Mitsubishi Pajero Sport, Mobil SUV Tangguh Segala Medan

Discussion in 'Otomotif' started by SUnarko, Oct 14, 2020.

  1. SUnarko

    SUnarko New Member

    Joined:
    Mar 18, 2019
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Anda suka dengan mobil SUV yang dapat berlari di segala medan? Ingin menambah koleksi mobil di garasi agar lebih lengkap? Menunggulah untuk membeli All New Mitsubishi Pajero Sport! Mobil yang baru rilis dari PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB) dan diharapkan dapat bersaing dengan mobil lain di kelas yang sama, terutama Toyota Fortuner.

    Di segmen mobil SUV, hampir tidak ada orang yang tidak kenal dengan nama Pajero Sport. Mobil yang diproduksi oleh Mitsubishi Jepang ini ide pertama dipasarkan setelah Tiga Berlian ajang ajang Reli Dakar (Reli Dakar) selama 12 kali kemenangan. Tepatnya tahun 1996 antariksa di pasar Jepang dimulai dengan tampilan kotak besar dan gagah.

    Di dunia internasional, Pajero Sport baru mulai dikenali setelah posisinya di Jepang. Tahun 2003, diserahkannya pada pabrik di Tiongkok. Sementara sejak tahun 2006, pabrikan di Brazil juga mulai merakitnya. Secara resmi, mobil ini baru masuk ke Indonesia tahun 2009 dan dapat disebut sebagai generasi kedua.

    Sempat mengalami penyegaran di tahun 2013 di bagian eksterior dan interior, di tahun 2015, Mitsubishi mengalami perubahan di banyak bagian. Pajero Sport dengan tampilan yang lebih mewah dan dapat melaju cepat pula di jalan-jalan kota.

    All New Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi memberi nama yang berbeda-beda pada mobil SUV besutannya di tiap negara. Yang pasti, keluarannya yang terbaru, Pajero Sport Baru menghadirkan 5 pilihan tipe yang dapat Anda pilih. Tipe-tipe tersebut, yaitu Pajero Sport Dakar, Pajero Sport Exceed, Pajero Sport GLS, Pajero Sport GLX, serta satu unit yang berbahan bakar solar.

    Pajero Sport V6 adalah tipe yang bermesin diesel atau lebih dikenal sebagai mobil berbahan bakar solar. Di dalamnya, tertanam jantung mesin V6 3.0L SOHC MIVEC yang memiliki kubikasi 2.988 cc. Tipe lain menggunakan mesin DOHC 2,5 liter 5 silinder dan mempunyai kubikasi 2.500 cc.

    Jika dilihat dari powernya, kedua mesin yang disematkan pada tipe Pajero di atas menghasilkan tenaga yang hampir sama. Walapun dengan basis mesinnya sama, namun kedua tipe mesin yang disematkan pada New Mitsubishi Pajero Sport ini memiliki power yang tak jauh berbeda.

    Tentu saja, harga setiap Mitsubishi Pajero Sport di atas berbeda-beda sesuai dengan fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya masing-masing. Dengan pilihan warna hitam (diamond black mica), abu-abu (titanium grey metallic), broze (deep broze metallic), dan putih (quartz white pearl) tampil mewah dengan layar MID di dashboard dan sistem audio terbaik. Hal yang akan dibahas dalam segmen interior.

    Melalui laman resmi Mitsubishi Indonesia masalah bahwa harga Mitsubishi Pajero Sport 2020 termahal adalah varian Dakar 4 x 4 yang mencapai 632 juta rupiah. Tipe termurah dipegang oleh Pajero Sport Exceed yang harganya berkisar 412 hingga 446 juta rupiah.

    Harga OTR di Jakarta di atas disebut berbagai sumber otomotif sesuai dengan kemewahan sporty dan elegan berbalut mesin yang ditawarkan.

    Eksterior Mitsubishi Pajero Sport 2020
    Seperti arus atas, Pajero Sport sudah rilis di tahun 2015 di Jepang dan baru di Indonesia 2016. Sesuai dengan namanya, kendaraan generasi baru atau ketiga ini hadir dengan tetap mempertahankan gaya sporty. Di bawah ini beberapa ungkapan dan perubahan dari versi sebelumnya.

    Di bagian depan atau fascia, bentuk lampu yang dibuat menjadi lebih sipit dibandingkan versi sebelumnya. Untuk menambah kesan gagah, Mitsubishi menambankan aksen bumerang. Aksen tersebut menyatukan head lamp kedua dengan grill bagian bawah. Pada grill atas, kamar nampak mewah dengan adanya warna chrome yang kuat.

    Berpindah ke bagian samping, nuansa Triton akan muncul dibenak. Ini karena adanya lekukan bodi dari arah ban depan sampai belakang. Lekukan ke dalam yang seperti membentuk bangun datar. Hal yang tidak dapat dihindari karena Triton dan Pajero dirilis oleh Mitsubishi hampir bersamaan. Desain Pajero mengadaptasi Triton. Penampilan mewah Pajero Sport ditambah dengan adanya velg baru bernuansa dual tone.

    Terakhir, di bagian belakang Pajero Sport sudah tidak lagi menggunakan desain lampu vertikal yang bentuknya persegi panjang. Tampilan barunya, lampu belakang yang tegak, di mana ujung atas menonjol sedikit ke bagian depan.

    Interior Pajero Sport Generasi Ketiga
    Seperti banyak kendaraan lain yang menciptakan generasi terbaru, Pajero memoles bagian eksterior dan interior. Selain memberi kesan mewah, tentunya menambah beberapa bagian dengan teknologi terkini.

    Yang pertama dapat Anda lihat adalah ruang kabin depan. Di bagian ini konsepnya masih sama dengan generasi lama. Bagian kokpit saja kesan Mitsubishi Pajero Sport lama masih tersaji. Hanya saja, komposisi dashboard dibuat lebih futuristik karena aksen chrome yang diaplikasikan. Di tengahnya terdapat panel LCD berbagai fitur terkini untuk melihat kondisi mobil.

    Sedikit ke panel bawah LCD, masih termasuk bagian dashboard, terdapat seperangkat audio teknologi terkini. Sistem audio Wide 2DIN Multimedia untuk tipe Pajero tipe Dakar dan Exceed serta 1 DIN AM / FM & CD Player untuk Pajero tipe GLS.

    Ruang kendali utama atau dekat bagian kemudi, panel speedometer dan MID ada di sebelah kanan. Jika dilihat dari arah dashboard tadi, berarti di depan setir.

    Dimensi dan Spesifikasi Lain Mitsubishi Pajero Sport
    Dimensi Pajero sejak lama cukup besar. Secara umum, panjang dari berbagai tipenya mencapai 4,695 mm dan tingginya hingga 1,825. Jarak sumbu roda atau wheel base semua tipe hingga 2.800 mm.

    Sepertinya tubuh besar tersebut sengaja dibuat demikian oleh Pajero. Alasannya, dengan bodi besar, mobil dapat diajak dan siap menempuh segala kondisi jalan. Dimensi besar juga memungkinkan kendaraan memiliki ruang penumpang dan barang yang cukup besar.

    Tubuh besar yang gagah tentu diwajibkan mobil juga mempunyai dasar yang kuat agar memberikan kenyamanan dan keamanan maksimal kepada pengemudi dan penumpang.

    Untuk itu, Pajero Sport terbaru dibekali dengan sistem suspensi Double Independent Wishbone dengan Coil Spring yang sudah ditambahkan stabilizer. Di bagian belakang, untuk suspensi terdapat tiga unit sistem pegas terintegrasi dengan batang stabilizer. Agar mobil tidak terasa oleng saat melaju kencang, Mitsubishi melengkapi ring velg 17 di kaki-kaki. velg ban diselimuti berukuran 265/65.

    Secara khusus Mitsubishi menggunakan tiga jenis mesin berbeda sesuai varian Pajero Sport yang ditawarkan. Mesin yang menghasilkan tenaga tertinggi adalah tipe bensin V6. Tipe ini dapat mengeluarkan daya sebesar 220 PS pada putaran 6.250 rpm dengan torsi 28,7 Nm pada 4.000 rpm. Penggeraknya dilakukan oleh transmisi INVECS II Sport Mode 5 percepatan.

    Tenaga yang dihasilkan mesin tipe V6 merusak keraguan banyak pihak. Meski tipenya berbeda, ruang dapur pacu dalam jantung kendaraan memiliki jaminan ketangguhan dengan performa tinggi dalam berbagai kondisi.

    Kelebihan dan Kekurangan Pajero Sport
    Setelah membaca detil spesifikasi kendaraan SUV terbaik, beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil harus Anda ketahui.

    Mobil andalan Mitsubishi dengan gaya sporty dan tangguh ini memang mempunyai desain dan interior yang memukau. Performa mesin yang dimiliki juga tidak diragukan lagi. Apalagi angka berbagai variannya membuat Anda dapat memilih sesuai kebutuhan, anggaran, dan kesukaan.

    Jika Anda ingin menggunakan mobil dengan kapasitas maksimum, konsol yang tebal dibuat kurang leluasa. Jika kursi ditegakkan atau didirikan, bagasi juga akan semakin sempit.

    Kekurangannya tidak banyak bukan? Jika dibandingkan dengan persaingan, Mitsubishi Pajero Sport masih merupakan pilihan yang tepat untuk mobil jenis SUV.

    Artikel ini diambil dari Otoloka sebagai sumber asli. Terima kasih
     
Loading...

Share This Page