?? Atau dibuat sebagus mungkin?? Ini menentukan apakah pembuat printer serius atau tidak, Bahan body kayu, plat dan stainless atau aluminium, hal ini berhubungan dengan harga dan daya tahan serta kualitas hasil print.
    2. Ingat bahwa design dan bahan bukan semata mata berhubungan dengn kualitas tetapi juga berhubungan dengan keseriusan vendor dalam merancang dan merakit.
    3. Dukungan dan Pelatihan, apakah anda akan mendapatkan dukungan setelah membeli, apakah produsen masih akan mengangkat telpon anda, membalas sms anda jika kemudian hari menghadapi masalah.
    4. Hasil print atau hasil sablon, seberapa bagus hasilnya, buram atau detail. Seberapa awet hasil sablonnya terdapat cucian dan pemakaian? Produsen atau penjual yang baik tidak akan menolak melakukan demo produk langsung kepada anda dan memberikan kepada anda hasil demo untuk diuji sebelum mengambil keputusan untuk membeli.
    Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

    Sumber: http://blog.dimensidata.com/tips-memilih-printer-dtg-berkualitas-untuk-usaha-sablon/
     
    afro likes this.
  2. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    693
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    Wah keren juga printernya :D
     
  3. Permana27

    Permana27 Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    350
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
  4. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,455
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    keren juga ya bro ,... pengin beli alatnya nih , harganya berapa ya
     
  5. vibicla

    vibicla Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    73
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
  6. indocomco

    indocomco Member

    Joined:
    Jan 17, 2015
    Messages:
    31
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Kalo ternyata ga usah print transfer paper pas pengapplikasiannya, berarti memang simple bgt ini printer banget buat nyablon *senang*
     
  7. rinawati

    rinawati New Member

    Joined:
    Nov 18, 2015
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    tipsnya oke gan..kebtulan saya lagi cari mesin dtg buat usaha sablon saya,..terimakasih
     
  8. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    untuk tintanya, apa pakai tinta khusus untuk garment ya?
     
  9. Promp3

    Promp3 Member

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    415
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Ya gan tinta nya apa hrus khusus
     
  10. rinawati

    rinawati New Member

    Joined:
    Nov 18, 2015
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mesin rakitan untuk sablon kaos aja masih tergolong mahal..terakhir saya dengar harga bisa lebih dari 20 juta..
     
  11. Yudi Bastian

    Yudi Bastian New Member

    Joined:
    Jul 25, 2020
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Makasih banyak infonya gan, saya memang lagi nyari yg beginian, saya pengen mulai bisnis tshirt printing skala kecil dulu, beberapa hari yg lalu, ubek2 internet nyari review produk yg bagus, ketemulah review yg simple dan bagus di BestQualityPrinter ×dan langsung cocokin cari2 produk di tokopedia, jatuhnya pengen beli Mesin Press Kaos 5 in 1 yang ini, gimana menurut agan, cocok gak buat pemula di bisnis cetak sablon tshirt ??
     
    Last edited by a moderator: Aug 3, 2020
Loading...

Share This Page